Menu

Sunday, 8 January 2017

/


Ceritanya kamu sudah keliling Ambon, terus belum beli oleh-oleh? Itu tuh kayak makan sayur nggak pake bumbu, hambar cyyyn :p, jadi wajib beli oleh-oleh? Ya wajiblah, minimal nggak buat orang ya buat diri sendiri *catat, kalau kamu nggak bawa duit banyak*.

Saya, misalnya datang ke suatu tempat yang belum saya kunjungi saya bakalan cari pernak-pernik yang nggak ada di tempat saya tinggal, misalnya kerajinan tangan, makanan khas daerah, kaos-kaos yang ada tulisan nama daerahnya kalau nggak sempet banget beli gantungan kunci dah yang ada tulisan nama daerahnya. Waktu saya datang ke Aceh yang saya incer adalah batiknya, kamu tau kan batik khas Indonesia banyak banget ragamnya? Batik Aceh ini keren banget, ada corak pintu Acehnya, ini yang nggak ditemuin di batik pada daerah lain. Lalu, kenapa belinya di Aceh walaupun di Jakarta juga ada. Gini, saya nggak bakal dapat sensasi belanja, walaupun ya.. walaupun misalnya di mangga 2 Jakarta sana ada juga yang jualan batik khas Aceh, ya beda kali itu mah batik Aceh rasa Jakarta. Udah beda feelnya pas beli. Lagian beli di daerah sendiri macamnya pasti banyak dan harganya nggak akan semahal jika di kirim ke daerah lain.

Baca juga : Beli ikan Asar juga dong buat oleh-oleh dari Ambon

Santho's Jewellery nampak depan

Nah, kalau kamu datang ke Ambon, sempetin beli oleh-oleh meskipun udah capek jalan keliling kota, ya masak sih udah jauh-jauh ke Maluku, tiketnya nggak murah loh, nggak beli oleh-oleh juga, beli oleh-oleh selain nyenengin orang, juga menandakan kamu pernah kemari.
Ada banyak toko oleh-oleh di Ambon sini, rata-rata isinya sama, makanan khas Maluku, kaos dengan tulisan-tulisan lucu khas Ambon, besi putih, mutiara, dan lainnya. Hanya saja yang membedakan biasanya kelengkapan isinya.

Ada kerajinan tangan, topi-topi dan sandal

Besi putih

Kaos-kaos khas Maluku

Mutiara dengan harga selangit
Di Santho’s Jewellery ini saya nilai cukup lengkap, tokonya rapi, luas bersih dan nyaman untuk didatangin. Saya melihat ada kerajinan tangan yang terbuat dari cengkeh berbentuk rumah, kapal, dll, kaos-kaos serta topi yang bertuliskan Ambon serta joke-joke khas Ambon, kain/batik khas Maluku, makanan khas Maluku kayak bagea, kenari, sagu, rempah-rempah, besi putih serta mutiara air tawar dan asin. Oh ya, gantungan kunci di Santho’s ini nggak saya temuin di toko lain, kayaknya mereka bikin produknya sendiri deh, bagus-bagus meskipun cuma sekedar tulisan dan terbuat dari karet

Aku naksiiiir gantungan kuncinya, ini harganya sekitar 16ribuan

Kain-kain khas Maluku

Lihat harga perbutirnya berapa meeen...
Yang keren di toko santho’s selain bersih rata-rata barangnya ada di dalam etalase, dan sedikit saja yang dipajang diluar, itu artinya barang disini bersih dan nggak berdebu. Lokasinya pun strategis, di tengah kota dan dipinggir jalan. Kalau susah nyarinya, tanya aja gereja hok im tong, gereja ini dikhusukan untuk orang China keturunan yang beragama nasrani *iya loh gereja mereka khusus*, selain itu Santho’s Jewellery juga dilewati jalur angkot. Kalau kamu malas naik angkot bisa kok naik becak atau ojek. Jadi masih malas beli oleh-oleh?  Nanti pas pulang kamu diamuk masa loh hehe.. beli gih kalau nggak mau dibilang “Pelit bin medit”

Santho’s Jewellery
Jalan Anthony rhebok

Samping gereja hok im tong
20 comments

Aku menyerahhhh baca label harga mutiaranyaaa :'))
Kalau daku, sudah jelas jalan-jalan oleh2 wajib yang biasanya pasti kubeli adalah... Gantungan kunci. Murah, hemat tempat, dan semuanya kebagian.
Tapi kalau lagi tajir boleh deh kaos satu-satu. Hihi

Reply

harganya piro mba?mahil2 apa mirah2?hahaha..klo nyang mutiara pan mahil :p pengen kainnya lucu2

Reply

Aih, beta malah belum pernah ka sini, mba. Tapi beli besi putih memang paling oke di Ambon

Reply

Kainnya cantik-cantik warnanya Mba.
Duuh, itu mutiaranya berapaan ya sebutir?

Reply

Wah.. harga mutiaranya bisa buat ongkos jalan

Reply

Naksir sama kainnya, warnanya unyu-unyu deh. Sama mutiaranya juga naksir, tapi aduuuh mahal pisan. Rasanya pengen nyuruh duyung nangis aja haha :D

Reply

dulu pamanku pernah tugas diambon..yang pernah dibawain itu..bros yang dari kulit mutiara... bagus banget...

Reply

wah asyik ya mbak jalan2nya ke ambon ,,, gantungan kuncinya cakep2

Reply

Pernak perniknya cantik. Maluku sama Papua keren2 aksesorisnya. ^_^

Reply

Bener,tp kadang orang suka bete dikasih ganci. "Kok cuma ganci sih?" rasanya pengen gigitin dia hahah

Reply

Semuanya nggak ada yang murah namanya juga produk asli wahahahah.. Yg murah cuma ganci dan makanannya aja

Reply

Iyo, ini toko baru kaka..

Reply

400-500rb sebutir wahahahha

Reply

Hahaha.. Bener, bisa buat makan sebulan

Reply

Trus klo duyung nangis keluar mutiara gtu yak, sinetron abiiiiis wkwkk

Reply

Iya aku jg punya itu.. Bagus emang mba

Reply

Saya kan emang tinggal di Ambob mba heee

Reply

Seluruh Indonesia cantik2 kok mba produk lokalnya ga cuma Maluku sama papua ajah. 😀😀

Reply

Akan selalu ada orang kaya gitu XD

Reply

Hahah.. Iya bener bngt :D

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...