Monday 27 January 2020

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Lingkungan Pekerjaan dan Kenali Manfaatnya



Salah satu faktor kesuksesan seseorang yaitu ketika seseorang tersebut memiliki kecerdasan emosional yang baik. Pasalnya, dengan memiliki kecerdasan emosional yang baik, seseorang dapat menghadapi segala tantangan yang ada di lingkungan pekerjaan. Untuk bisa memiliki kecerdasan emosional yang baik, mulailah untuk mencari tahu cara meningkatkan kecerdasan emosional di lingkungan pekerjaan.

Kecerdasan emosional yaitu kemampuan seseorang dalam memahami emosi, baik emosi di dalam diri sendiri atau emosi orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, cenderung dapat mengontrol emosinya. Jika tertarik untuk meningkatkan kecerdasan emosional di lingkungan pekerjaan, bisa menyimak artikel berikut ini.

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Lingkungan Pekerjaan yang Mudah Dilakukan

Memiliki kecerdasan emosional yang baik di lingkungan pekerjaan pastinya sangat penting. Oleh karena itu, tidak heran jika semua orang yang bekerja ingin memiliki kemampuan yang satu ini. Berikut ini adalah cara meningkatkan kecerdaasan emosional di lingkungan pekerjaan yang bisa dimulai saat ini juga

1.     Ketahui Emosi Diri Sendiri

Hal pertama yang bisa dilakukan tentunya yaitu mengubah diri sendiri. Cobalah untuk berlatih untuk selalu mengenali emosi pada diri sendiri. Yakinkan diri bahwa bersikap bersedih atau marah di tempat bekerja itu wajar. Namun, harus bisa mengendalikan atau mengontrol diri agar emosi tersebut tidak merugikan orang lain.
Cobalah untuk memikirkan kira-kira apa saja yang bisa membuat emosi diri menjadi naik turun. Dengan begitu, seseorang tersebut akan bisa menghindari hal-hal tersebut dan mencoba untuk mengatasi emosi yang akan muncul.


2.     Kenali Karakter Diri

Setelah mengetahui emosi diri sendiri, maka seseorang tersebut dapat mengenali karakter dirinya. Hal ini tentunya sangat penting untuk diketahui karena dapat membantu seseorang dalam mengontrol emosi di lingkungan pekerjaan. Dengan mengenali karakter diri, seseorang juga bisa menemukan solusi yang tepat ketika sedang emosi.
Tidak berhenti di situ, seseorang juga bisa mencoba untuk mengenal karakter banyak orang di lingkungan pekerjaan. Hal ini terntu saja dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kecerdasan emosionalnya di kantor.

3.     Coba Kendalikan Dengan Perasaan

Emosi merupakan salah satu ungkapan perasaan dalam diri. Tentunya ketika seseorang bahagia, reaksi emosinya tentu akan berbeda ketika sedang sedih, marah, atau kecewa. Apabila emosi negative tersebut muncul di lingkungan pekerjaan, cobalah kendalikan perasaan tersebut.
Tetaplah bersikap tenang dan menyikapinya dengan pikiran yang positif tanpa mengabaikan emosi tersebut. Hal ini juga bisa membantu seseorang dalam berinteraksi dengan teman sekantor maupun klien. Dengan begitu, meskipun perasaan dipenuhi emosi negative, suasana di lingkungan pekerjaan akan tetap menyenangkan.

4.     Tunjukkan Sikap Peduli

Majunya teknologi saat ini, membuat kebanyakan orang mengindahkan perasaan orang lain. Bahkan, ketika teman kerja berbicara, seringkali mengabaikannya dan malah melihat gadget. Hal ini tentu saja bisa merusak hubungan pertemanan dai kantor, bahkan bisa mengikis rasa peduli. Cobalah untuk mulai peduli ke teman kerja dengan menjadi pendengar yang baik..
Atau, jika menemukan status rekan kerja di media sosial yang sedang menunjukkan emosi meluap-luap cobalah untuk bertanya dan menawarkan bantuan. Hal ini dapat memupuk sikap peduli dan merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional di lingkungan pekerjaan.

5.     Mulailah Peka Terhadap Lingkungan

Seringkali orang akan sibuk dengan pekerjaannya sehingga mengabaikan keadaan teman kantor lainnya. Hal ini tentunya akan merugikan banyak hal, mulai dari hubungan pertemanan di kantor sampai berimbas pada produktivitas karyawan. Jika hal itu tidak ingin terjadi, mulailah dengan peka terhadap orang-orang di lingkungan pekerjaan.
Misalnya, cobalah menawarkan bantuan apabila menemukan teman kantor yang kesulitan mengerjakan sesuatu. Teman kantor tersebut akan merasa terbantu dan hubungan pertemanan di kantor pun menjadi baik. Itulah mengapa memulai untuk peka terhadap teman sekantor adalah salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional di lingkungan pekerjaan.

Manfaat Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik Di Lingkungan Pekerjaan

Setelah mengetahui cara meningkatkan kecerdasan emosional di kantor, kini saatnya mengetahui apa manfaatnya. Manfaat yang dapat dirasakan yaitu dapat lebih tepat dalam mengambil keputusan. Karyawan yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, akan lebih peduli dan memiliki perasaan empati saat mengambil keputusan.
Tentunya keputusan yang diambil tersebut tanpa merugikan pihak lainnya. Selain itu, meningkatkan kecerdasan emosional juga bisa menjadikan karyawan lebih produktif. Karyawan akan memiliki hubungan yang baik satu sama lain dan membuat mereka lebih produktif di kantor.
Itulah 5 cara meningkatkan kecerdasan emosional di lingkungan pekerjaan dan maanfaat yang akan dirasakan jika hal tersebut diterapkan. Mulailah mencoba mengubah kebiasaan pada diri sendiri agar memiliki kecerdasan emosional yang baik. Apabila tertarik untuk mengetahui lebih dalam soal cara meningkatkan kecerdasan emosional di kantor, bisa klik link berikut:

1 comment :

  1. Wahhh.. Ini yg saya cari bangeeett.. Saya baru mulai bekerja setelah lama ngga bekerja karena berkeluarga. Mau menerapkan satu persatu ilmunya. Trims banget mbak ^^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)