Menu

Monday, 14 May 2018

/



Bagaimana rasanya kerja di tempat yang cozy, nyaman dan penuh kekeluargaan? Pasti betah ya, di Danone Indonesia kamu bisa merasakan itu semua

Ini kali kedua saya mengunjungi cyber 2, sebuah gedung di wilayah Kuningan Jakarta. Awal kesini waktu Danone mengundang para blogger untuk ikut akademi yang diadakan selama 3 hari. Yaa.. bayangin aja, 3 hari bolak-balik kesini bikin kita-kita yang datang akhirnya menyadari, “Kita jatuh cinta sama tempat ini”, bahkan setelahnya pun kita yang tergabung dalam sebuah grup alumni Danone Blogger sering ngomong sendiri di grup, “Eh tadi aku lewat gedung cyber dua loh, berasa dejavu. Kangen hihi” dan De Javu ini butuh waktu berbulan-bulan untuk bisa dilupakan.

Syukurnya, kemarin pada tanggal 8 Mei 2018, saya berkesempatan untuk datang lagi di gedung itu. Entahlah, ini apa hanya perasaan saya saja yang haru biru bisa datang dan merasakan ruang training di Danone Indonesia lagi atau hanya perasaan lebay, pastinya saya seperti mengenang perasaan berbulan lalu saat pernah belajar di sini. Wah saya yang baru tiga kali datang aja betah, gimana karyawannya ya :D?

yeaaay akhirnya bisa kumpul-kumpul lagi, dok : Danone

Yes, siang itu kami para Blogger diundang untuk menghadiri acara ‘Discovering Talent Management’  selepas makan siang, shalat zuhur acara pun dimulai. Diawali dengan perkenalan unik yang dipandu MC kocak mas Novan, Pak Arif Mujahidin selaku corporate Communications Director Danone Indonesia mengawali sambutan dengan memperkenalkan ‘Apa itu Danone’, dulu saya pikir Danone itu hanya air minum, ternyata cabang Danone banyak tidak hanya Aqua, tetapi ada pula Sarihusada dan Nutricia. Beruntung saya pernah berkesempatan mengunjungi pabrik Aqua dan SGM beberapa bulan yang lalu yang merupakan salah satu produk yang dikeluarkan Danone.

pak Arif, dok : Danone

Danone mempunyai komitment, bahwa perusahannya tidak hanya berkomitment membawa kesehatan melalui makanan, tetapi ada misi lain yaitu memberikan dampak positif kepada sebanyak mungkin orang dari segala usia, lingkungan sosial dan budaya yang berbeda, termasuk para karyawan. Memang benar, sewaktu saya ke Jogja, mata ini melihat langsung bagaimana Danone menjaga ekosistem dari hulu hingga hilir, tidak hanya itu, masyarakat disekitar Jogja (termasuk Klaten) diberdayakan, alam, masyarakat, lingkungan merasakan ramahnya kontribusi Danone. Danone juga memberikan support untuk anak Indonesia, terbukti Taman Pintar di Jogjakarta, Isi Piringku dan Warung Anak Sehat adalah salah satu program Danone untuk menuntaskan gizi buruk dan membuat anak lebih kreatif.
Saat mengunjungi pabrik SGM di Klaten, saya merasakan bersihnya pabrik, bau susu menyeruak ketika saya melihat proses pembuatannya. “Disini, karyawan yang melahirkan dikasih jatah cuti 6 bulan. Tidak hanya itu, ibu menyusui dikasih waktu untuk pumping agar anaknya tetap bisa merasakan ASI walaupun ibunya bekerja. Hal ini diamini oleh pak Evan Indrawijaya selaku HR Director Danone ELN Indonesia, pak Evan berkata, “Danone menyadari bahwa 1000 HPK (1000 Hari Pertama Kehidupan) adalah masa keemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan”, eh Danone ini juga selalu kampanye Stunting dan Gizi buruk loh. Dari Danonelah saya mengetahui bahaya stunting untuk anak dibawah 5 tahun.

pak Evan, dok : Danone

Berkeliling di pabrik SGM membuat saya iri, sebab karyawan pabrik SGM dimanjakan sekali, dalam satu gedung pabrik ada kantin sehat, ruang gym, ruang rapat yang cozy, ruang maternity, bahkan disediakan dokter untuk karyawan, tidak hanya karyawan yang boleh merasakan. Keluarganya pun jika sakit boleh berobat disitu.Wah, saya pikir ini tempat kerja menyenangkan sekali.. para rombongan tour pun langsung berceloteh, “Eh mendadak saya pengen kerja di Sari husada loh, kok nyaman banget ya hihi..”, tidak hanya di Sarihusada lingkungan kerja di pabrik Aqua Danone Klaten juga sejuk, asri, Rindang, tidak kalah nyamannya dengan lingkungan kerja di Sari Husada.

Danone Sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia
Danone memiliki 22 pabrik mini dengan melayani 1,5 juta outlet dengan jumlah karyawan 15,500 di seluruh Indonesia. Sesuai misinya One Planet One Healts Danone sudah menanam 2,5 juta pohon di Indonesia. Di Danone tidak ada karyawan yang dibedakan, laki-laki dan perempuan mendapatkan porsi yang sama, hal ini dimamini oleh Corine Tap –Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-Aqua), Corine yang memiliki 4 anak dan LDR dengan suaminya yang tinggal di Bali ini membuktikan, bahwa walaupun LDR atau bekerja sendiri di Jakarta, Corine bisa meraih posisi Presiden Direktur, beliau bilang, “Keberagaman merupakan bagian dari budaya Perusahaan, karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah Presiden Direktur perempuan yang sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya”

mrs. Corine

Nah ada program yang dikembangkan Danone, inisiatif ini dikembangkan Danone sabagai bentuk talent management karyawannya, apa sajakah itu?

·    Jaguar program : Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer untuk terlibat dalam proyek antar negara
·  Endeavor Program : ialah program pengembangan karyawan untuk menduduki psosisi manajger
·   Internasional Assignment : Secara regular Danone mengirimkan karyawannya ke perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman Internasional. Dengan Internasional Assignment ini, mereka bisa membangun karirnya dalam lingkup yang lebih luas
·  Talent Assessment and Development : Memastikan bahwa talent yang dimiliki Danone sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara global.
·  Management Trainee : Adalah program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan. Dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang. Setiap tahunnya Danone merekrut 60 Management Trainee Danone Indonesia dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negri dengan penempatan di departemen berbeda.


Oh ya kemarin saya juga berkesempatan loh bertemu dengan para MT Star Danone mereka adalah :
·         Dwinta Astarini, Senior Brand Manager Nutricia,
·         Jovita Anggraeni, Suppy Chain Network Optimization
·         Dedy Suwartono, Head Of Commercal Finance
Yang memberikan pengalamannya selama bekerja di Danone Indonesia, mereka menginspirasi sekali loh memberikan ilmu setelah pulang dari luar negri :D

Mendukung Indonesia lebih baik lagi
Gustavo Hildenbrand selaku General Manager Nutricia – berkata, ada tiga kategori bisnis di Danone yaitu Waters, Nutrisi Awal Kehidupan dan Advanced Medical Nutrition.  Pak Gustav melihat karyawan dapat bertanggung jawab untuk membentuk karir mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Nah, karyawan yang kerja di Danone memiliki tujuan lebih dari sekedar bekerja yaitu untuk berkontribusi dan belajar pada dunia yang lebih sehat. Pak Gustav berharap apa yang ia lakukan dapat menginspirasi karyawan lain untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat.
 
Mr.Gustav :D


Setelah asyik berbincang-bincang dengan para petinggi Danone, kita diajak office tour ke beberapa ruang di Danone yang sumpah gue mauuuu kerja disni haha.. bagaimana tidak, ada snack gratis yang bisa diambil di DanLounge, disini juga ada area bermain PS, Internet Corner, ruang baca dan karaoke. Lingkungan kerja di Danone pokoknya asyik banget deh, karyawannya diperhatikan banget, mulai dari klinik yang menyediakan dokter gratis, ruang pumping sampai playground untuk karyawan yang ingin membawa anaknya setelah lebaran karena masih ditinggal cuti pembantunya

bisa baca koran gratis tiap hari -pojok ruang kerja Danone, Mombassador wajib foto disini :D-

Setiap tahunnya Danone selalu membuka Lowongan Management Trainee loh, kalian bisa membuka situs www.dancommunity.com hanya di situs itu kamu akan dapat info tentang lowongan kerja di Danone Indonesia, hati-hati pula, ada fake account yang mengata snamakan Danone, perlu diketahui, Danone nggak pernah meminta bayaran atas lowongan yang ada, Danone juga nggak pernah menampilkan gaji saat membuka lowongan kerja di koran. Kamu bisa melihat akun Instagram & Twitter : @dancommunityid jika ingin mendapat info lowongan kerja
Soo… siapa yang mau kerja di Danone Indonesia? Ngacuuuung.. segera pantengin situs diatas ya gengs! cheers

3 comments

wah,seneng ya mbak klu suasana kerja menyenangkan bikin semangat kerjanya

Reply

Suasana perusahaan sejenis memang penuh dengan pernak-pernik kreativitas.. membuat bekerja serasa lebih jernih..

Reply

Wiih keren banget. Ruang kerja dan suasana yang enak terbukti membuat pegawai jadi lebih prouktif sih ya.

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...