Menu

Tuesday, 24 January 2017

/

Setiap daerah pasti punya tempat kumpul favorit yang bisa didatangi oleh seluruh warganya, ibarat Jakarta, monas atau bundaran HI atau Senayan adalah lokasi favorit untuk sekedar kumpul-kumpul pada pagi hari atau sekedar untuk berolahraga, bahkan diwaktu-wkatu tertentu suka diadakan berbagai macam event kan? Kalau di Ambon ada sebuah lapangan besar yang jadi tempat favorit masyarakat Ambon setiap minggu pagi. Namanya Lapangan Merdeka, tapi kalau dalam lafas orang-orang sini suka disebut lapangan Mardika. Whatever sama ajalah hee…

Di lapangan merdeka ini kalau pas sepi, kamu bisa foto di tulisan AMBON MANISE segede gaban. Kalau lagi rame jangan harap bisa dapat tulisan Ambon manise dengan keren yang ada dikerumunin orang-orang yang lagi nongkrong disana, atau terusik dengan orang yang lalu lalang. Lapangan merdeka biasanya juga suka dipakai orang-orang untuk acara-acara besar, misalnya waktu kemaren untuk pembukaan MTQ, festival-festival ataupun acara-acara resmi misalnya upacara 17 agustusan. Bisa dikatakan lapangan merdeka adalah pusat yang bisa mempertemukan orang-orang Ambon dari seluruh pelosok. Karena pusatnya di tengah kota, sudah pasti lapangan ini gampang aksesnya. Dilewati jalur angkot, dekat dengan banyak rumah makan, dan pastinya dekat dengan banyak hotel.
Tulisan Ambon Manise Segede gajah :D
Di setiap pagi, Lapangan Merdeka kota Ambon suka diisi orang-orang yang senam jama’ah, maksudnya senamnya rame-rame, ada instrukturnya ada musiknya. Yang seru musiknya, musik hiphop atau pop lagu-lagu Ambon hehe, Malukunya kerasa banget deh kalau pagi. Di antara orang-orang yang senam aerobik, ada pula yang sibuk jogging, ada pula yang sibuk main bola. Yang sibuk pacaran juga ada, yang sekedar foto-foto juga banyak. Yang numpang jajan ada juga, ya karena kalau pagi disini juga rame tukang jualan. Dari tukang bubur naik haji, sampai tukang nasi kuning. Kalau Naqib kesini pasti nyempetin untuk main mobil yang ber-aki, tau kan mobil yang diisi aki terus dijalaninnya pakai remote control itu? 

Ini mobil ama orangnya kok gedean orangnya wkwk
Ornamen-ornamen yang terdapat di Lapangan merdeka ini juga menggambarkan kebudayaan Maluku dan ukiran khas Maluku, di salah satu pilar terdapat pahatan yang menyita perhatian saya. Kalau orang ngeh, dipahatan itu terdapat beberapa tarian Maluku yang saya nggak ngerti nama tariannya apa, dan tarian yang saya hapal banget yaitu tarian bambu gila.

Ini pilar yang menyita perhatian saya
Lapangan merdeka diambil dari atas gong perdamaian

Kerennya lapangan merdeka buat para traveler, tempat ini dekat dengan tempat wisata lain. Untuk arah lokasi ini saya maaf nih, soalnya saya nggak hafal arah mata angin jadi patokannya hanya tulisan Ambon manise aja yah hehe..
Pada bagian depan arah pintu masuk lapangan merdeka bersebrangan dengan Monumen Gong Perdamaian
Gong ini sebagai pertanda bahwa Ambon sudah damai pasca kerusuhan. Iya, ini simbol perdamaian. Bahwa jangan ada lagi pertengkaran di antara kita, jailah. Gong perdamaian ini juga tersebar di seluruh dunia. Jadi setelah foto-foto di lapangan merdeka tinggal nyebrang deh.


Di sebuah tempat terpisah, tapi masih satu area dengan lapangan merdeka tepatnya di belakang tulisan Ambon Manise terdapat Tugu Pattimura
Kenal Kapiten Pattimura? Salah satu pejuang dari tanah Maluku yang ikut memperjuangkan tanah air dari jajahan Belanda. Nah monument perjuangannya ada di area ini. di bagian bawah patung ini ada diorama pahatan tentang perjuangan Kapiten Patimura mengusir Belanda. Di area tugu ini juga terdapat taman terbuka hijau dan lapangan basket. Asri dan teduh tamannya bisa buat sekedar nongkrong atau foto-foto.


Bersebrangan dengan pintu masuk Gor terdapat Kantor Gubernur Maluku
Ya kantor bapak Gubernur Maluku ada di area lapangan merdeka ini. Bisa jadi sambil kerja bapak Gubernur ngawasin masyarakatnya wkwk..



Bersebrangan dengan Tulisan Ambon Manise terdapat Gedung Balai Kota
Bangunan Balai kota ini, sepertinya peninggalan kolonial Belanda. Kerenlah kalau dibuat latar foto. Terdapat petunjuk waktu dibagian atasnya yang kalau setiap jam berbunyi, dong…dong…dong

Tepat bersebelahan dengan Gong Perdamaian terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda, bernama Benteng Victoria.
Benteng ini sebenernya peninggalan Portugis, cuma diambil alih oleh Belanda. Setelah kemerdekaan kemudian bentengnya dijadikan markas dan perumahan TNI. Masih ada sih Bentengnya cuma nyampur ama perumahan gitu kayak datang ke lokasi wisata tapi izin masuknya berlapis-lapis gimana sih, nanti deh aku ceritain di postingan yang lain yah hihihi




Lapangan merdeka juga selalu ramai event, setiap hari selalu ada saja yang ngadain acara disini. Bisa jadi lapagan merdeka juga merupakan landmark kota Ambon karena lokasinya yang strategis dan dekat kemana saja. Jadi kapan kamu mau ke Ambon?
16 comments

Memang asyik lari pagi di lapangan luas. Saya biasa melakukannya kalau gak di Sabtu pagi, ya di Minggu pagi.
Dan, di Sukabumi juga ada lapang merdeka, nama lengkapnya Taman Kota Lapang Merdeka...

Salam dari saya di Sukabumi

Reply

sik asikk lari pagi sama jagoan yaa mbaak. . :D tubuh sehat hatipun senang :) salam kenaal mbaaak :)

Reply

sepertinya enak tuh naik mobil merahnya.... hehehe
keren tempatnya..

Reply

KOta AMbon memang paleng bikin kangen paskali eee :p

Reply

Naqib ganteng amat :D Kalau lihat foto-fotonya, saya mah kalau ke sana bakalan lupa tujuan lari pagi deh, tapi pepotoan aja, haha... Cakep2 banget lokasinya.

Reply

Terimakasih pak sudah mampir,😂👍
Kangen pengen ke Sukabumi lagi..

Reply

Salam kenal kembali mba ^^, terimakasih sdh mampir

Reply

Hooh bersih dan rapi nih 😂👍

Reply

Iyo ee kk.. Biking rindu tooo 😘😘

Reply

Ah tante bisa aja dah mujinya hahah 😅
Saya juga nihh, yg lari mah suami saya kali ya, saya selpih2 aja 😀😀

Reply

Wah jadi pengen ke Maluku Ambon. Pengen juga lari pagi di lapangan merdeka plus ngelihat monument-monumennya. Doain suatu hari nanti aku bisa kesana ya mbak :D

Reply

Sepertinya seru ya mbak, salam kenal

Reply

Iya mudah2an besok bsa kesini 😍😍

Reply

Mau lah ke Ambon. Tapi, suka tergoda pengen beli tiket ke Bangkok daripada ke Ambon wkwkkkwwk. Masih ngarep bisa gratisan buat keliling Indonesia. Saya mah pemimpi kelas akut, jadi apa-apa dimimpiin dulu. Insya Allah nanti dapet jalannya :)

Reply

Iya mba nggak apa2 semuanya kudu dimimpiin emang. Klo ga mimpi gmn bsa jd kenyataan wkwk

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...