Tuesday, 4 January 2022

10 Musibah yang dapat terjadi dirumah





 

Mungkin banyak bapak-bapak yang berfikir kalau istri-istri mereka dirumah itu lebih aman dan terhindar dari marabahaya, karena marabahaya terbesar adalah ketika orang berada di luar rumah, seperti misalnya ketabrak, jatoh dari kendaraan, kecopetan dll. Iya sih, kita di dalam rumah memang aman, tapi jangan salah loh, yang namanya musibah itu nggak pandang tempat, mau diluar atau didalam rumah, jika takdir sudah terjadi, maka musibah pun bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, enggak di dalam rumah maupun diluar rumah. Berikut beberapa musibah yang bisa saja terjadi di dalam rumah, dan bapak-bapak perlu sekali merubah mindsetnya, bahwa ibu-ibu yang berada di dalam rumah pun bisa terancam sewaktu-waktu.



 

1. Terpeleset

Receh banget ya kedengerannya, tapi siapa sangka terpeleset bisa menimbulkan cedera yang cukup serius kalau jatohnya makbuk.. Eh gimana sih menggambarkannya ya wkwk.. Maksudnya jatuhnya terpelanting, sampai menyebabkan kepala terbentur. Ini berbahaya banget kan, korban bisa geger otak, pingsan bahkan meninggal karena kepala belakang yang terbentur keras. Penyebabnya bisa karena terpleset mainan, plastik yang berceceran di lantai, genangan air dll, teman saya pernah terpelanting hanya gara-gara menginjak lap pel basah, lah saya loh, pernah jatuh karena menginjak tutup plastik yang tergeletak dibawah. Itu kan licin banget, alhasil saya terpleset. Lumayan sakit sih kaki, untung ada pegangan saat itu. Oh ya, selain kepala belakang, tulang ekor itu juga berbahaya jika terbentur terlalu keras (misalnya kita jatuh dalam keadaan terduduk gitu ya) katanya sih bisa menyebabkan cacat fisik.

 

2. Keracunan

Keracunan disini bukan berarti sengaja menegak cairan berbahaya loh (kan bukan bunuh diri niatnya wkwk), keracunan bisa disebabkan karena kebocoran gas, penggunaan bahan kimia berlebih atau salah makan. Misal habis pesen makanan online, terus yang masak (nggak sengaja) pakai bahan makanan yang nggak dicuci dulu, atau bersentuhan panas dengan bahan kimia, hingga mencemari makanan. Bahayanya jika si istri tinggal sendirian, terus keracunan, pingsan siapa yang mau nolongin? Ketika orang keracunan ditempat umum masih banyak yang bisa nolongin, nah kalau dirumah sendirian, aduh.. Kok serem membayangkannya ya netijen. Tetangga saya loh pernah masuk rumah sakit gara-gara terhirup bahan kimia waktu membersihkan kamar mandi. Bahan kimia yang terhirup bikin dia muntah-muntah dan akhirnya terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Nah saya juga pernah nih keracunan makanan, jadi ceritanya waktu itu lagi hamil, pesen soto, nggak ngerti sotonya pakai bahan apa, saya muntah-muntah seharian, sampai tenggorokan rasanya asam banget. Trauma banget sih waktu itu, seketika jadi stress mikirin janin yang ikutan menyerap saripati makanan

 

3. Kompor meledug

Ini bukan lagu ya gaes hehe.. Tapi beneran kompor meledug yang mengeluarkan api. Pernah nggak kebayang hal seperti ini, jadi selang terjadi kebocoran, nggak disangka gas keluar dan menyebabkan percikan api. Syukur-syukur masih dilindungi, bagaimana jika api tersebut kemudian menyambar tabung gas dan meledak. Ini hal yang sangat saya takutkan sekali dirumah, mana dapur letaknya di depan sejajar pintu rumah, kalau misalnya (naudzubillah mindzalik yah), kompornya meleduk, saya mau lari gimana?. Tapi yah, mudah-mudahan kita selalu mendapat perlindunganNya ketika memasak. 

 

4. Teriris pisau, tersiram air panas, kecipratan minyak

 

Ini sering sekali terjadi pada ibu-ibu yang sedang memasak. Kalau nggak keiris pisau ya kecipratan minyak, kalau nggak ya kecipratan air panas. Pokoknya adaaaa aja musibahnya kalau sedang masak. Makannya bapak-bapak tau nggak sih kenapa ada ibu-ibu yang udah susah payah masak kemudian suaminya pulang kerja malah makan diluar, itu bikin ibu-ibu murka? Ya itu, karena proses memasak itu nggak semudah mata berkedip langsung tersedia. Bahkan kalau apes banget ya, bisa aja kecium gas beracun

 

5. Didatangi orang asing

Ini sumpah sih serem banget, kalau lagi asik beberes, tiba-tiba ada orang datang. Entah itu minta sumbangan, nawarin barang atau apa, (kan sekarang banyak banget ya modus-modus berbahaya, yang dikira baik ternyata niatnya jahat) langsung bingung kan saat itu mau bertindak bagaimana. Dijawab takut orang yang datang berbuat ekstrim, nggak dijawab takut ditandai bahwa penghuninya sedang tidak ada, terus tiba-tiba dia masuk. Serba salah banget, dan langsung ngerasa bumi seakan-akan berhenti berputar :D

Sering banget kejadian, kalau maling itu mengincar rumah-rumah yang terlihat sepi. Maling sekarang masuknya nggak harus malam, tapi dimana ada kesempatan pada jam berapa aja kalau rumahnya terlihat tidak ada aktifitas pasti dia masuk. Ngeri banget nggak sih? Bahkan sampai ada tragedi pembunuhan loh kalau malingnya sudah kepepet. Saya nggak bisa ngasih solusi nih kalau yang ini, sebabnya saya juga penakut orangnya, mending ketemu setan deh daripada manusia berhati setan. Yang jelas perbanyak doa saat dirumah, agar dihindarkan dari hal-hal yang nggak diinginkan.

 

6. Terjatuh

Lagi beres-beres lemari, naik-naik bangku, ga disangka-sangka terpeleset dan akhirnya terjatuh. Cidera pada kaki bisa berakhir biasa saja, ada pula yang akhirnya menjadi luar biasa misalnya patah tulang, memar dll. Tergantung saat jatuh posisinya bagaimana, kena tulang ekor kah, terpelantingkah, terplecok kah (eh apa sih istilahnya, kamu ngerti kan maksud saya wkwk). Semua istilah terjatuh ini sangat berbahaya untuk badan kalau tidak seimbang. Bahayanya, jika saat jatuh tidak ada yang menolong. Jangan dibayangkan..

 

7. Terkena serangan jantung

Belakangan ini sering banget kita mendapati kabar banyak orang yang terkena serangan jantung mendadak. Dan sedihnya lagi, nggak mandang tempat. Lokasi yang paling berbahaya adalah ketika di dalam rumah, nggak ada yang nolongin, anak masih kecil-kecil, rumah ketutup rapet, anak nggak ngerti cara pake hape, dia panik. Siapa yang bisa nolong? Serangan jantung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tidak pandang bulu. Makannya, perlunya suami selalu menelpon istri untuk sekedar menanyakan, “Apakah hari ini baik-baik saja?”

 

8. Bencana alam (bencana yang tidak terduga)

Siapa yang mau, ketika berada di dalam rumah terjadi sebuah bencana. Lagi asyik-asyik mandi tiba-tiba tetangga teriak, “Kebakaraaaan…kebakaraaaaan” atau lagi tidur tiba-tiba gempa bumi dan rumahnya ambrol, atau sedang melakukan sesuatu terjadi erupsi (seperti rumah-rumah yang ada lereng gunung. Ini semua bisa terjadi saat kita berada dimana saja, bapak-bapak suka kepikiran nggak, hal yang sepele semacam ini?

9. Kesetrum

Ini musibah paling mengerikan sih menurut saya. Sebab dalam rumah kita 1x24 jam dikelilingi aliran listrik, setiap hari. Kecuali kita keluar, nah lepas deh, udah nggak ada listrik lagi. Kesetrum bisa timbul karena ada kabel yang telanjang, jika terkena air, airnya jadi ada listriknya. Eh, saya pernah tuh kesetrum pas nyemplungin tangan ke mesin cuci, nggak ngerti itu kenapa, pokoknya horror banget, badan langsung lemes sak tulang-tulang. Tapi pas dicabut kabelnya dan dipasang lagi udah aman. Pernah juga nggak sengaja menyentuh kabel yang telanjang, padahal sengatannya kecil aja, tapi shocknya nggak berenti-berenti.

10. Anak-anak berulah

Nggak hanya ibu-ibu yang bisa mengalami musibah, anak-anak dengan tingkat keaktifan tinggi juga bisa membahayakan keselamatan. Misal terjatuh dari tangga, tercebur, tersedak dan ter…ter..ter lainnya, belum lagi kasus penculikan anak. Ibu tidak bisa menjaga 24 jam anak-anak mereka, karena anak-anak juga punya kebebasan sendiri ingin bebas main dengan teman-temannya. Beruntung banget misalnya punya anak yang nggak betah main keluar, seenggaknya kekhawatiran emak nggak nambah gitu ya..

 

Membaca beberapa kejadian di atas, apa yang ada dalam pikiran bapak-bapak ketika meninggalkan istrinya dirumah dengan anak-anak. Setidaknya, suami istri harus saling mendoakan ketika si bapak kerja dan si ibu berada dirumah juga berdoa untuk keselamatan suaminya diluar, karena musibah tidak memandang tempat dan waktu, ketika Allah berkata ‘KUN’ musibah yang tidak kita harapkan terjadi ya terjadi. Maka, diluar ataupun didalam sebaiknya jangan pernah berhenti untuk berzikir dan bersedekah agar Allah hindarkan kita dari banyaknya marabahaya. Jangan lupa juga untuk terus saling terhubung, agar jika ada hal-hal yang nggak diinginkan bisa segera teratasi

4 comments :

  1. semoga kita dijauhkan dari bala yang selalu tersembunyi dibalik kejadian yang disebutkan diatas mbak. aamiin

    ReplyDelete
  2. Nah, bener banget ini malah bahaya banget kalau di rumah sendiri, rawan kejadian terpeleset yang sudah memakan banyak korban hingga nyawa, lho.

    ReplyDelete
  3. Pas baca poin yg kemasukan orang asing ke rumah, aku langsung inget cerita pas duluuu masih tinggal di Aceh. Padahal tempat tinggalku dulu komplek perumahan yg dijaga banget. Yg jadi korban temennya mama. Suami lagi ke kantor, anak2nya sekolah, dia sendiri di rumah. Ternyata tukang kebunnya masuk, dan menggorok leher si ibu di kamar mandi sampai meninggal 😭. Motifnya sih perampokan. Sampe takuuut banget kami ngebiarin pintu ga dikunci sejak kejadian itu.

    Bener nda, musibah memang ga bakal tau mau DTG kapan. Tapi effort dari kita setidaknya selalu berdoa , banyakin sedekah dan zikir yaaa.

    ReplyDelete
  4. Ga bisa dipungkiri ya musibah bisa terjadi dimana aja, bahkan di rumah, tempat ternyaman kita juga bisa timbul musibah, yg penting selalu waspada aja

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)