Menu

Friday, 20 May 2016

/


Jaga hutan kita

Masuk ke sini berasa masuk ke kebun raya Bogor versi sangat mini. Di taman eko rimba Kuala Lumpur ini kita bisa melihat berbagai macam spesies tanaman di asia, tanaman itu dibudidayakan disini. Saya mah nggak ngerti yah jenis-jenis pohon yang dibudidayakan itu kayak apa *kayaknya kalau ngajak bapak dan suami saya bakalan nyambung ke sini :D*, tanaman-tanaman itu punya tempat khusus di sisi kanan dan kiri ketika kita ingin naik ke Canopy bridge


Petunjuk arah jika kita main ke lokasi ini


Itu cuma replikanya aja :D yang asli ada di Kebun Raya Bogor

Kalau nggak salah disini juga menyediakan bukit perkemahan gitu

Longsor kali ya maksudnya :)

Nah disini, ada contoh jenis tanaman-tanaman asia

Kalau rumah bukis dimana?
Di taman eko rimba ini juga ada canopy bridge. Ketika berada disini saya jadi inget kampung halaman ibu saya di Balikpapan. Di bukit Soeharto KM.38 Balikpapan juga ada canopy bridge, cuma kalau yang di bukit Soeharto itu menghubungkan antar pohon, dan canopy disana pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di Dunia. Nah kalau disini, canopynya dihubungkan antar bangunan, nggak seberapa horror saya bilang, masih horror yang di Balikpapan. Kalau disini saya masih bisa ngeliat jelas bentuk tanah, nah kalau yang di Balikpapan, begitu naik di puncak, sepanjang mata memandang yang saya lihat cuma hutan-hutan dan hutan, tanahnya nggak begitu keliatan jelas. Buat orang yang takut ketinggian sebaiknya jangan naik ke sini, kalau nggak mau dengkulnya lemes  yah..
Canopy Walk
Selesai naik jembatan kita turun dan mbak Vira kepingin pipis. Jadilah kita masuk ke dalam kantor konservasi yang mengelola taman tersebut. Mereka adalah orang-orang kehutanan Malaysia :D jiaaah jauh-jauh ke Malaysia ketemu lagi sama orang-orang kehutanan.
Di dalam gedung ini banyak banget pesan-pesan agar kita selalu menjaga hutan dari kerusakan *kayaknya dimana-mana pesan moralnya sama dah ya*, belajar jenis-jenis tumbuhan. Ada juga edukasi-edukasi dalam bentuk gambar tentang tanaman-tanaman yang dijaga dan dilestarikan
Ayo lestarikan hutan
Di salah satu pojok ruangan terdapat mini teater, kita disuruh duduk dan disuruh ngeliat perkembangan hutan di Malaysia juga promosi tentang kawasan taman eko rimba ini. Nih videonya sudah saya rekam di bawah, kalau videonya nggak jelas hayu atuh lihatnya di Youtube ajah


Sebelum pulang foto-foto narsis dulu dengan pegawai kehutanannya, *saya loh bisa foto tiap hari juga sama pegawai kehutanan wkwk*, selepasnya kita capcus menuju bukit bintang.



Bagaimana cara menuju ke sini?
Kalau kamu naik GOKL yang gratisan itu, bisa turun di halte KL Tower dengan nomer halte rc5, tapi nggak usah kawatir, di bis ini otomatis kok ngasih tau kita sudah dimana. Insya Allah nggak bakalan kelewat. Nah dari situ jalan kaki menuju taman eko rimba, letaknya sebelum halte, agak jauh, 100Meteran ada kali ya.

Biaya masuk?
Gratis

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...