Thursday 19 November 2020

Andai Waktu Kembali, Aku Ingin Mengulang Bahagia Bersamamu




Dari judulnya aja udah sedih banget kayaknya, enggak kepinin bikin siapa-siapa sedih sih. Cuma gue sempet kepikiran hal-hal kayak gini karena hidup manusia itu kan nggak akan lama ya, umur rahasia Allah, nggak ada yang tau beneran kapan kita berpulang, misteri banget pokoknya. Jangankan kematian, soal rejeki, jodoh aja beneran misteri banget. Kita nggak akan bisa menduga untuk hal-hal yang dirahasiakan memang. Maka dari itu kita dituntut untuk berhati-hati dalam bertindak, jangan sampai penyesalan datang belakangan.

Dari judulnya aja kita udah tau, ini pasti berkisah tentang penyesalan, manusia memang selalu menyesal belakangan setelah apa yang mereka perbuat pada kebersamaannya dengan orang lain, entah itu keluarga, teman, orangtua, anak, pasangan, dan perbuatan itu kadang tidak disadari bisa saja menyakiti orang-orang pada akhirnya.

Sebagai contoh misalnya, saat mendidik anak, seorang ibu biasanya nggak bisa menahan gejolak emosi kalau dalam kondisi lelah, banyak kerjaan, atau anak berulah, hingga anak jadi pelampiasan. Gue yakin seyakin-yakinnya, ibu yang ngomelin anaknya tadi bakalan ngerasa bersalah banget setelah mengucapkan sumpah serapah, makian, bahkan mungkin pukulan mendarat mulus di badan anaknya yang kecil. Rasa sakit yang dialami si anak nggak akan bisa mengembalikan semuanya, waktu nggak akan pernah bisa kembali. Waktu yang bisa kembali hanya ada di pelem Doraemon, lu bisa datang ke masa lalu dan memperbaiki semuanya. Tapi di kehidupan nyata jangan harap itu bisa terjadi. Nah balik lagi ke si anak, anak yang mengalami trauma kesalahan orangtuanya akan terus memendam kekecewaan. Gue yakin sepanjang hidupnya dia pasti bakalan selalu ingat apa yang pernah orangtuanya lakukan. Kemudian, nggak disangka anak tersebut berpulang duluan, apa yang orangtuanya rasakan selain penyesalan yang teramat sangat. Gue yakin itu kalau waktu bisa kembali orangtuanya nggak bakalan mau ngomelin anaknya apalagi sampai mukulin. Andai waktu dapat kembali, orangtua pasti ingin mengulang bahagia bersama anaknya.

 

Nggak jauh-jauh dari itu ada kisah pernikahan

Pernikahan adalah ibadah terpanjang, terlama dan berliku. Sebagaimana ibadah tentu saja yang Namanya jin, dan sekutunya akan menggoda dan berusaha menghancurkan. Makannya kenapa, perceraian adalah sesuatu yang paling dibenci Allah dan paling disukai jin. Ya kalau bercerai ibadah tidak bisa lagi berlipat, dan banyak amalan-amalan yang sebetulnya sepale menjadi hilang sebagai contoh, suami istri yang gandengan tangan, dosa-dosanya akan luruh disela jari-jarinya, ini receh banget kan ya, ringan banget. Bahkan kelonan pun yang kita anggap manjah dan receh bisa berpahala bagi suami istri. Nah kalau bercerai penghilang dosa yang receh-receh tadi tidak akan kita dapatkan lagi. Makannya setan paling Bahagia jika melihat anak cucu Adam berpisah. Kalau tak kuat-kuat iman, setan akan terus menghembuskan permasalahan-permasalahan agar manusia-manusia yang berpasangan bertengkar lalu berpisah. Bisa dari orang ketiga, keluarga, tetangga, teman dll, mungkin memang ada pasangan yang berpisah lalu menuai kebencian diantara keduanya, tapi ada pula pasangan yang betul-betul menyesal karena telah mengecewakan pasangannya. Mau rujuk nggak bisa, apalagi mengulang kisah.

Aku cuma pengen bilang sama pasangan yang pernah mengecewakan, cepat kembali ke pasangannya, kalau kamu bener-bener mencintainya, kalau kamu sudah memang nggak suka, nggak cinta, pisah baik-baik, jangan buat pasanganmu menderita pelan-pelan. Harusnya bersyukurlah kamu dapat pasangan yang setia, yang mau menerima dirimu apa adanya. Pasangan yang setia adalah anugrah, syukuri dan terima apa adanya. Itu nikmat loh, karena nggak semua orang bisa dapat ini, apa jadinya kalau Tuhan mencabut nikmat itu? Disaat kamu lagi butuh dia, dia pergi dan nggak kembali lagi. Atau disaat kamu butuh dia dan kamu beneran mengakui kesalahan, dia direbut orang lain, dan kamu hanya menyesal gigit jari. Terlambat semua tidak lagi berguna.

Kita tidak akan pernah tau siapa diantara dua sejoli itu yang akan pergi duluan, jangan sampai kita belum sempat menyadari kesalahan kita dan meminta maaf dia sudah pergi duluan. Sungguh, seseorang yang pergi dengan meninggalkan penyesalan dalam diri kita tidak akan bisa tergantikan dengan apapun, mau nangis darah pun orangnya tidak akan bisa kembali. Tinggallah andai-andai yang menemani hari-hari, andai waktu kembali, aku ingin mengulang bahagia bersamamu..

 

Ada kisah orangtua, teman atau saudara?

 Tau nggak? Di Jepang, bahkan ada penyewaan keluarga utuh agar si penyewa dapat merasakan kehangatan keluarga lagi, walaupun bisa ketawa-ketiwi bareng tapi kan kayak ada yang kurang ya, karena itu orang lain, bukan keluarga sendiri. Orang-orang itu dibayar loh, kan ngenes, lah kalian ada yang bener-bener punya keluarga utuh lalu disia-siakan gitu aja? Ditinggalkan, disakiti, dikecewakan? Punya gratis padahal dirumah nggak musti nyewa apalagi bayar buat merasakan hangatnya kebersamaan, kan sedih litanya.

Kadang gue nggak ngerti dengan kehidupan dunia ini, ada yang punya sesuatu yang diimpikan orang lain tapi disia-siakan, ada yang ingin sesuatu itu dan sudah berusaha sungguh-sungguh tapi nggak dapet-dapet. Kadang orang yang nggak dapet-dapet itu semacam berharap loh, coba orang lain mau tukeran sebentar aja, buat ngerasain kehidupan yang enak dan nggak enak, pasti bakalan sadar.

 

Ya sudah pada akhirnya, kita kembali lagi seperti yang dikatakan Al-Qur’an, dunia ini hanyalah min-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa…. pada akhirnya gue cuma kepingin berpesan, kembalilah pada orang-orang yang bener-bener tulus menyayangi lo, hargai keberadaannya, jangan sampai ketika mereka sudah nggak ada, lo nyesel nggak ada habisnya.



1 comment :

  1. Tulisannya bisa jadi reminder nih mbae. Jadi kepikiran juga sih hehe

    Anyway, met lahiran mba manda. Semoga sehat-sehat selalu sama debaynya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)