Sunday 7 June 2020

Berkah Corona, Alhamdulillah Naqib Puasanya Full




Pandemi ini bener-bener bikin saya dan keluarga merasa bersyukur banget, karena ditengah-tengah diharuskannya WFH (Work From Home) dan SFH ( School From Home) ini ramadhan datang. Sebelumnya, banyak yang sudah merasa khawatir aja, bisa nggak ya menjalankan puasa tanpa tarawih di masjid, sahur dan takjil on the road, itikaf bla..bla..bla, tapi saya pikir sih yang namanya ramadhan itu wajib ya puasanya bukan printilannya, yang lain kan sifatnya sunnah, jadi nggak masalah kan mau ada corona atau nggak puasa tetap bisa dijalankan, toh kita kan dirumah, tarawih dan ibadah lain juga bisa dari rumah, misal sedekah (sudah bisa online) silaturahmi pun bisa online (video call, telpon, w.a) ga masalah. Yang masalah kalau orang tau ini bulan Ramadhan tapi pura-pura nggak mau puasa karena alasan corona :D

Dan sudah menjadi kewajiban seorang muslim ketika Ramadhan datang kita harus menyambutnya dengan suka cita dan bahagia. Ya tentu saja saya dan keluarga bahagia sekali karena di bulan penuh rahmat dan ampunan ini sudah pasti pahala kami dilipatgandakan, dan banyak sekali nikmat yang jika disebut tidak akan ada habisnya, semuanya berlipat-lipat.

Karena ada pandemi, sudah pasti kegiatan diliburkan dan semua beralih di rumah. Nah, kesempatan ini membuat saya dan suami ingin mengajarkan Naqib untuk berlatih puasa, bagi saya nggak apa-apa puasa setengah hari dulu, toh dia kan belum bhalig, belum 7 tahun jadi belum ada kewajiban untuk puasa full. Karena menurut saya, mengajarkan anak berpuasa harus jauh-jauh hari agar dia mengerti hakikat puasa yang sesungguhnya, nah nggak mungkin jika orangtua ingin anak berpuasa baru diajarkan tepat diumur 7 tahun, justru dengan belajar jauh-jauh hari diharapkan ketika umur 7 tahun anak sudah bisa puasa full setelah sebelumnya puasa setengah hari. Dan diumur Naqib yang ke 6 ini saya ajarkan dulu puasa setengah hari, niatnya sih gitu. Dia mau puasa aja udah syukur banget kan, seenggaknya beban orangtua sedikit banyaknya jadi berkurang karena dia mau melaksanakan perintah wajib ini.

ga ada kegiatan lain selain belajar terus T_T

Hari pertama puasa
Diawali dengan makan sahur, nasi dan telor ceplok, saya pikir nggak apa-apa lah ya, soalnya nanti dia kan akan buka puasa jam 12, jadi nggak terlalu kenyang biarin aja. Btw, sebenernya nasi sama telor pun sudah bagus untuk mendapatkan energi tubuh, toh biasanya dia sarapan juga seringnya nasi sama telor. Jadi saya anggap makan sahur ini sarapannya dia, hanya saja waktunya dimajukan. Kemudian hari bergulir, menuju siang.
“Naqib nanti buka puasanya mau makan apa?”
“Kalau donat boleh?” dia minta J’Co pada akhirnya. Ya sudah saya belikan dan donat datang sebelum zuhur. Tapi di sela-sela itu saya ga nanya-nanya, syukur dia nggak inget, kalau inget ya sudahlah wkwk.. suami sudah mengkode “Biarin aja, selama dia nggak kepingin buka puasa jangan dikasih”
Akhirnya ya memang gampang terbujuk, nggak ngerti kenapa pas siang abahnya ngomong “Qib buka puasanya sore aja ya,” ajak abahnya.
“Ya sudah deh” kemudian dia memang berhasil dan mau buka puasa sore hari. Selayaknya orang yang puasa, menjelang sore wuaduuuh makannya jadi banyak hehe.. ya nggak apa-apalah, namanya juga masa pertumbuhan, kalau dilarang-larang nanti gizinya kurang.

hiburannya cuma nonton TV sama main game T_T byuhhhh..

Esoknya
Nggak disangka-sangka dia bilang, “Buka puasanya sore aja deh bu” dia semacam malas makan, mungkin udah kecapean SFH karena tugasnya lumayan menyita waktu, ya akhirnya saya mengiyakan. Lah ya bagus, jadi nggak usah nyiapin menu berbuka siang hari, saya bisa leyeh-leyeh. Dan kejadian ini terulang terus dan terus yang akhirnya dia bilang di hari kesekian, “Enak juga ya puasa, nggak usah makan siang” sebenernya Naqib ini anaknya nggak susah makan, malah hobinya makan, ngemilnya juga banyak :D tapi mungkin dia punya prinsip kayak ibunya, kalau bisa ngeliatin makan langsung kenyang, ngapain makan. Karena makan itu sangat menyita waktu banget kan hihi.. jadi kalau bisa nggak makan ya sudah nggak usah makan. Bahkan Rasul aja bilang, “Berhentilah makan sebelum kenyang” jadi ya, makan itu memang nggak usah banyak-banyak hehe.. Nah mungkin itulah yang membuat Naqib pada akhirnya malas makan, pengennya habis zuhur langsung tidur siang.

Pada akhirnya..
Karena melihat dia mulai puasa full, maka menu sahurnya nggak lagi ceplokan telor dan nasi putih, melainkan sudah menu keluarga, jadi dia harus makan sayur, ada protein hewani, minum vitamin dan harus minum air banyak. Dengan begitu dia nggak akan merengek terus minta makan, tapi sebenernya pas puasa pun dia nggak pernah minta makan sih kecuali minum, sering banget. Mungkin dia kebanyakan gerak jadi keringetan dan haus, kalau sudah kayak gini saya ngelihat jam, kalau nanggung mau maghrib saya bilang, “Sabar ya bang, dikit lagi buka, sejam lagi. Tiduran aja” nah, untungnya dia nggak pernah ngeluh pas jam 12, karena sudah menjelang shalat zuhur dan tidur siang, jadi gampang buat dialihkannya, “Hayok tidur aja yuk tidur”. Kejadian ini berulang terus sampai 30 hari, Alhamdulillah ga disangka dia bisa melaksanakan puasa full 30 hari, tanpa ribut-ribut tanpa harus menjelaskan panjang lebar, kenapa harus puasa? Kenapa harus ini harus itu. Karena dia ngeliat orangtuanya puasa ya ikutan puasa, shalat, ngaji, dia ikutin semua yang kami lakukan, beneran nggak susah ngaturnya.

Memang benar kata guru-guru kita jaman dulu ya, kalau ingin punya anak yang shalih, selain doa ya orangtua harus ada ikhtiarnya, dalam artian kalau anak mau puasa orangtua ya harus puasa, kalau anak ingin rajin shalat, orangtua ya harus shalat. Kan lucu nyuruh anak shalat tapi orangtuanya malas :D. Ada loh orangtua yang kayak gini
Tapi di balik ini semua saya bersyukur ada corona, berkahnya jadi bikin orang-orang bertahan dirumah aja dan sebab itu tidak banyak aktifitas yang dilakukan diluar kecuali yang penting-penting, anak-anak sekolah diliburkan sampai jangka waktu tertentu, mungkin kegiatan maksiat sedikit berkurang, berkah lainnya nggak susah mendidik anak untuk puasa full, shalat bisa berjamaah, buka puasa bareng keluarga dan banyak lainnya. Tapi saya harap, corona jangan lama-lama ya, udah kangen piknik nih.. hihihi..

1 comment :

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)