Thursday 8 July 2021

Mandiri Belajar Dengan Ruang Belajar

 



 

Pandemi mengharuskan kita untuk terus dirumah aja nih bund, anak-anak masih harus terus bersabar dengar omelan-omelan ibunya hehe.. mungkin ada beberapa diantara anak yang ibunya bekerja dan nggak sempat ngajarin mereka, besar kemungkinan ibu pekerja takut anaknya tidak bisa menerima pelajaran dengan maksimal. Karena yang mengajarkan belum tentu bisa kan dan belum tentu sabar juga, makannya salah satu kekhawatiran ibu pekerja adalah, apakah anak saya yang dirumah bisa menyerap pelajaran selama pandemi ini?

Jangankan ibu pekerja, saya yang full time dirumah aja kadang masih suka worry, apakah Naqib bisa menyerap apa yang saya ajarkan? Jangan-jangan dia ngertinya hanya terpaksa lagi, bilang “Iya..iya aku ngerti” padahal nggak ngerti huhu.. Rasanya sebagai ibu, ingin mengkursuskan saja si anak, jadi misalpun nggak ngerti-ngerti banget pelajaran yang ibunya ajarkan bisa ditanya waktu kursus

Beruntung ada aplikasi RuangBelajar dari Ruang Guru, disini anak bisa belajar mandiri tanpa harus ditemani. Pelajaran bisa didengarkan melalui video beranimasi dan ada latihan soalnya. ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti bank soal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan anak sudah paham betul materi yang dipelajari! Animasinya pun lucu-lucu dan mudah dimengerti anak, ibu-ibu bisa lihat contoh animasi lucunya pada gambar dibawah, sangat mudah difahami anak kan? Btw, Naqib sudah coba loh trial animasi belajar online termurah ini, dan dia suka banget, katanya “Gampang banget bu, Naqib suka, jadi faham ngerjain soal”. Ketika menjawab soal-soalnya pun tidak perlu bertanya lagi, karena sudah dijelaskan dengan sangat detail pada saat penjabaran cerita. Jadi anak diajak untuk larut dalam cerita beranimasi, padahal sebetulnya itulah materi yang diajarkan. Ini khusus untuk anak SD ya, mungkin untuk anak SMP dan SMA akan beda lagi animasinya. Animasi menyesuaikan kelas ya bund.

 

gemes animasinya lucu banget

PJJ bukan penghalang

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah kendala yang dihadapi semua murid pada saat ini. Seringkali materi yang diberikan guru sulit dimengerti, belum lagi orangtua yang belum tentu faham dengan kurikulum sekarang. Sebagai orangtua, saya merasakan betapa aplikasi Ruang Belajar ini membantu untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran. Karena anak lebih mudah mengerti pelajaran yang diberikan, emak jadi nggak gampang marah-marah saat anak nggak ngerti, karena soal yang tidak dimengerti bisa dicari di RuangBelajar, dan anak bisa menonton videonya berulang-ulang. Kalau kayak gini, bikin hubungan orangtua dan anak makin dekat nggak sih? Iya dong, pastinya. Nggak hanya anak, orangtua jadi ikutan belajar.

perkembangan anak bisa dipantau


Keunggulan lainnya, materi pembelajaran bisa didownload dan diakses secara offline, jadi misalnya mengharuskan keluarga untuk keluar rumah dan menginap di suatu tempat yang akses internetnya terbatas, anak masih bisa tetap belajar, karena meteri kan sudah diunduh, jadi tetap bisa dikerjakan secara offline, asyik kan, dan hemat kuota pastinya. Oh ya, nggak hanya itu, rangkuman pembelajaran dirangkum dengan infografis, membuat materi semakin mudah difahami dan dihapal. Biasanya nih, kalau anak-anak mudah memahami materi, pasti nilai-nilai langsung naik kan bun? Iya, sebagaimana kita kecil dulu, kalau materi mudah difahami, kita pasti akan senang belajar. Nah, dengan bantuan Ruang Belajar, Insya Allah nilai anak-anak bisa lebih baik nih setelah 3 bulan belajar intensif. Jika anak-anak merasa bosan belajar menggunakan handphone, aplikasi Ruang Belajar bisa didownload di laptop/komputer. Support banget untuk windows dan mac. Yeaay..

 


Harga yang relatif terjangkau

Untuk harga, sangat terjangkau kok, bahkan lebih murah karena anak selama pembelajaran kan dirumah saja, lebih hemat nggak perlu mengeluarkan ongkos untuk naik angkot atau jajan diluar hehe… jadi gimana nih bund, pasti pengen dong belajar dengan aplikasi Ruang belajar?

 

Post a Comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)