Monday, 1 July 2019

Awas, Hipoglikemia Mengintai Penderita Diabetes




Bagi penderita diabetes, ada masalah kesehatan lain yang mengintai. Salah satunya adalah hipoglikemia.

Diabetes dan hipoglikemia biasanya berkaitan dengan pengobatan diabetes. Kondisi ini ditandai dengan kadar gula yang rendah (glukosa), yang menjadi sumber energi utama tubuh.
 “Meski demikian, hipoglikemia sebenarnya bukan penyakit melainkan indikator masalah kesehatan” kata dr. Muhammad Anwar Irzan pada KlikDokter.


Gejala hipoglikemia
Untuk dapat berfungsi dengan baik, tubuh dan otak memerlukan pasokan konstan akan gula (glukosa). Bila kadar glukosa terlalu rendah, maka akan terjadi hipoglikemia.
Beberapa gejala hipoglikemia antara lain adalah jantung berdebar, kelelahan, gelisah, berkeringat, dan kesemutan di area mulut. Selain itu, penderita diabetes yang mengalami hipoglikemia juga akan merasa kelaparan.
Walau demikian, ada kondisi lain yang juga bisa menimbulkan gejala seperti hipoglikemia. Untuk itu, diperlukan sampel darah untuk dapat memastikan apakah hipoglikemialah yang menjadi penyebabnya.

Bahaya hipoglikemia
Hipoglikemia sebaiknya tidak disepelekan. Bila terus menerus diabaikan, Anda bisa kehilangan kesadaran. Hal ini disebabkan karena otak memerlukan glukosa untuk dapat berfungsi dengan baik. Padahal pada hipoglikemia, kadar glukosa dalam tubuh sangat rendah.
Jika dibiarkan terus hingga hal ini terjadi berulang-ulang, risiko yang akan Anda hadapi adalah koma hipoglikemia. Menurut dr. Anwar, saat hal ini terjadi, tubuh dan otak sudah tidak lagi memunculkan tanda-tanda yang bisa menjadi peringatan bahwa kadar gula darah Anda rendah.
Untuk itu, segera lakukan penanganan. Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi 15-20 gram karbohidrat. Misalnya jus buah atau permen. Hindari makanan yang mengandung lemak dan protein.
Setelah melakukan pertolongan pertama tersebut, periksa kembali gula darah Anda. Setelah kadar gula darah normal, segera konsumsi makanan ringan untuk membantu menstabilkan kadar gula darah.

Jangan abaikan tanda-tanda hipoglikemia yang muncul. Kondisi ini bisa berakibat fatal bagi penderita diabetes. Konsultasikan kondisi Anda pada dokter.





Post a comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)