Menu

Wednesday, 26 April 2017

Lamafa, Kearifan Lokal Dari Timur Indonesia

/ / 8 Comments
sumber gambar : okezone
Pernah dengar kata Lamafa? Sama saya juga baru tau dari sebuah cerita di Ceritera.net. Karena penasaran banget apa itu Lamafa akhirnya saya googling dan mencari tau sedetil-detilnya. Jadi di Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah pulau bernama Lembata, di bagian selatannya terdapat daerah bernama Lamalera, Lamalera ini adalah sebuah daerah di pesisir pantai. Di hadapannya terbentang laut sawu yang luas dan indah. Sudah sejak dulu, masyarakat Lamalera mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Dan ada satu tradisi yang sudah menjadi kebiasaan turun menurun masyarakat Lamafa ini yang bakalan bikin kita bilang “Woow!” apa itu adatnya? Ialah berburu paus. *melotot kan?*

Monday, 24 April 2017

Melirik Kediaman Kapiten Pattimura di Haria

/ / 10 Comments

Saya baru tau loh, kalau Thomas Matulessy atau Kapiten pattimura lahir dan tinggal di Saparua, sebuah kepulauan kecil tak jauh dari Ambon, dan masuk dalam wilayah administratif Maluku Tengah. Tapi ini kemudian menjadi perdebatan, Pattimura ini sebenernya lahir di Seram apa Saparua. Kalau kamu lihat di peta antara Seram dan Saparua itu jauh lokasinya, lah ya kok bisa-bisanya beda pendapat ya, kadang disini saya merasa bingung.

Sunday, 23 April 2017

Yakin, Mie Korea Arirang Halal?

/ / 88 Comments

Sebutin apa yang membuat kamu tertarik pada Korea? Film? Budaya? Negrinya? Ah kalau saya sih tertarik sama kulinernya? Secara kalau Film, bisa download, budaya tinggal googling lihat-lihat keindahan negrinya, nah yang paling nggak bisa dirasakan langsung ya makanannya.

Saturday, 22 April 2017

Menikmati Indahnya Pantai Teluk Saparua

/ / 24 Comments



Jika kamu berkunjung ke Ambon, jangan lupa untuk menyebrang ke Saparua, sebuah pulau kecil yang terletak tak jauh dari pulau Ambon. Saparua masih masuk dalam wilayah Maluku, tapi secara administratif Saparua masuk dalam wilayah Maluku Tengah. Ada banyak wisata pantai yang memanjakan mata, salah satunya adalah pantai teluk Saparua.

Merekam Jejak Perjuangan Pattimura di Pattimura Park

/ / 16 Comments

Di tengah kota Ambon, tepatnya dibelakang lapangan merdeka *kalau belum tau lapangan Merdeka, bisa dibaca disini* terdapat sebuah patung yang berdiri kokoh dengan mata menyala, garis muka keras, dan mulutnya yang seolah ingin berteriak “Seraaaaaang!” Ya, dialah tokoh pahlawan nasional kita Kapiten Pattimura atau yang bisa dikenal dengan Thomas Matulessy.
Patung ini dibuat dengan gaya seolah ingin menyerang kolonial Belanda, dengan parang ditangan kanan dan salawaku di tangan kiri, *salawaku adalah tameng/perisai khas Maluku*. Dua benda ini adalah simbol kemerdekaan rakyat Maluku, dan dua benda ini selalu bersama, coba perhatikan tarian Cakalele. Pasti ada parang dan salawaku di kedua tangan penari.
Pattimura park atau taman Pattimura didirikan sekitar tahun 1998, patung ini dibangun untuk menggantikan patung Pattimura yang kemudian diletakkan di museum Siwalima *ini menurut ceita*, tapi kalau saya bilang lebih kelihatan hidup yang di Siwalima.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...