Tuesday 28 May 2019

Cara Sukses Nabung Untuk Qurban




Nggak lama setelah Idul Fitri adalah Idul Adha, jaraknya nggak lama, paling 1 bulan setengah. Bedanya Idul Fitri sama idul Adha, kalo di Idul Adha kita nggak dapet angpau tapi cuma dapat daging, lol. Banyak yang kepingin bisa Qurban termasuk saya tapi ternyata kadang kita susah ngumpulin duit ini kenapa ya, apa duitnya habis pas lebaran, apa banyak kebutuhan, apa gimana? Dulu banyak banget pertanyaan kayak gini di pikiran saya, padahal kan saya bisa banget nabung, tapi kenapa nggak berhasil Qurban setiap tahun, ternyata eh ternyata saya kurang sesuatu hihi.. Mau tak kasih tau tip dan triknya biar bisa Qurban dengan mudah setiap tahun?


Setelah memutuskan jadi blogger, tentu saja saya dapat penghasilan dong, terus iseng saya hitung setiap bulan penghasilan saya ini, saya pikir "Wah ini bisa banget nabung sekalian buat Qurban," saya pikir saya sudah dikasih ganjaran rezeki sama Allah, masak saya nggak mau mensucikan rezeki ini, bisa-bisa rezeki saya dicabut dan saya nggak jadi blogger lagi gimana, wah gagal deh jadi rang femes :p. Nah akhirnya saya cari celah nih, gimana asyiknya nabung ya biar saya beneran ikhlas nabung Qurban tanpa ngerasa harta yang saya keluarkan mengganggu kebutuhan harian. Alhamdulillah dengan mengumpulkan trik ini saya bisa menyisihkan uag untuk Qurban dan Alhamdulillah semenjak saya berpenghasilan saya selalu istiqomah Qurban setiap tahun, walaupun hanya Qurban kambing tapi ini prestasi banget buat saya. Tau nggak sih rasanya kayak gimana? Itu tuh kayak kamu niat banget kepingin umroh terus nabung sekuat tenaga, eh pas berhasil umroh bahagianya kayak apa coba. Nah Qurban itu kayak gitu, tapi ini ibadah skala kecilnya nggak yang sampai butuh nabung bertahun-tahun. Sebelum sampai pada tahap nabung untuk umroh, latihan dulu nabung dengan istiqomah setiap tahun untuk Qurban.

Begini gengs caranya :

1. Kudu ngumpulin niat dengan kuat “Bismillah saya kepingin Qurban ya Allah, bantu saya ya Allah” ucapkan ini dan niatkan selalu dalam hati, karena tanpa niat yang kuat sebuah kegiatan atau usaha tidak akan sungguh-sungguh dilakukan, jadi mantapkan dulu tekad dan niatnya.
2. Setelah itu. beli buku khusus dan mulai bikin catatan, berapa pemasukan sebulan, berapa pengeluaran sebulan, catat apa saja pengeluaran yang dikeluarkan dan introspeksi. Jika ada pengeluaran yang nggak jelas, misalnya beli barang eh ternyata nggak dipake sebaiknya tobatan nasuha wkwk.. jangan dilakukan lagi. Atau misalnya kamu hobby banget jajan, mulai kurangi aktifitas jajanmu dan mulai makan makanan yang dimasak mama, atau jika sudah berkeluarga, mulailah berhemat dengan rutin masak. Boleh jajan tapi jangan rutin, misalnya dulu sebelum nabung Qurban, sekali jajan 10x dalam sebulan, nah setelah niat ber-Qurban, jajan 4x aja dalam sebulan.
3. Sebaiknya punya badan amil yang bisa dibayar nyicil, jadi misalnya kamu takut uang yang kamu kumpulin itu bakalan kepake buat hal yang nggak jelas, sebaiknya beli Qurban secara nyicil dan kalau sudah ada niat buat jajan cepet-cepet transfer itu duit, jangan sampai kamu menyesal dan akhirnya nggak bisa Qurban. Kayak saya nih, punya temen yang kerja di badan amil dan dia juga nerima penyaluran zakat Qurban, saya bayarnya nyicil-nyicil, misal dalam 2 bulan bayar 500ribu, klo ada duit lagi bayar lagi, gitu terus sampai lunas dan akhirnya kebeli itu kambing. Kalau kira-kira penghasilnya sedikit, sebaiknya mulai perhitungkan dari bulan apa sebaiknya menabung, kan enak sebelum Idul Adha duitnya sudah kekumpul. Sudah nggak ada beban lagi buat Qurban :D
4. Segera bayarkan uang Qurban sebelum otak dan setan bersinergi memerintahkan untuk beli yang lain

Untuk motivasi saya mempost ini di Instagram karena saya bisa Qurban, norak banget sangking gembiranya

5. Catat pengeluaran untuk Qurban setiap kamu selesai membayar biar nggak lupa *misalnya ini bayarnya dengan cara mencicil*, ya syukur-syukur kamu bisa bayar dengan cara cash
6. Begitu lunas.. pasti kamu nggak bakalan nyangka bisa Qurban, dan terharu banget pastinya, perjuangan menabung bisa buat Qurban.
7. Jangan ingat-ingat lagi pengeluaran yang sudah kamu infaqkan untuk Qurban, nanti jatuhnya malah nggak ikhlas. Percayalah itu tabungan nanti kalau kita menghadap-Nya, nggak hanya dibayar di akhirat kita akan dibayar juga di dunia, kalkulatornya Allah itu ajaib nggak bisa dikira-kira dengan nalar. Makannya, santai aja misalnya kita ngeluarin duit 2 juta buat Qurban, ganjarannya bisa aja dengan diberikannya kesehatan, umur panjang, anak shaleh, keluarga Samara, dan banyak lainnya.

Oh ya, kalau dipikir-pikir ibu rumah tangga yang nggak berpenghasilan bisa banget loh nabung untuk Qurban, kalau dari uang belanja bisa nabung Rp.10.000/hari saja, sebulan sudah Rp.300.000 X 11 bulan : Rp.3.300.000, kebeli itu kambing satu mak…. Malah lebih lagi duitnya. Jadi saya pikir, yang namanya Qurban bukan perihal kita kaya apa nggak kaya, melainkan pada tahap niat apa nggak niat hehe.. 
Tahun 2019 ini adalah tahun ke 3 saya berhasil Qurban yang saya tabung dari uang penghasilan saya dari ngeblog, dan sungguh saya kepingin terus jadi blogger biar bisa Qurban setiap tahun

3 comments :

  1. Harus berusaha pasti nanti akan bisa untuk beli kambing buat qurban.
    Nabung sedikit demi sedikit kalo udah niat pasti bisa

    ReplyDelete
  2. aku aja yg kantoran, kdg suka tergoda kok utk make uang kurban buat yg lain.

    makanya cara yg aku pakai, pakai fasilitas kantorku, yg mendebit setiap bulan dr gajiku, utk dimasukin ke tabungan kurban. jd setahun kemudian bisa ditarik utk biaya kurban. dgn cara gini, aju ga ada excuse utk ga kurban mba. krn memang uangnya dipotong lgs dr gajian :D.

    ReplyDelete
  3. Tahun ini akupun semangat pake uang ngeblog, ga minta suami dulu ah. Smoga kesampean

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)