Menu

Thursday, 9 June 2016

/


Halooo… resep lagi hihihi.. :D kok si Manda suka banget sih ngeshare resep-resep selama ramadhan? Bikin ngiler yang baca. Ealah justru ketika ramadhan ini, ibuku yang jago masak itu banyak bereksperimen di dapur. Kalau diluar ramadhan boro-boro bikin kue tiap hari, seminggu sekali aja udah syukur. Karena selain ibuku itu akitifis autoimun, beliau ini semenjak sakit dari 5 tahun yang lalu suka gampang capek dan mulai mengurangi aktitas fisiknya, makannya ramadhan ini saya manfaatkan buat mengulik semua resep yang suka mami buat . Buat sendiri itu, selain bisa sesukanya pakai bahan *buat toping*, juga lebih bersih.okelah, nggak usah menunggu lama yuk kita kulik resep kali ini. siapin bahan-bahannya ya moms..



Bahan-bahannya :
Daging ¼ kilo
1 bungkus makaroni, *Resep ini untuk ukuran sekotak makaroni yang ada di gambar*
1 kotak keju melted, bisa pakai mozzarella juga
3 buah butir telur
5 siung bawang putih
1 buah Bombay
Garam secekupnya
Merica secukupnya
Minyak 2 sendok makan
Susu UHT putih 250 ml *sebenernya bisa pakai dancow, 4 sendok munjung dancow dicampur air sebanyak 250ml, Cuma kita nyari yang praktisnya aja ya bu-ibu

Cara membuatnya :
-            Cuci bersih daging, lalu potong kecil-kecil dan blender, sisihkan
-            Tumis 4 siung bawang putih yang sudah diulek dan bawang bombay sampai harum, lalu masukkan daging, tumis hingga berubah warna, masak kira-kira 10 menit sampai daging berubah kecoklatan

-            Rebus makaroni dan tambahkan minyak kira-kira 2 sendok makan pada rebusan, maksudnya biar nggak lengket satu dengan yang lainnya ketika dingin, angkat dan sisihkan


siapkan Loyang
-            Sebelumnya Loyang dilumuri mentega dan tepung dulu ya, agar adonan nggak begitu lengket ketika diangkat, jadi lumuri dengan mentega dulu, lalu ayak tepung dan ratakan diatasnya

-            Pakai wadah terpisah, kocok telur dengan susu, garam, merica, tambahkan sedikit saja bawang putih yang udah diulek, *seujung sendok* ini kira-kira 1 siung
-            Potong keju balok atau mozarela
-            sekarang taruh makaroni di Loyang, aduk dengan daging cincang lalu taburkan mozzarella diatasnya, kalau penggemar keju bisa kasih keju agak banyakan dan aduk rata. Kalau saya ya, karena maniak keju, kejunya bisa lebih dahsyat lagi, nah kalau beli diluar kan yang jual rugi pakai keju banyak :D, jadi lebih enak bikin sendiri dong
-            lalu kalau sudah tercampur rata, tuang kocokan telur+susu+bumbu-bumbu tadi di seputaran macaroni, ingat ya harus rata


-            Kukus dengan api sedang selama 45 menit
-            Untuk mengeceknya bisa tusukkan sumpit ke makaroninya, kalau ada sumpit kayu pakai sumpit kayu. Tanda makaroni sudah matang adalah ketika kayu yang sudah ditusukkan ke makaroni kering, nggak ada adonan basah yang menempel


Tips :
-          Kukusan jangan lupa ditutup dengan kain agar cepat matang ya,
-          Susu yang kental menambah rasa gurih makaroni
-          Apalagi parutan keju yang dahsyat, tapi kalau semuanya banyak sih kolesterol :D

Jadi deeeh, full keju, mamamia lezatos ^^

Oh ya mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa sih kok resepnya judulnya sederhana, padahal kan pakai daging dan keju. Soalnya bikinnya dikukus nggak pakai oven. Listrik dirumah nggak sanggup kalau ngoven, wattnya gede meeeen :D

 Oke selamat mencoba dirumah ya :D jangan lupa baca resep saya yang lain di blog ini, masih seputar cemilan ringan.


24 comments

Yummy yummy... enak mbak dan ternyata bisa dikukus ya. Sebungkus makaroninya itu berapa gr ya mbak isinya? Thanks for sharing! Salam kenal

Reply

kayaknya sekitar 80gr mba, bungkusnya udh dibuang :D salam kenal balik mba :)

Reply

oh, bisa dikukus juga? Selama ini nggak pernah pede bikin schotel karena nggak yakin bakal mateng ato enggak

Reply

Hmm .. yummy... lama2 liat jd ngences mba.. haha.. salam kenal ya,,

Reply

Duh mbak, pas lihat bahan-bahan yang digunakan dan toping keju yang dijejer aku jadi nggak tahan kepengen coba juga di rumah, hihihi. Makasi lho mbak resepnya, salam kenal :)

Reply

Wooow, enaak banget tuh, padat gizi juga. Makanan begini jarang yang jual ya, jadi latihan bikin sendiri

Reply

buka puasa masih berapa jam ya? aduh lihat makanan ini, jadi.... :D
aku save ini resep, semoga bisa mengeksekusi :)

Reply

Maasyaa Allaah, full keju pake daging pula. Ngecess. Nice sharing mbak

Reply

Maasyaa Allaah, full keju pake daging pula. Ngecess. Nice sharing mbak

Reply

Sip. berarti untuk sekitar 2 orang dewasa ya porsinya hehe. Makasih..

Reply

Kok aku pengen praktekin ya ahahaii

Reply

Kalau buatku, bawang putihnya disingkirkan dulu. Hehe

Btw, aku udah follow blognya, ya, Mbak. ;)

Reply

nggak cuma buat orang dewasa mak, karena udah berteman sama telur dan susu, makaroni ini bisa dimakan satu keluarga, serius :D

Reply

iya, bisa.. ayo mba bikin

Reply

Hai mba, salken juga.. hahaha..foto abal-abal gini bikin ngeces ya, gimana klo yang posenya lebih menantang :D

Reply

aku maniak keju banget soalnya mba, sama2 mba salam kenal juga, makasih dah mampir ^^

Reply

Kunjungan perdana ni ke blognya mak amanda...ternyata food blogger..asseeekkk👍😂

Reply

Ada aja sih yang jual dirumah maka italy hahah.. yang berbau2 keju pasti dijual disana, dan bikin sendiri emang direkomendasikan drpd beli

Reply

Hahahaha.. padahal fotonya jelek ya, bisa aja bikin orang ngiler :D

Reply

Bisa ganti pakai daging ayam kalau nggak mau mahal mbak, sama2 mbak .,..

Reply

Ayoooo dibikin :D

Reply

Sama kayak suamiku benci banget bawang putih, btw aku juga udah follow blognya loh :D

Reply

Hahaha..bukan keles, ini mah cuma iseng mostingnya :p

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...