Saturday 24 September 2016

Manfaat Baby Oil Untuk Bayi


Sebagai Mahmud *mamah muda* kita pasti banyak belajar dalam merawat anak. Apalagi anak –pertama,  pastinya banyak banget yang nasehatin kita, harus A, B, C, D. Dan kita sebagai orangtua baru hanya bisa menerapkan nasehat yang didengar. Pokoknya anak pertama itu percobaan deh hehe.., apa yang didengar selama itu baik pasti deh langsung dipraktekkan ke anak.
 Nah ngomong-ngomong soal perawatan bayi yang lain nih bunda, saya punya tips yang wajib bunda simpen. Apa tuh? Jika ada bayi atau anak kecil dirumah, kita wajib memiliki Baby Oil, loh karena Baby Oil ini manfaatnya banyak banget untuk bayi kita diantaranya,


Untuk membersihkan kerak pada kepala
Bayi yang baru lahir akan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, hal ini akan menimbulkan banyak perubahan dalam tubuhnya termasuk pada bagian kepala. Kepala bayi bisa saja menjadi kering karena faktor cuaca. Jika bayi mulai memiliki kerak di kepala, jangan dibiarkan. Karena akan menimbulkan gatal pada kepala bayi, dan bayi pasti iseng menggaruknya. Aduh, ini sih bisa menyebabkan iritasi karena kuku-kuku bayi yang panjang akan pelan-pelan merobek lapisan kulitnya yang lembut. Makannya nggak jarang ada bayi yang kulit kepalanya kering disertai dengan darah kering kan? Cara yang paling efektif adalah membersihkannya dengan Baby Oil, caranya usapkan Baby Oil pada kapas usap-usap dengan lembut pada kepala bayi sampai keraknya hilang.

Untuk membersihkan telinga bayi
Karena bayi mulai menjalani kehidupan normal, maka akan banyak kotoran ditelinganya. Debu atau udara yang menempel akan membuat kotoran pada daun telinga. Bunda, jangan membersihkannya dengan korek kuping berbalur air ya, karena air akan membuat kapas menjadi kasar dan jika diusapkan pada daun telinga akan menyebabkan iritasi. Hal yang paling baik adalah dengan menggunakan Baby Oil. Karena zat minyak yang terdapat dalam kandungan Baby Oil selain lembut dan melembapkan dapat mengangkat dengan cepat kotoran yang menempel pada kuping

Sebagai campuran pada bak untuk mandi
Adaptasi bayi pada udara luar dapat menyebabkan kulitnya menjadi kering. Bunda bisa mencampurkan Baby oil pada bak mandinya untuk menjaga kelembapan kulit bayi. Selain itu wanginya yang lembut dapat membuat bayi menjadi relaks.

Untuk melembapkan kulitnya
Jika tadi baby oil di tuangkan pada bak mandinya, sekarang cara untuk melembapkan kulit bayi selanjutnya adalah dengan mengusapkan Baby oil pada seluruh tubuhnya. Usapkan dengan lembut sehabis mandi atau sebelum tidur. Kulit bayi yang kering dapat menyebabkan iritasi, makannya sebelum hal ini terjadi, usapkan baby oil setiap hari ya Bunda.



Yuk, tambah berat badan bayi dengan pijatan lembut
Manfaat baby oil selanjutnya adalah untuk memijat. Pijatan yang lembut dapat membantu menambah berat badan bayi, memijat juga dipercaya dapat menambah nafsu makan pada anak. Lakukan pemijatan pada lipatan-lipatan tangan, dan seluruh tubuh. Selain itu memjiat adalah cara komunikasi paling efektif antara ibu dan anak. Gunakan saat-saat senggang untuk berkomunikasi melalui pijatan, ajarkan banyak nyanyian pada anak saat anda memjiat. Salah satu faktor keberhasilan anak dalam berbicara cepat adalah ketika ibunya aktif mengajaknya berbicara. Dan jadikan momen memjiat ini untuk berkomunikasi dengan bayi bunda. Pijat bayi dapat menjadi pengalaman yang menenangkan dan dapat mempererat ikatan antara Anda dan bayi Anda. 


Dan itulah tadi manfaat baby oil untuk bayi-bayi kita. Selamat mencoba dirumah bunda 

12 comments :

  1. Eh buat dicampur ke bak bisa ya mba? Boleh tuh dicoba

    ReplyDelete
  2. Eh, baby oil juga bisa untuk orang dewasa lho. Aku suka pakai baby oil ini untuk melembutkan siku dan lutut.

    ReplyDelete
  3. Makasih,Mak... Itu toh kegunaannya.. Belajar jadi emak deh

    ReplyDelete
  4. Ternyata macam-macam jg ya manfaatnya. Baru tahu saya, maklum belum punya momongan. Kirain baby oil cuma biar bayi wanginya harum aja hehehe

    ReplyDelete
  5. Untuk wajah bayi yg mengalami bruntusan bisa gk mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau ya, klo bruntusan aku sih pake baby cream bukan baby oil

      Delete
  6. Di campur sama minyak telon trus di olesin ke tubuh bayi bisa gk ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh campur2 malah ga bagus mending salah satunya aja kak

      Delete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)