Menu

Monday, 18 September 2017

/

Di perkembangan jaman seperti ini berfoto bukan lagi sesuatu yang asing bahkan sudah beralih menjadi kewajiban pada setiap momennya. Walaupun keberadaan smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan kamera yang canggih tetapi masih banyak orang yang tetap memilih membeli kamera. Salah satu yang masih banyak digunakan yaitkamera DSLR dengan berbagai tipe dan juga berbagai merk. Ada yang belum paham apa itu kamera jenis DSLR? Sederhananya kamera itu mempunyai kemampuan memanfaatkan mirror yang ada untuk mengarahkan pada cahaya melalui lensa menuju view finder.

DSLR merupakan kependekan dari digital single lens reflex, kalau ada yang bertanya apakah ada yang double? Tentunya ada, tetapi jenis kamera tersebut sudah hampir punah di masyarakat. Supaya lebih jelas berikut ini ada beberapa komponen yang ada pada kamera, antara lain:

  • Cermin pantul.
  • Layar focusing.
  • Lensa condenser.
  • Lensa.
  • Pentaprosma.
  • Sensor.
  • Shutter.
  • Viewfinder.

Beberapa bagian atau komponen tersebut semuanya mempunyai fungsi masing-masing dalam kamera saat digunakan. jika salah satunya tidak dapat bekerja dengan baik secara otomatis gambar yang dihasilkan juga tidak seperti yang diinginkan. Bagi Anda yang telah sering menggunakan kamera jenis ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan komponen-komponen yang ada. Sebenarnya kamera jenis DSLR dipasaran hadir dengan berbagai merk dan berbagai jenis. Kalau ada yang mengatakan DSLR merupakan jenis kamera yang mahal itu tidak benar. Mahal atau murahnya itu tinggal kemampuan, beberapa merk terkenal telah memproduksi kamera dengan spesifikasi dan harga yang telah sesuai.


Semakin kesini semakin banyak jenis kamera yang bermunculan, bahkan belakangan ini keberadaan dari sebuah kamera DSLR yang dulunya menjadi andalan sudah mulai tergantikan dengan jenis kamera mirrorless. Mungkin ada yang belum mengenal mirrorless, banyak sekali di toko online ataupun offline menawarkan jenis kamera satu ini. Berikut ini beberapa kelebihan kamera mirrorless, antara lain:

  1. Ukuran.
Seperti yang diketahui jenis DSLR memang mempunyai ukuran yang lebih besar, hal itulah yang akhirnya menjadi alasan banyak orang memilih kamera mirrorless. Ukurannya yang lebih kecil sangat praktis dibawa kemana saja dan juga dimana saja.

  1. Lebih akurat.
Kedua kamera ini mempunyai kemampuan yang lebih akurat dari gambar yang dihasilkan nantinya. Tidak seperti DSLR Anda harus mengatur dan melihat dari viewfinder terlebih dahulu baru melihat hasilnya. Dengan mirrorless Anda akan langsung dapat mengubah efek pada saat pengambilan gambar. Ini sangat mendukung cara pengambilan gambar dan mengurangi tembakan hasil yang Anda hasilkan.

  1. Fokus dan suara.
Keunggulan selanjutnya yaitu mirrorless sangat disukai bagi orang yang menggunakan fokus secara manual. Jadi sampai pada titik pixel sekalipun akan lebih fokus terlihat, selain itu juga tidak menghasilkan suara apapun saat pengambilan gambar. Jadi jika dipikir mirrorless akan lebih awet dari pada DSLR yang banyak mengeluarkan suara saat pengambilan foto.

Itulah beberapa kelebihan pada kamera mirrorless, kalau dilihat dari ukurannya memang tidak mempunyai detail atau fitur selengkap DSLR. Tetapi kalau untuk gambar yang dihasilkan itu bisa seimbang, kalau ada yang menanyakan lebih baik yang mana dari kedua kamera tersebut? Keduanya sama-sama baik dan keduanya sama mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Jadi tetap ada kunci utama yaitu kebutuhan Anda apakah baik kamera DSLR atau kamera mirrorless. Kalau dari segi harga keduanya memang seimbang, harusnya lebih murah mirrorless tetapi lebih pastinya bisa Anda lihat melalui berbagai situs jual beli online


50 comments:

  1. Semoga nanti bisa punya kamera bagus apapun jenisnya hhe, tfs mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, ini sepertinya impian semua blogger ya mba hee..

      Delete
  2. pernah make dua2nya, walau bukan punya sendiri :-) tapi memang bener, keunggulan kamera mirrorless adalah pada ukuran dan beratnya. sehingga gampang dibawa kemana-mana dan bisa langsung beraksi buat moto saat ada obyek menarik, tanpa kehilangan momen.

    sangat terasa khususnya kalau dibawa jalan2.

    btw, salam kenal sesama warga bekesong :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, hahaha... salam kenal jga ya mas Kamal :)
      Mudah2an bisa punya keduanya ya saya :D

      Delete
  3. kebetulan pengen banget beli mirrorles

    ReplyDelete
  4. Lebih baik mana ? Kalau saya tergantung kebutuhan.
    Kalau buat sekedar foto2 saat jalan-jalan atau ngevlog, bisa pakai mirrorless.
    Sementara untuk kebutuhan yang lebih profesional, dslr masih jadi andalan. Seperti kebutuhan foto produk, foto studio gitu lah.
    Saya dulu msh kukuh pengen dslr, tapi mulai goyah jg nih kepengen mirrorless :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nggak pernah pake DSLR, padahal punya nih dirumah. wkwk... males makenya :D

      Delete
  5. Baru ngeh sebenarnya saya kalau kamera DSLR mengeluarkan bunyi cekrek dan mirrorles tidak,. Kemudian ukurannya yang kecil juga cocok buat dibawa kemana-mana. Sebenarnya saya yang sekarang menggunakan DSLR pengen banget hijrah ke Mirorrles tapi yah lagi nabung dan ngumpulin duit mudah2an bisa tercapai suatu saat nanti. Eh tapi BTW saya pengen tahu kalau hasil gambar antara mirorrles dan DSLR itu bagusan mana mbak? apa perbedaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya sih bagusan DSLR, tapi mirrorless jg nggak kalah apik, tergantung tangan sih pak :p

      Delete
  6. Semoga suatu saat aku bisa punya satu diantara dua jenis kamera ini ^^

    ReplyDelete
  7. aku punya dua kamera, satunya DSLR dan satu lagi Mirorrless
    untuk foto memang lebih kece banget hasil mirorrless dan lebih ringan dibawa kemana-mana, tapi untuk performa video, saya lebih senang pakai DSLR ku .. heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah sedap deh mba, saya punya DSLR malah ga pernah dipake, lbh sering pake kamera HP. *minta ditabok

      Delete
  8. Wah jadi ada pencerahan, makasih infonya mba. Apa bisa di infokan harga kamera mirorless berkisar diharga brp ya?

    ReplyDelete
  9. Gambar yang cantik terhasil dari penggunaan kamera dslr.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Apalagi aku wkwkwk, padahal udah punya DSLR *padahal manusia nggak bersyukur :p

      Delete
  11. Kamera mirrorless saya ada bunyinya kok pas jepret. Alasan saya milih mirrorless karena ringan dan saya malas bawa berat-berat

    ReplyDelete
  12. Pengen mirrorless tapi belom ada budget, mesti kalah sama kebutuhan lain hiks. Kalo untuk yang sekedar hobi foto sama ngeblog (belum dapat fee dari situ) butuh banget ga sih mbak mirrorless?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang punya DSLR aja ga pernah dipake mba :D lebh seneng pake kamera HP

      Delete
  13. Aku juga kemarin baru nyobain kamera mirroless, awalnya susah ngatur fokusnya karna biasa memakai kamera DSLR. tapi setelah liat hasilnya ternyata fokusnya lebih bagus dan mudah membawanya.

    ReplyDelete
  14. Pas bgt tadi pagi kepikiran hal ini. Kalo kepraktisan lbh enak mirrorless buat aku mah, krn badan kecil tapi dslr juga oke bgt. Makasi pencerahannya mba :)

    ReplyDelete
  15. Enaknya miroless bisa langsung transfer ke HP buat post di sosmed saat itu juga kalo ya. Tapi hasilnya saya sih lebih tetep suka sama DSLR hehe. Makasih pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bagusnya mirrorless ya itu , bisa langsung dipindahin

      Delete
  16. kalau yg suka fotografi mungkin cari kamera yang canggih, lah aku sih kameranya standard saja

    ReplyDelete
  17. Kalo saya sampai sekarang masih pakai kamera aja. Cita-cita siy pengen punya mirrorless dulu

    ReplyDelete
  18. Aku lg nabung mau beli mirrorless nih. Selama ini pake dslr, lama2 males bawanya. Jd belakangan ini aku slalu pake hp, kurang maksimal. Makanya mau nabung dulu supya bisa kebeli mirrorless mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punya DSLR ga pernah dipake, ya itu krn berat bawanya. :p

      Delete
  19. Thanks sharingnya :) aku udah keburu beli mirrorless setelah bikin perbandingan sing akeh.. eh tapi skrg pas beralih jadi photographer sungguhan eh kepengen DSLR.. doain ada rejeki buat DSLR ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk... tuh kan absurd. yodah jual aja DSLRnya beli mirrorless :p

      Delete
  20. Makasih sharingnya mbak...
    Maunya sih beli dslr, sampe sekarang masih belum kesampaian... Yang bawa kemana-mana biar pak su aja... Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punya DSLR tetep seneng pake kamera HP. doh... :p

      Delete
  21. kalau untuk praktis aku sih tetap pilih mirrorless, enteng diajak ke mana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih koh, tapi gimana aku cuma punya DSLR :p

      Delete
  22. Pengen sih punya kamera bagus minimal mirroles...tapi sekarang masih pake hp...he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hape juga sekarang bagus kok mba :)

      Delete
    2. Apa pun ceritanya.. yg penting nabung duit dulu.. tahan selera aja dah cukup hehehe

      Delete
  23. Jadi kepengen punya kamera mirrorless yg entry level.. bisa diajak kemana2 tuh kamera tanpa kehilangan momen ntahlah.hehhe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...