Friday, 28 August 2020

Cari Tahu Tips Membuka Bisnis Waralaba yang Menguntungkan



Waralaba adalah jenis bisnis yang dilakukan dengan cara memberikan lisensi pada pihak lain. Tujuannya yaitu untuk menggunakan merek, prosedur, bahan baku, dan peralatan untuk jangka waktu tertentu. Bisnis waralaba ini pastinya sangat mudah dijalankan karena Anda tinggal menjalankan bisnisnya saja tanpa harus memulainya dari awal.

Peluang bisnis satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki cukup modal namun belum berpengalaman dalam berbisnis. Akan tetapi, tetap saja Anda harus memperhatikan beberapa hal agar bisnis waralaba bisa menghasilkan keuntungan. Nah, buat Anda yang baru akan memulai bisnis waralaba ini, jangan lupa untuk memperhatikan tips di bawah ini.

Pilih Jenis Waralaba
Menjalankan bisnis pastinya bertujuan untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya. Jadi sebelum Anda memilih jenis bisnis waralaba yang akan dijalankan, pastikan untuk memilih jenis waralaba yang sesuai dengan kesukaan Anda.
Untuk mencegah kerugian di kemudian hari, pastikan untuk sudah mengecek kelayakan usaha dan sistem usahanya. Ketahui rekam jejak investor dengan cara mempelajari laporan keuangannya. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang waralaba tersebut melalui pembeli waralaba sebelumnya.

Memberi Keuntungan
Sebagai pemodal waralaba, pastikan bahwa usaha tersebut akan memberikan keuntungan untuk Anda baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk mengetahui kelayakan usahanya, Anda bisa mengecek perolehan keuntungan pada 2 tahun terakhir.
Perlu diketahui, untuk kenaikan laba 10 persen sudah bagus untuk sebuah usaha waralaba. Nah, memilih bisnis waralaba yang sesuai hobi akan sangat memudahkan Anda. Pekerjaan yang dilakukan akan jadi lebih menyenangkan dan Anda pun tak merasa terbebani.


Pilih Lokasi yang Strategis
Memilih tempat yang pas untuk bisnis waralaba menjadi salah satu kunci agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pilihlah lokasi yang berada di daerah bisnis atau tempat yang dilalui konsumen. Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat usaha di dalam mall. Dalam pemilihan lokasi, sebaiknya untuk menyesuaikan dengan bujet yang Anda miliki agar tidak terbebani dengan biaya sewanya.

Berani Menanggung Risiko
Mengalami kerugian dalam sebuah bisnis pastinya sangat mungkin terjadi, maka dari itu Anda tak boleh ragu untuk mengambil risiko tersebut. Kalaupun nantinya mengalami kerugian dalam usaha Anda, jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi agar hal tersebut tak terjadi lagi di masa yang mendatang.
Dengan berbekal tips di atas, kini Anda tak perlu khawatir untuk memulai bisnis waralaba. Nah, saat menjalankan bisnis waralaba jangan lupa untuk mengunduh aplikasi BukuKas. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mengatur pencatatan keuangan mulai dari transaksi penjualan, transaksi pengeluaran, catatan hutang piutang, dan masih banyak lagi.
Selain digunakan untuk waralaba, aplikasi BukuKas juga bisa digunakan untuk bisnis lain seperti toko kelontong, bengkel, toko bangunan, dan lainnya. Tak perlu khawatir dengan pencatatan keuangan perusahaan, karena data bisnis Anda akan terjamin keamanannya.


Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)