Thursday 30 May 2019

Ada Setan Menjilati Darah Di Setiap Pembalut Wanita



"Bu..bu, kemaren kan pak anu lembur ya dikantor, masak pas ke kamar mandi dia ngeliat ada setan lagi jongkok di depan tong sampah lagi ngejilatin pembalut" cerita suamiku suatu hari,

Hiiy.. saya sih nggak takut ngelihat setannya, tapi ngebayangin itu pembalut dijilatin rasanya kok mo muntah gitu, apalagi yang ngejilat setan, hoeeek.., rupanya itu pembalut nggak dicuci sama si empunya, dan dibuang gitu aja di tong sampah.

Pernah juga nonton TVRI kisah misteri, udah lama banget ini jaman saya SD kalau nggak salah, ceritanya nggak jauh beda dengan cerita di atas. Ada setan lagi makan pembalut yang nggak dicuci sama pemiliknya di sebuah Mall, yang kemudian dipergoki sama tukang bersih-bersih, cerita ini saya ingat sepanjang masa sampai sekarang. Dulu saya nggak ngerti kenapa itu setan kok menjilati pembalut, ibu saya hanya bilang, “Tuh, akibatnya kalau nggak mencuci pembalut sampai tuntas, pembalutnya dijilatin setan kan?” anak SD yang polos saat itu  dan belum ngerti apa-apa hanya bengong mendengar nasihat sang ibu :D

Suatu hari, tibalah masa haid saya datang, kurang lebih ketika saya SMP kalau nggak salah, saya lupa pastinya kapan, yang saya ingat, saya haid saat pada acara pramuka dan itu acaranya menginap. Sebagai orang yang baru pertama kali haid bingung mau ngapain karena ini perdana haid kan, saat itu sadar saya haid tapi ya solat juga wkwk.. ya maklum saya masih ragu ini darah haid apa bukan. Aduh beneran bego dah lol.. Alhamdulillah sehari setelah haid datang yang hanya berupa flek hitam-hitam acara selesai, dan  saya dijemput mami, saya bilang dong ke mami, “Mi, aku haid”, respon mami saya cuma, “Oh ya sudah nanti beli pembalut” terus kita terdiam lama, parah nih nyokap, nggak nanya macem-macem, responnya dingin banget, padahal ekspektasi saya pengen banget disambut gegap gempita seperti emak-emak kebanyakan yang tau anaknya sudah haid, minimal, “Waaaaah selamat ya nak, kamu sudah dewasa” dan sedereeet nasihat bawel yang riang gembira, eh ini enggak, cuma disuruh beli pembalut, lol T_T
Tapi kemudian nanya lagi dengan dingin sih, “Kapan mulai haidnya?” terus malah saya yang bawel cerita dan diakhiri nasihat, “Nanti kamu harus belajar cara nyuci pembalut, sering liat mami nyuci pembalut kan? Nah kayak gitu, belajar pakai pembalut juga,..bla..bla..bla” entah saya lupa nasehat apa lagi yang beliau lontarkan, iya nyokap mah gitu ngasih nasehat sederet, padahal otak anaknya lagi ngeblank mencerna nasehat-nasehat itu.

cerita seorang teman

Dirumah saya dinasehati lagi,
“Buang pembalut juga jangan sembarangan, nih harus dicuci bersih, terus dibungkus rapat-rapat sama koran, pokoknya jangan sampai terbuka bebas pembalutnya. Hati-hati kalau sampai terlihat, kamu harus bungkus lagi” kira-kira begitu nasihat si mami. Saya lupa pastinya kenapa itu pembalut harus dibungkus koran, jadilah setiap haid, koran selalu habis dirumah. Ya karena dua orang langsung kan yang pakai.
Pernah juga saya lagi haid dan mandi berdua dengan mami, terus karena malas saya mencucinya dengan cara menginjak-nginjak pembalut tersebut, mami sontak keluar ceramahnya, “Nyuci pembalut itu nggak boleh kayak gitu, sakit perut kamu nanti. Cuci pakai tangan, kayak mami itu loh” iya deh, tapi kalau nggak dilihat mami saya injak lagi nyucinya. Sebenernya sih mitos nyuci diinjak akan menyebabkan sakit perut tapi karena nasehat orangtua ya ikutin saja :D lama-lama saya ngerti juga kenapa saat haid kita harus hati-hati banget bersikap, nggak boleh sembarangan juga nggak boleh macam-macam.
Nenek saya kemudian menjelaskan kalau haid ada adabnya memperlakukan pembalut, harus dicuci bersih sampai bersih, karena kalau masih tersisa darah konon katanya setan bergerumul menjilati darahnya yucccks.. cara nyucinya juga harus dengan tangan nggak boleh diinjak-injak, Tapi kata nenek, darah itu kan anggota tubuh sama seperti kuku, kuku itu nggak boleh di buang ke tong sampah harus dibuang ke tanah, kalo darah diperlakukan dengan diinjak-injak sama saja memperlakukan tubuh dengan tidak sopan. Logis juga si nenek :D. Nah nasehat demi nasehat saya dengar setiap saya haid, misalnya, kalau lagi haid jangan bengong karena orang yang lagi haid itu kan jiwanya kosong, nggak bisa solat, jadi gampang dimasukin setan alias kesurupan, “Kamu harus banyak zikir kalo lagi haid” iya nek T_T.., “Jangan genit-genit sama laki-laki, orang yang haid sudah bisa hamil” ya kalo cuma ngobrol masak bisa langsung hamil sih nek, kecuali berhubungan intim kan, saya rasa saat itu belajar Biologi nggak ada gunanya kalo ngobrol aja bisa langsung hamil. Wkwk…

Kemudian nenek dan mami sering banget cerita ini
“Kamu tau nggak? Orang-orang jaman dulu kalau lagi haid pake handuk. Handuk-handuk itu dilipat terus disumpal ke dalam celana, nah handuk-handuk ini nggak boleh dijemur sembarangan, apalagi diluar, orang jaman dulu bilang kalo dijemur sembarangan, takut diambil orang terus gampang diguna-guna. Soalnya itu untuk menampung barang yang paling sensitif. Dulu yang namanya darah bisa banget dibuat alat guna-guna sama orang”
“Jadi dijemurnya dimana?”
“Ada ditempat khusus, yang jelas nggak diluar” ya terus dimana mamiiii? “Nenek juga dulu paling marah banget kalau mami ngejemur handuk bekas haid sembarangan” iya tapi dimana T_T astaga.. Btw, ribet juga jadi orang jaman dulu. “Orang haid juga nggak boleh mandi maghrib” begitu lanjut mami, “Karena saat maghrib setan-setan keluar dan menghuni kamar mandi” ya.. ya.. dulu saya sih nurut tapi semenjak lupa, mandi saat maghrib emang enak, airnya lebih dingin dan nggak ada yang gedor-gedor :D
Memang tidak ada hadist yang mengatakan bahwa makanan setan adalah darah, tapi bangsa jin, suka sekali dengan zat yang kotor, misanya bangkai, tulang, kotoran manusia, sekali lagi memang tidak ada hadist yang mengatakan darah adalah makanan setan, tapi dari sebuah hadist shahih yang mengatakan, Sesungguhnya setan menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah. Aku khawatir sekiranya setan itu menyusupkan kejelekan dalam hati kalian berdua.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 3281 dan Muslim no. 2175). Ini artinya setan mudah hidup dan menelusup dalam diri manusia melalui aliran darah, kalau dia benci darah, pasti masuk dari tubuh manusia nggak lewat aliran darah. Jadi ada benarnya kalau misalnya kita haid nggak dicuci bersih apalagi langsung buang, setan suka banget menjilati, apalagi kalau pembalutnya dibiarkan didalam rumah, Innalillah.. rumahnya jadi nggak berkah karena setan gampang masuk karena tergoda makan darah kita. Mulai sekarang, berjanjilah duhai perempuan untuk menjaga rumah kita dari gangguan jin dan setan, setiap haid bersihkan darah dan bungkus dengan rapi. Darah yang amis dan anyir itu mengundang jin untuk berani masuk walaupun rumah kita sudah didoakan. Apalagi kalau dalam rumah ada tulang, bangkai dll..

Kasian juga pak pemulung
Trus kemarin baca banyak artikel, pemulung-pemulung itu kalo ngumpulin sampah, 20% nya pembalut perempuan, seorang pemulung mengatakan, "Ada yang manusiawi keadaannya (maksudnya dibuang dalam keadaan bersih) ada yang semena-mena (dibuang dengan utuh, masih berdarah-darah) tapi ya namanya pekerjaan mau jijik ngeliat darah ya gimana" kata si pemulung, dalam hati ini perempuan kok jorok-jorok banget yak, apa jijik ngeliat darah atau malas bersihin sih. Padahal kalau dibilang itu adalah hal yang sangat sensitif loh, bagaimana kalau seandainya kalian membuang pembalut dalam keadaan utuh kemudian ada yang iseng mengambil lantas diguna-guna, ih amit-amit jabang bayi T_T. Lalu darah itu kan amis, coba bayangkan kalau kita membuang pembalut dalam keadaan utuh, darah itu baunya kayak apa di TPU, sungguh kasihan dengan orang yang bekerja sebagai pemulung. Hal-hal kayak gini emang nggak didapat dibangku sekolah pada pelajaran agama, tapi saya rasa semua agama mengajarkan untuk menjaga kebersihan, dengan membersihkan pembalut setelah dipakai kita menjaga lingkungan juga diri sendiri. Dan bayangin lagi kalau dalam sehari ada seratus perempuan dalam sebuah daerah haid dan 20 orangnya membuang sampah haid secara utuh tanpa dibersihkan dahulu, kebayang nggak dampak buat lingkungan bagaimana?


Lalu seketika saya membayangkan setan arisan di tong sampah menjilati pembalut-pembalut ini sebab pemiliknya malas membersihkan.. *mual* ayolah perempuan-perempuan kita bantu pak pemulung dengan tidak malas membersihkan pembalut sendiri, juga membantu diri sendiri untuk tidak gampang didekati setan saat haid.

6 comments :

  1. Wejangannya persis kaya mamaku. Ekspresinya juga sama. Datar. Aslinya aku keluar darah sedikit itu magrib2. Karena aku pake celana dalam biru tua, jadi kelihatan gelap bgt. Aku bertanya² apa itu darah mens ya?
    Dan ga kupakaikan pembalut. Sampe besok pgi mau mandi. Darahnya makin banyak. Yaaaa udah fix ini mens. Ga gitu panik karena temen uda banyak yg mens dan aku menunggu² kapan tiba saatnya.

    Nah pagi itu aku lapor mama, ya datar ekspresinya. Suruh pake pembalut mama. Sambil bilang, "dicuci sampe bersih baru buang."
    Dan aku selalu cuci bersih.

    ReplyDelete
  2. Ini sama bgt petuahnya kayak mamaku. Mamaku slalu ngomel2 kalo aku kedapetan aku buang pembalut sembarangan alias tanpa dicuci dulu. Katanya sih, nanti darah kita bisa diguna2in orang. Aku
    Aku pikir logicnya apaaa gitu ya. Yowis lillahi taala aja aku mikirnya lah kalo soal guna2.
    Tapi kalo soal setan menjilati pembalut, aku baru tau itu.. mungkin ternyata ada benarnya ya sbg wanita kudu bersihin pembalut dulu sblm dibuang.

    ReplyDelete
  3. Aku gk percaya sih mitos gitu. Nyuci pembalut lbh krn biar bersih dan gak bau di tong sampah. Aku biasanya klo nyuci diinjek2 jg tp gk sakit perut kok, alhamdulillah, hehehe.

    ReplyDelete
  4. aku pernah baca ttg ini, dan awalnya sempet serem :D. tp bukan berarti aku skr ga takut lg, trus seenaknya cuci pembalut, bukan jugaa..

    ttp sih pembalut wajib dicuci. aku biasa dibungkus kertas juga. ga harus koran, krn skr ini susah nyari koran :p. tapi apa aku pernah ganti pembalut tanpa dicuci? pernah. pas traveling ke negara2 yg toiletnya ga pake air, cuma tisu.

    serius sih man, itu susaaah bgt utk bersihin :(. ga mungkin cucinya di wastafel, krn kalo diliat org lain, mereka pasti jijik . yg ada, pembalutnya aku gulung, aku bungkus pake kertas berlapis2, laku buang di waste bin yg sesuai. krn memang ga mungkin utk dicuci. sebis mungkin aku memang ganti pembalut di hotel tmpat nginep. tp kalo lg banyak2nya, dan hrs ganti 4 jam sekali, sementara aku sdg di jalan, itu susah :(. apa krn di LN itu lbh sering pakai tampon yg kecil yaa jd mereka tinggal buang abis pakai? ntahlah, ga pernah pake tampon jg :p

    ReplyDelete
  5. hai mba, samaan seperti ibuku dulu waktu pertama kali aku haid.pesan utamanya pembalut sebelum dibuang harus bersih dan dibungkus rapat, alasan beliau bukan karena setan, tapi biar gak di 'ewer ewer' anjing.

    tapi ceritanya mba soal setan penjilat darah haid itu bisa jadi ada benarnya, kebetulan saya suka nonton jurnal risa, pada saat itu kebetulan sosok yang masuk adalah setan yang suka banget dengan darah, menghisap sari pati darah dari pembalut yang dibuang sembarangan di toilet. wallahualam

    apapun itu memang sebaiknya harus bersih sebelum membuang pembalut, jangan cuek buang pembalut sembarangan apalagi buang di dalam kloset. duh..bisa merugikan/mengganggu orang lain juga.

    ReplyDelete
  6. Dan aku baca ini pas lagi haid. Kok rasanya langsung mual ya. Untung juga sih bacanya nggak sambil makan :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)