Menu

Monday, 11 December 2017

/


Pengen nanya nih, kalian sehari minum berapa gelas? Pernah mikir nggak sih, kalau kalian kurang minum air apa yang akan terjadi? Dulu ya waktu saya masih sekolah, saya pengen banget rambut saya selalu kinclong dan terlihat sehat, terus ada salah satu temen saya bilang gini,”Kalau pengen punya rambut yang sehat ya banyakin minum air, ibarat tumbuhan kalau nggak disiram apa yang terjadi?” nyinyiran ini terngiang-ngiang sampe sekarang, saya merasakan betul kalau nggak banyak minum kulit jadi kering, rasanya kurang bertenaga aja gitu. Dan, waktu belajar di gedung Cyber 2 kemarin bersama para peserta Danone Blogger Academy saya belajar tentang hidrasi, materi ini disampaikan oleh Dr. dr. Inge Permadhi, Ms, SpGK

 
dr.Inge yang cantik menjelaskan tentang hidrasi, sumber : kompasiana
Dari tingkat usia inilah kebutuhan air yang wajib dipenuhi :

  • Janin : Untuk ibu hamil, dibutuhkan banyak sekali cairan dalam tubuhnya. Selain untuk menjaga air ketuban agar tetap stabil, air tersebut untuk memenuhi kebutuhan cairan pada janin, janin membutuhkan air 100% selama ia dalam kandungan.
  • Bayi saat dilahirkan : Bayi yang baru lahir  sangat membutuhkan air, karena pada masa ini bayi belum bisa makan jadi yang menjadi asupan hanya air. Ibu menyusui juga harus banyak minum agar ASI yang dikeluarkan tidak menjadi kental dan mudah keluarnya. Pada masa ini sampai ia menuju besar pasti gerakannya sangat aktif, hal ini akan mengurangi cairan dalam tubuhnya. Sampai ia menuju dewasa, anak sangat butuh minum, untuk itulah sebagai orangtua kita wajib mengingatkan anak-anak yang aktif ini untuk sering minum. Bayi sampai masa kanak-kanak membutuhkan 80% air untuk tubuhnya
  • Dewasa muda : Anak-anak sampai dewasa juga membutuhkan banyak air karena masih banyaknya aktifitas pada masa ini. Air yang dibutuhkan sekitar 70% dalam tubuhnya
  • Lansia : Lansia sudah tidak membutuhkan banyak air karena aktifitas pada masa ini sudah menurun, lansia hanya membutuhkan 50% air saja untuk tubuhnya
Jika diperhatikan, banyak organ yang sangat membutuhkan air, lihat gambar dibawah. Nah setelah mengamati gambar tersebut mikir pastinya dong, betapa pentingnya air untuk tubuh?

Selain untuk menyegarkan dan menyempurnakan fungsi tubuh, inilah fungsi air lainnya untuk tubuh :
  1. Mengatur suhu tubuh
Itulah kenapa, kalau misalnya badan kita berasa nggak enak, banyakin minum pasti suhu tubuhnya normal lagi. Sebab panas tubuh bisa keluar lewat urin atau keringat. Untuk mendorong keluarnya air tentu saja banyakin minum dong :D
  1. Melembabkan/membasahi mukosa (mulut, mata, hidung)
Jika kita kekurangan cairan pada tubuh sudah dipastikan mulut akan menjadi kering, mata banyak beleknya dan hidung akan kelebihan upil
  1. Lubrikan pada sendi
Pernah ngerasa sendi cekot-cekot nggak? Nah mungkin kamu kurang minum, air dapat melumaskan sendi pada tubuh sehingga lebih mudah digerakkan
  1. Melindungi organ dan jaringan dalam tubuh
Ingat kan foto diatas, dengan meminum cukup air, anggota tubuh akan menjadi lebih segar dan fungsinya akan lebih sempurna, kekurangan air pastinya anggota tubuh bingung menjalankan fungsinya, kayak hidup tanpa cinta gitu, elaah :p
  1. Mencegah konstipasi
Konstipasi atau sembelit dapat dikurangi jika kita meminum banyak air, karena air dapat mendorong tinja keluar lebih cepat. Coba aja yang sering sembelit, pasti jarang minum, bener nggak?
  1. Melarutkan zat gizi dan membawanya ke pelbagai bagian tubuh
Nah fungsi air yang lainnya bisa membantu membawa vitamin-vitamin yang diserap dari makanan ke seluruh jaringan tubuh
  1. Membawa oksigen dan zat gizi ke pelbagai jaringan tubuh
Air yang cukup di dalam tubuh dapat membawa oksigen lebih cepat ke seluruh tubuh
  1. Membuang sisa metabolisme sehingga mengurangi beban ginjal dan hati
Dengan meminum banyak air, maka kita akan lebih cepat berkeringat dan buang air kecil, keringat dan urine fungsinya mengeluarkan sisa metabolisme



Apa yang terjadi jika kita kekurangan cairan dalam tubuh?
Kita akan mengalami dehidrasi, yaitu berkurangnya cairan di dalam tubuh. Dehidrasi terjadi ketika air yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang dengan air yang dikeluarkan oleh tubuh, selain itu dehidrasi terjadi jika kita kurang minum pada saat cuaca panas, diare atau muntah. Sebetulnya ketika tubuh mengirim sinyal pengen minum, itu adalah gejala hidrasi ringan. Usahakan, tubuh jangan sampe haus baru kita minum, ini bahaya banget kalau sampai dibiarkan. Sebab ada beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh jika kita minum nunggu haus, diantaranya : Infeksi saluran kemih, pembentukan batu ginjal dan sembelit.
Nah, tau nggak, misalnya kita sakit infeksi saluran kemih, cara penyembuhannya mudah banget, hanya perlu banyak minum. Sebab infeksi yang terjadi di saluran kemih bisa sembuh dengan sendirinya jika kita sering pipis.
Hal lain yang terjadi jika kita kurang minum adalah mudah sakit kepala karena darah mengental di bagian kepala, mengantuk, merasa lelah karena oksigen tidak tersalurkan dengan baik. Yang lebih parah kalau kita kurang minum adalah kinerja kognitif, mood, konsentrasi, daya  ingat menurun , mudah cemas dan tegang. Ini bahaya banget ya kalau anak sekolah mengalami hal tersebut. Pantesan aja kadang kalau di kelas saya suka ngantuk, mungkin bisa jadi saya kurang minum, dan bahayanya kadang guru-guru di sekolah suka nggak ngeh kalau anak muridnya butuh minum. Dengan alasan tatakramam guru-guru banyak menerapkan aturan ‘jangan minum di dalam kelas’, doh… padahal nih ya, saya yakin kalau guru lelah, mereka modus keluar buat minum di ruang guru. Bener nggak bapak ibu guru, ngaku deh :p
Selain tubuh akan mengirim sinyal kalau kita butuh cairan, dari warna urin juga dapat diketahui kalau kita butuh minum, perhatikan tabel di bawah, tabel ini juga saya tempel di kamar mandi untuk remainder agar saya jadi rajin minum, dengan rajin minum akan ketahuan warna urin tuh, nah dengan tabel tersebut seenggaknya saya bisa mengukur, jangan sampai urin saya jadinya berwarna kuning pekat


Lalu bagaimana syarat air yang bisa diminum?
  • Tidak berwarna
Air putih yang berwarna, misalnya berwarna kekuningan, tandanya sudah nggak sehat alias tercemari. Sebaiknya air jenis ini jangan diminum
  • Tidak berbau
Air putih yang sehat,, tidak amis dan tidak ada baunya. Kalau berbau sudah bisa dipastikan bahwa air tersebut tercemar
  • Tidak berasa
Nah air putih yang sehat juga nggak ada rasanya. Kan suka ada tuh air yang rasanya asam, sebaiknya jangan diminum deh, atau yang rasanya agak-agak payau, ih jangan dikonsumsi ya
  • Aman dan sehat
Syarat yang lainnya adalah bebas mikroba (bakteri, jamur, parasit) patogen serta bebas kontaminan kimia (logam berat) dan mengandung mineral esensiel yang dibutuhkan tubuh, nah.. misalnya pengen ngerebus sendiri airnya, harus dipastikan jangan langsung ngucur dari keran, kalau mau ngucur dari keran harus diendapkan dulu semalaman agar bebatuan yang terdapat dalam air turun. Baru deh direbus, direbusnya juga jangan sebentar banget, blubup-blubup mati, harus dibiarkan lama agar bakteri yang terdapat dalam air mati total
 
air yang sehat diproses dari pengendapan di dalam tanah dan melewati bebatuan alami, kompasiana

Nah ini dia kandungan mineral esensiel yang terdapat  dalam air yang sehat :
      Fluorida: untuk mencegah karies dan menjaga kesehatan gigi
      Natrium: untuk mendukung keseimbangan cairan
      Magnesium dan Kalsium: untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah
      Kalium: untuk mendukung proses transmisi saraf dan  kontraksi otot
      Silika: untuk mendukung kesehatan kulit dan menjaga  integritas tulang
      Zink: Berperan sebagai koaktivator dalam 300 lebih reaksi enzim dalam tubuh

Jadi jangan menganggap air itu nggak ada manfaatnya sama sekali, justru ada fakta ya.. manusia itu sanggup bertahan hidup kalau tanpa makan asal minum air. Sebaliknya, kalau cuma makan nggak ada air, wah bahaya atuh ya :D 

rajin minum gengs agar tubuh sehat, kompasiana


Nah, semakin berkembangnya tekhnologi ada nih ya bermunculan air alkali, air oksigen dan air sulingan yang promonya gencar banget, sebenernya bagus nggak sih ini kedua air untuk tubuh?
      Air Sulingan, Menurut Dr. Inge, aduh.. nggak tega ngomongnya, ketiga air ini sebenernya biasa aja, misalnya saja air sulingan, air sulingan itu nggak bagus ternyata untuk tubuh, karena air ini tidak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, air yang disuling berati memisahkan mineral-mineral yang terkandung di dalam air, air jenis ini merangsang urin untuk lebih cepat keluar dibanding kita minum air yang mengandung mineral dan bahayanya air seni yang dikeluarkan malah membawa mineral yang terdapat dalam tubuh keluar begitu saja, karena di dalam air seni pasti terdapat mineral, dan gawatnya, jika konsumsi jangka panjang air kosong dapat menyebabkan defisiensi mineral. Apa jadinya tubuh tanpa mineral, pasti tulang-tulang akan keropos lebih cepat dari usia kita, iiih bisa-bisa umur 50 masih produktif, badan sudah letoy

      Air Alkali, tubuh kita sangat memerlukan pH (Potential Hydrogen), apa sih fungsi pH? pH ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, yang akan berpengaruh pada kesehatan. pH darah normal adalah 7.35 – 7.45, pH darah diatur  oleh fungsi ginjal dan paru-paru. Dan tubuh yang memiliki pH yang baik dapat mencegah penyakit degeneratif termasuk kanker. Termasuk sebaliknya, jika tubuh kekurangan pH akan mudah terserang penyakit. Di dalam air terdapat pH yang dapat menyeimbangkan tubuh, tapi bermunculannya air-air Alkali apakah ini bagus untuk tubuh, ternyata biasa aja, jika kamu meminum air yang memiliki pH 8, atau lebih tinggi sekalipun, tubuh hanya menerima yang 7,3nya saja. Sisanya? Terbuang sia-sia.. nah, percuma banget kan? Makannya, minumlah air yang wajar-wajar saja, jangan percaya dengan iklan :D

      Air oksigen, air oksigen ini konon katanya air yang diproses melalui pemurnian, sehingga bersih dari bahan-bahan kontaminan, namun kalau air terlalu banyak dimurnikan khawatirnya malah mengurangi kandungan mineral yang terkandung di dalamnya. Selain itu, air oksigen adalah air yang diberi tambahan oksigen didalamnya, konon katanya air ini dapar meningkatkan kesehatan kulit. Air oksigen biasanya diberikan oksigen  80-120 ppm, tapi sebagus-bagusnya tekhnologi sebenernya oksigen yang terdapat di dalam air ini bisa menembus kemasan botol plastik alias polimer, jadi percuma dong beli air oksigen? Ya percuma banget.. nah fakta lain, manusia menyerap oksigen kan hanya dengan paru-paru dan penyerapannya hanya bisa melalui udara, dari paru-paru ini yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, lalu jika manusia disuruh minum air oksigen, oksigen yang masuk diserap kemana? emangnya kita ikan :D? kalau ikan sih boleh jadi minum air oksigen dia sehat karena ikan punya insang, kalo kita? Aduh…

      Air infusan, lagi populer nih air infusan, yaitu dengan memasukkan potongan buah kedalam air, diendapkan beberapa jam agar sari-sari buahnya keluar. Ini dimaksudkan untuk orang yang susah makan buah jadi minum sari buahnya aja. Air infusan ini dipercaya dapat memberikan kesehatan untuk tubuh karena penyerapan sari-sarinya, kalau saya sih better makan buahnya langsung hahaha.. kalo nggak suka buah, minum air jus. Saya pernah minum air infusan, biasa aja gitu nggak ada pengaruhnya buat tubuh, seger enggak, sakit perut iya. Karena konon ada beberapa buah yang jika dibuka terlalu lama malah nggak bagus dimakan, misal apel. Rasanya sayang ya beli buah mahal cuma direndem aja, kalau makan sama buahnya komplit kita dapet, serat iya, vitamin iya, nutrisnya juga lengkap. Kalau direndem, buahnya kebuang, yang terserap hanya beberapa persennya saja, rugi bangeeet….

Nah, dari beberapa penjelasan di atas mungkin kita bisa lebih teliti lagi dalam mengkonsumsi air, karena semakin berkembang jaman dan tekhnologi orang malah memunculkan variant air yang aneh, mahal iya, tapi manfaatnya belum tentu sebaik air mineral yang langsung diolah dari sumber mata airnya. Allah sudah memberi tugas tubuh sesuai fungsinya, apa jadinya dengan berkembangnya tekhnologi, tubuh malah diberikan air yang aneh-aneh. Maka, konsumsilah air yang sewajarnya ya gengs..






26 comments

Air memang sangat dibutuhkan oleh kita dan ternyata luar biasa manfaatnya untuk tubuh manusia.

Reply

Mba mandaaaaa, iihhh aku suka baca tulisanmu yg ini. Membuatku yg sedang galau antara memilih mau ganti air galon yg ph tinggi, tp mehong, ato ttp pake air galon yg biasa :D. Stlh baca ini, oke fix, ga ush ganti hahahahah.. Percuma ya berarti.. Ph tinggi toh ga keserap semua. Kalo air sulingan itu, aku drdulu mah ga mau mba. Nth kenapa ttp ga percaya itu airnya bisa bersih bnran wkwkwkw..

Reply

Sudah lama pakai air galon dan memang disarankan minum sebanyak 2 liter perhari untuk membantu proses penurunan berat badan. :D Hehehehe .... Kalau air kran direbus, menurutku rasanya kaya aneh. Kaya ada rasa-rasa obat gitu. Tapi, apa mungkin tergantung daerahnya, ya?

Reply

beruntung kita bisa dapat ilmu banyak ya, termasuk urusan air bahkan sumbernya bukan hanya sumur hihih,noleh ke fika

Reply

Tulisannya kmplit, gak nyesel bacanya. Btw, klw paragrafnya pendek2 aja bakal makin enak bacanya. Btw thanks yah atas artikel ini..

Reply

Kalau ingat pentingnya air bagi tubuh, langsung deh minum air sebanyak-banyaknya. Tapi, seringnya saya lupa. Hehehe

Reply

Air sulingan itu yg mana sih maksudnya? Kalau air yg dari Pyur It itu gimana? *ini beneran nanya loh, bukan ngetes hahaha*

Reply

Saya pun gitu, biasa ngukur sudah cukup minumnya apa belum lewat warna air seni. kalau sudah kelihatan kuning pekat mesti rajin-rajin minum air putih lebih banyak. Makasih sharingnya mbak :)

Reply

Saya juga minum air itu sbnnrya buat diet dan detoks, kalau pagi belum minum air minimal 1 liter berasa ada yg kurang... jadi kurang bisa ke belakang maksudnya hehehe
ini manfaat banget sharingannya, infonya banyaak.. makasi ya mak.

Reply

penting banget info semacam ini, dewasa muda butuh 70% air. Saya udah dewasa tetapi tetap muda berarti harus banyak minum air ya

Reply

Wah, baru tau kalau PH tinggi yang diserap tubuh cuma 7.3. Padahal aku sering beli air minum kemasan PH 8. wahhh, nyindir nih Aqua, hahaha.

Reply

Uwaah kalo aku biasanya air sulingan tak pakai buat bikin DIY skincare..

Reply

air minum memang penting mba, aku mulai memilih konsumsi air yang baik semenjak medical check saya hasilnya kurang memuaskan dan harus minum banyak air putih.

Reply

Iyah Alhamdulillah yah mba, war byasah bngt manfaat air itu 😬😬

Reply

Iya... Tinggalin ajah, pilih aja air yg bener2 bisa bermanfaat utk tubuh

Reply

Ditempatku enggak sih mbak hehehe... iya mungkin tergantung daerah kali ya

Reply

Alhamdulillah banget, petualangan yang nggak bisa saya lupain :)

Reply

Ya maklum kaka, saya hobbynya ngarang bebas hiihihihi

Reply

Jadi bagaimana kita harus mengingatkan hehe...

Reply

wkwk.. ya semacam itulah :p

Reply

Iya mami Ivone, sama2 ya :) senang bisa berbagi

Reply

Sama2 bu senang berbagi :)

Reply

wkwkwk... okelah pak saya nyerah

Reply

Bagaimana nyindir? Emang siapa yg nyindir, itu doktr yang nyindir dirimu :p

Reply

Alhamdulillah untungnya sadar ya mba :)

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...