Monday 15 July 2019

Tips Menangani Luka Luar Agar Cepat Sembuh




Luka luar seringkali diabaikan dengan tidak ditangani secara serius. Luka luar memang bisa sembuh dengan sendirinya namun hal tersebut jika lukanya kecil dan tidak mengalami infeksi. Bagi luka luar yang cukup besar dan dengan resiko infeksi tinggi seperti luka bakar atau luka potong yang membuat sobekan terbuka hingga ke daging atau tulang, memberikan penanganan yang tepat adalah hal yang lebih bijaksana sehingga luka bisa sembuh dan kulit menjadi tertutup kembali seperti semula.


Yang Anda perlukan adalah obat luka luar dan pastikan obat luka agar tidak lengket di kasa karena sebagian luka perlu dibalut sehingga tidak mengalami kontaminasi bakteri.
 Jika Anda baru saja terluka misalnya luka jari terpotong pisau dan meninggalkan luka di salah satu bagian tubuh, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar luka bisa cepat kering dan tidak meninggalkan bekas:

  • Cuci luka dengan menempatkannya di bawah air mengalir.
Letakkan jari Anda di bawah keran air lalu hidupkan keran dengan aliran sedang. Biarkan di sana hingga pendarahan berhenti dengan sendirinya.

  • Jika pendarahan tidak berhenti.
Sebagian orang memiliki kondisi darah yang sukar membeku sehingga pendarahan bisa terjadi dalam waktu yang lama. jangan biarkan hal ini terjadi karena bisa membuat Anda mengeluarkan terlalu banyak darah. Bebat sekitar luka di arah yang menghubungkannya dengan jantung. Misalnya jika luka di jari maka bebat area tangan atau pergelangan lengan.

  • Antiseptik.
Jika pendarahan sudah berhenti segera aplikasikan antiseptik baik yang berbentuk cairan, salep maupun krim.



  • Jika luka perlu dibalut, maka gunakan kasa steril yang telah dibasahi dengan cairan obat.

  • Pergi ke dokter.
Jika luka Anda tak kunjung sembuh dan justru mengalami pembengkakan hingga menyebabkan Anda demam, maka segera kunjungi dokter karena bisa jadi luka Anda mengalami infeksi atau tetanus.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat luka secara mandiri sebelum Anda pergi ke dokter. Jangan lupa bersihkan tangan dan perlengkapan untuk merawat luka lainnya sehingga Anda tidak memberikan kontaminasi bakteri atau kuman.


1 comment :

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)