Wednesday 9 October 2019

Bingung Mau Fokus Belajar IT Di Bidang Apa? Cari Tahu Dulu Yuk Macam Peminatannya!




Jurusan IT atau Teknologi memang banyak diincar oleh calon mahasiswa dari masa ke masa, terlebih di masa perkembangan teknologi saat ini yang begitu pesat. Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan jasa atau keahlian di bidang ini, jenis pekerjaan atau jabatan yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari programming, web developer, data analyst, data scientist, atau lainnya.


Prospek kerja jurusan IT termasuk untuk jurusan sistem informasi terbuka lebar, terlebih di era digital yang segala sesuatunya dilakukan secara sistematis menggunakan bantuan komputer. Bagi yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini, tentunya wajib tahu dan memilih konsentrasi jurusan yang sesuai dengan minat. Berikut ini beberapa pilihan konsentrasi di bidang IT, diantaranya:

Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Pada peminatan kuliah jurusan informatika satu ini, mahasiswa akan lebih mendalami mengenai berbagai metodologi serta alat bantu pengembangan piranti lunak. Tentunya pembelajaran yang dilakukan lebih intensif pada satu bidang, berbagai mata kuliah yang dipelajari seperti object oriented software engineering, software project management, advance topic in software engineering, dll.

Sesuai dengan namanya, peminatan ini berhubungan dengan pemrograman sehingga setelah lulus paling tidak masih bisa bisa membuat sebuah program dengan bantuan bahasa pemrograman (melakukan coding).


Ketika masuk dunia kerja, seorang programmer tidak diharuskan menguasai semua pemrograman seperti web programming (membuat web dan mendesain web), software engineer (desktop dan mobile), atau lainnya namun cukup menekuni atau fokus pada satu saja. Salah satu universitas penyedia jurusan ini adalah universitas Mercu buana.

Networking
Bagi yang menyukai atau hobi mengotak-atik jaringan, networking merupakan jenis peminatan terbaik yang bisa dipilih. Di konsentrasi jurusan TI satu ini, mahasiswa akan belajar mengenai bidang jaringan komputer seperti administrasi dan manajemen suatu jaringan komputer serta instalasi (hampir sama dengan jurusan sistem informasi hanya lebih kompleks).

Berbagai mata kuliah yang ada tidak jauh di hal yang berhubungan dengan networking, seperti implementasi, pengelolaan, dan merancang suatu jaringan komputer dengan baik dan benar. Ada beberapa jenis mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa, seperti network management, network programming, network security, current popular IT 4, dll.

Database Technology
Database Technology merupakan konsentrasi jurusan IT yang mendalami berbagai teknologi serta aplikasi basis data. Oleh karenanya berbagai mata kuliah di konsentrasi satu ini banyak yang berhubungan dengan data, seperti web database, data warehouse, perancangan database, dan lainnya. Mahasiswa akan banyak belajar bagaimana merancang sistem sesuai kebutuhan pelanggan, biasanya digambarkan dengan use case.

Database merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan project, cinta itu dalam bentuk desktop application project ataupun jenis project menengah ke atas. penjurusan satu ini sangat cocok dipilih bagi mahasiswa yang ingin masuk ke sebuah perusahaan, tentunya sebagai perancang database atau pengoptimal database sebelumnya.

Intelligent System
Konsentrasi kuliah jurusan informatika ini lebih mendalami berbagai teknik kecerdasan komputer, dimana hal tersebut nantinya akan diterapkan untuk memecahkan suatu permasalahan. Ada beberapa gambar mata kuliah yang akan dipelajari, seperti sistem pakar, computer vision, neurocomputing dan lainnya. Setelah lulus, mahasiswa tentunya diharapkan memiliki kemampuan dalam menerapkan teknik kecerdasan komputer untuk berbagai aplikasi.

Ada banyak universitas yang menawarkan program jurusan satu ini, salah satunya universitas Mercu buana. Ingin mengikuti kuliah online, Universitas ini juga menyediakan jenis kuliah untuk beberapa jurusan. Namun bagi yang ingin mengikuti kuis online dengan biaya terjangkau di jurusan ini, bisa coba mencari informasi di pintaria.com (portalnya kuliah online).

Applied Networking (CISCO)
Peminatan atau konsentrasi ini akan mengajarkan mahasiswanya untuk mendalami teknologi jaringan komputer yang berbasis peralatan jaringan komputer CISCO / CISCO equipment. Sebenarnya sama dengan database dan Oracle, yang membedakan jurusan satu ini dengan networking adalah software yang digunakan Nya serta lingkup yang dipegang. Bagi yang ingin memilih peminatan CISCO, sebaiknya telah memiliki atau menguasai basic dari networking.

Sebagai informasi, ada 5 tahapan untuk sertifikasi karir CISCO yakni Entry, Associate, Profesional, Expert, dan Architect. Adapun berbagai contoh mata kuliah yang akan ditemui seperti applied networking 1, applied networking 2, applied networking 3, dan lainnya. Sedangkan untuk jenis pekerjaannya sendiri, biasanya disesuaikan dengan jenis sertifikasi yang diambil.

Meski banyak yang mengatakan jurusan IT sulit untuk ditaklukkan, tapi pada kenyataannya banyak mahasiswa yang memilih masuk jurusan ini. Untuk masalah penamaan konsentrasi sendiri, sebenarnya setiap universitas memiliki bidang konsentrasi yang sama hanya saja penamaannya yang sedikit berbeda.

Sebelum memastikan ingin memilih konsentrasi jurusan yang mana, sebaiknya kenali dengan baik satu persatu konsentrasi yang akan dipilih. Dengan begitu anda akan lebih mudah memahami dalam hal materi, termasuk juga minat.

1 comment :

  1. Mb kalo desain grafis gak masuk kategori ahli IT yah?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)