Thursday 6 August 2020

Kita kah, Toxic Parents itu??




Di sebuah postingan di twitter, ada thread yang bikin ngenes banget, dimana seorang bapak menyeret balitanya dengan kasar lalu menggendongnya. Gue rasa siapapun yang melihat pasti auto istighfar, beneran nggak keperibapakan banget, didepan umum, bertingkah kasar, ya Allah.. nggak kebayang kalau dirumah gimana, lah didepan umum aja begitu kan ya, pasti dirumah lebih-lebih dong. Bapak yang seharusnya bertingkah lemah lembut untuk anaknya perempuannya ini bersikap kasar, hiy ngeri banget gue..

Coba deh orangtua yang punya anak, pasti pernah ngerasain anak tantrum kan di Mall karena kepingin sesuatu atau rewel karena yang lain, untuk menjaga image kita sebagai orangtua yang baik pasti itu anak dibujuk-bujuk, bener nggak? Ya, gue juga gitu, kadang kalau anak tantrum (tapi selama ini belum pernah sih anak gue tantrum, paling ngambek dan cemberut :D) itu bocah gue baik-baikin, malu ngomel di depan umum kan. Yang ada orang bakalan ngebatin, “Ih gila ya orangtuanya, kasar banget sama anak, ga bersyukur banget punya anak”.. bla..bla..bla.. dan sejurus kalimat ngilu lainnya, yang gue hanya bisa membaca dari tatapan sadis orang-orang yang ngeliat.
Orangtua kayak gitu dikategorikan sebagai Toxic Parent’s, tau kan Toxic? Iya racun, kenapa racun? Karena perbuatan-perbuatan tidak menyenangkan ini nantinya akan direkam pada otak anak, dan ini akan berdampak pada psikologisnya di masa depan, dimana nantinya dia akan terbayang-bayang perbuatan orangtuanya semasa kecil dulu. Yang dimana, masa kecil anak itu haruslah diisi dengan perbuatan-perbuatan yang baik sehingga meninggalkan kesan pula yang baik, “Nyokap-bokap gue dulu sayang banget sama gue, sedikitpun kayaknya gue nggak pernah kena pukul, cubit.. bla..bla..” sumpah itu membekas loh. Coba deh lo yang udah nikah, tanya sama pasangan masing-masing, waktu masih kecil orangtua mereka gimana perlakuannya, pasti pasangan lo bakalan inget. Nggak mungkin lupa, karena lo tau nggak, masa-masa Golden Age itu masa-masa dimana otak sangat merekam dengan jelas aktifitas yang lo lakuin. Sedikit banyaknya ada aktifitas yang bisa lo ceritakan, walaupun itu nggak banyak. Nyokap-bokap gue aja nih ya, gue tanya masa kecilnya gimana, beliau ingat coba, padahal kan mereka udah tua istilahnya, kenapa masa kecil mereka bisa mereka ceritakan dengan jelas, padahal sudah banyak tahun terlewati. Memori itu sendiri pun tergantung perlakuan orangtua mereka di masa lalu, jika mereka lebih banyak melakukan perbuatan buruk ke anak walaupun ada perbuatan baiknya, maka perbuatan buruknya yang lebih membekas disbanding perbuatan baiknya, begitupun sebaliknya. Tapi itu pun nggak selalu ya, kadang ada perbuatan buruk sekali aja yang nggak bisa lo lupain, itu biasanya yang paling membekas dalam ingatan lo.


Sedikit cerita, gue dulu pernah waktu masih kecil entah umur berapa gue lupa pastinya (kayaknya 3 tahunan apa gimana ya), gue pernah melakukan perbuatan yang nggak menyenangkan (dimata nyokap gue), namanya juga anak kecil, bocah kalau nggak menggemaskan ya menyebalkan wkwk.. yang gue inget saat itu adalah gue dililit pakai jarik dan gue dimasukin ke kamar mandi yang mana kamar mandi itu banyak banget tikusnya, gue dikurung lama banget sampai nangis tersedu-sedu, setelah gue bilang ampun…ampun mami…ampun, gue dikeluarkan. Peristiwa itu gue inget sampai sekarang, saat umur gue sudah menjelang 35 tahun, lebih dari 30 tahun peristiwa itu terekam selalu dalam memori gue. Padahal kalau bisa dibilang, apa sih yang bisa diingat anak kecil saat umur segitu, tapi gue mengingat peristiwa itu dengan jelas, dan kalau inget itu yang ada bukannya jadi memori lucu, gue jadi mendadak sebel ama nyokap.
Nah baru-baru ini, saat gue ngobrol berdua ama Naqib, dia pernah tiba-tiba nyeletuk, “Bu, ibu dulu pernah kan marahin Naqib waktu Naqib nggak mau makan” sumpah itu peristiwa gue lupa banget, tapi anak gue mengingatnya dengan jelas.
“Hah? Kapan ya Qib”
“Itu loh waktu Naqib tidur terus susah banget dibangunin, padahal Naqib harus makan, ibu marah karena Naqib nggak mau makan” dan seketika gue inget, ya gue pernah ngomelin bocah yang harusnya makan, tapi dia maksa pengen tidur, padahal saat itu gue lagi lelah banget, pengennya semua beres dalam satu waktu biar bobo bareng-bareng, tapi bocah ngeyel pengen bobo dulu, ya akhirnya karena dia ngantuk gue biarin aja tidur, kesian juga sih. Nah yang bikin keselnya pas gue lagi ngantuk-ngantuknya dia bangun terus minta makan, akhirnya ngomellah gue. Itu aja yang ngomel dan NGGAK pakai kekerasan fisik dia inget loh, gimana yang pada akhirnya cubitan dan pukulan melayang, gue nggak kebayang gimana ingetnya si bocah merekam apa yang sudah gue lakuin saat itu T_T….

Kenapa ada Toxic Parents?
Menarik ya, kenapa kok ada sih orangtua yang jadi racun buat anaknya? Padahal seharusnya orangtua bisa menjadi role model buat anaknya, karena apa yang dilakukan orangtua pasti akan ditiru anaknya (gue sadar betul ini). Ada banyak faktor gaes, misalnya faktor lingkungan, dimana orangtua iri dengan anak orang dan melihat anak sendiri nggak ada istimewanya sama sekali, padahal kan setiap anak itu unik, orangtua ini kemudian termotivasi dengan cara yang salah, misalnya pada akhirnya menekan anak agar anak tersebut bisa lebih sukses dari anak orang, beuh tersiksa banget sih lo yang jadi anaknya, gue yakin lo pasti bakalan dibanding-bandingin terus sama anak orang nggak lewat perkataan, tindakan maupun perbuatan, sakittt.

Ada pula yang karena faktor keturunan, jadi misalnya lo punya kakek-nenek didikannya keras, bisa jadi itu menurun ke cucunya, orangtua lo bakal memperlakukan hal yang sama ke elo, karena bisa jadi orangtua mengukur dirinya sendiri, “Gue aja bisa sukses berkat didikan nyokap-bokap, mungkin kalau diterapkan ke anak gue bakalan bisa seperti gue juga” didikan kakek nenek lo pada akhirnya akan jadi tolak ukur keberhasilan buat lo, gawat ya, ini sih lebih parah. Orangtua lo pasti bakalan terus bilang, “Dulu ya.. jaman kakek nenek kamu, bla..bla..bla.. nah mengalirlah itu cerita sejarah yang kalau dibukukan bakalan jadi buku sejarah baru yang menyebalkan. Padahal kalau boleh dibilang, setiap jaman, pola asuh aja udah berbeda, dan kita nggak bisa memakai pola asuh di jaman kolonial diterapkan di jaman millennial, ya jomplang kan. Perbandingan-perbandingan itu bakalan nggak nyaman sampai ke kuping lo, serius. Kalau lo jadi orangtua, jangan sampe deh lo kayak gitu, kuno tau nggak didikan kayak gitu hag..hag..
Dan ini ada tipe toxic parent yang lain dan ini beneran ancur banget, yaitu lo nggak saling cinta Ini sumpah parah banget gaes, jadi misalnya lo nikah sama orang yang nggak lo cintai. Bisa jadi setelah punya anak (eh tunggu, kan lo nggak cinta kenapa bisa punya anak??) lo akan melampiaskan kekesalan lo sama anak lo, misalnya lo ribut sama pasangan nih, lo pendem, emosi lo bisa aja secara nggak sadar akan lo tumpahkan ke anak lo, anak lo didiemin, dicubit, dipukul bla…bla..bla… lo nggak sadar, mungkin lambat laun lo bisa cinta, tapi kekesalan lo bikin cinta itu terpaksa, tepatnya terpaksa mencintai demi anak. Itu yang pertama.

Yang kedua misalnya lo sama-sama cinta tapi masing-masing dari lo punya ambisi untuk rumah tangga lo, si suami pengen si anak jago A, si istri pengen anak yang pinter B, karena lo sama-sama nggak mau kalah dan komunikasi lo beneran nggak nyambung, ya udah aja anak jadi robot, diperbudak kedua orangtuanya. Mampus, jadi anaknya.. depresi berat bisa dah :D

Ada lagi tipe Toxic Parents yang lain, dan ini banyak terjadi, lo nggak ngerti bagaimana cara mendidik anak. Mungkin lo kurang baca, kurang mendengarkan nasihat orang, kurang ini dan banyak banget kurangnya, lo tipe orang yang ngeyelan nggak bisa terima saran dan masukan dari orang, nggak mau belajar dan sebagainya. Lo pakai standar lo yang lo anggap itu sudah paling bener banget, padahal bisa jadi itu standar yang salah. Misalnya, contoh nih contoh ya gue sampikan yang dari ustad ngomong, Dalam agama Islam, sholat itu adalah amal yang paling pertama di hisab, nah sebagai orangtua lo sadar, harus ngajarin solat ke anak lo, mungkin lo udah ngajarin anak solat di beberapa waktu, tapi ketika subuh lo ngerasa nggak tega ngebangunin bocah yang lagi pules tidur untuk solat, jadi lo biarin aja itu bocah kecil buat nggak solat. Ketika doi besar karena nggak biasa shalat subuh, doi jadi ngerasa abai dengan yang namanya sholat subuh karena nggak dibiasakan dari kecil. Ketika dibangunin, doi bisa aja banting pintu, tidur lagi, marahin orangtuanya dan lain sebagainya. Kemudian pada akhirnya lo nyesel belakangan kan?
Kalo kata laki gue, “Terkadang kita emang harus tega dan menutup mata demi kebaikan anak”  (tapi ini untuk hal-hal tertentu ya, nggak bisa semua didikan pakai patokan itu) kasian emang bocah kecil dibangunin solat subuh, tapi kalau nggak dibiasakan dia nggak akan ngerti, sholat subuh itu bagian dari kewajiban solat. Kalau dia nggak biasa shalat subuh, yang rugi bukan cuma dia, tapi kita juga sebagai orangtua, didikan-didikan sepele (padahal sebetulnya penting) semacam itu yang kadang sering banget kita abaikan. Itu hanya salah satu contoh, masih banyak hal lainnya yang kita abaikan pakai banget.

Gue akui, gue pun pernah menjadi toxic parents, disaat gue mungkin sedang lelah, kesal atau cemburu, anak jadi pelampiasan. Orangtua itu nggak ada yang sempurna, tapi disaat gue atau suami gue menjadi toxic parents, kita sama-sama introspeksi diri, dan berjanji nggak akan mengulangi perbuatan yang kayak gitu lagi.

Gue nulis ini pun bukan ngerasa, gue orangtua yang bener, tapi gue ngerasa setiap orangtua berpotensi menjadi toxic parents, gue cuma pengen ngajak yang baca postingan gue ini buat tobat bareng-bareng :D Next gue pengen nulis dampak toxic parents yang dialami anak setelah menikah, salah satunya rasa cemburu. Nantilah bakalan gue bahas.. tunggu aja postingan gue ya gaes!


1 comment :

  1. Baca tulisan ini kayak jadi nostalgia waktu kecil. Secara nggak sadar, ternyata saya juga pernah kena toxic parents :(

    Tapi saya entah kenapa seneng banget baca-baca artikel atau edukasi parenting dan psikologi yang inklusif. Saya akui, memang tiap jaman beda pola asuh. Paling kesel kalau ada orang tua (yang lain) ngebanggain pola asuh keras, tapi nggak peka dengan dampak anak beberapa tahun ke depannya.

    Padahal anak punya memori yang sangat kuat, seperti yang mbak ceritakan.

    Jadi nggak sabar sama tulisan mbak berikutnya! See you~

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)