Menu

Wednesday, 18 April 2018

/




Pernikahan adalah salah satu acara yang sangat sakral dimana acara ini di harapkan terjadi hanya sekali dalam hidup. Kenapa acara ini disebut sangat sakral, karena pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan manusia tetapi juga dua keluarga yang berbeda. Di Indonesia acara menikah itu terbagi menjadi dua bagian yaitu  akad dan resepsi.

Akad nikah adalah perjanjian antara wali wanita dengan mempelai laki – laki dimana perjanjian ini disaksikan oleh dua orang saksi. Sedangkan resepsi adalah acara pesta yang dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari teman,sahabat, dan keluarga dari kedua mempelai. Jika anda sudah merasa yakin dengan pasangan anda, segera mulai lah membicarakan dan merencanakan pernikahan ini dari jau h-jauh hari. Kenapa harus dari jauh – jauh hari?  Supaya anda bisa lebih lama dalam mempersiapkan segalanya sehingga hasil yang didapatkan akan semakin baik. Berikut  tips untuk memulai merencanakan pernikahan :
 1.      Komunikasikan dengan pasangan, dan putuskan tahun menikah
Komunikasikan dan tetapkan tahun anda ingin menikah, bukan hanya tahun tetapi tanggal juga. Misalkan anda ingin menikah di tahun 2020 berarti anda mempunyai waktu 2 tahun untuk meyiapkan semuanya. Beri tahu kepada keluarga jika anda ingin menikah di tahun 2020 sehingga anda bisa mendapatkan masukan dari keluarga. Seperti yang sudah dijelaskan menikah bukan hanya untuk dua insan tetapi juga dua keluarga.



2.      Menabung
Mulailah menabung jangan mengharapkan uang pernikahan dari orangtua, karena orangtua anda pasti mempunyai kebutuhan yang lain bukan hanya pernikahan anda. Hindari mengutang untuk acara pernikahan karena setelah anda menikah anda akan terbebani dengan hutang tersebut. Menabung bukan hanya untuk acara pernikahan mulai lah menabung untuk kehidupan setelah menikah seperti keperluan jika punya anak dan kredit rumah murah. Untuk rumah , masih banyak sekali rumah murah di Jakarta. Bisa anda cari di mesin pencari di Google, karena sekarang banyak sekali situs – situs yang menyediakan informasi tentang perumahan dan apartement.. Memikirkan seperti ini sejak awal sangat baik sehingga pernikahan dan kehidupan setelah pernikahan anda semakin tertata.

6 comments

Menabung dulu sedikit2 mbak masihan,walaupun baru bisanya buat beli rumah keong. Tp tetep usaha hehe

Reply

Harus rajin menabung supaya tidak menyusahkan keluarga juga ya Mbak. :D

Reply

Masih menabung juga nih mbak. Sambil coba-coba punya aset juga hehe. Mohon doanya ya mbak, semoga bisa disegerakan :)

Reply

Perjuangan menabung untuk perencanaan pernikahan itu penuh semangat dan deg-degan pasti yaa

Reply

saya stuju bnget dengan tips nya kak...

Reply

hohoooo
aku juga merencanakan menikah setelah aku lulus s2. ortuku dan calonku udah sepakat sih soal ini

btw, dulu Ibu pernah becandain aku... bilang kalau aku dan calonku aja yang ngeluarin duit buat biaya pernikahan. Ya terus aku tolak dooong, hahhaha. Kan menikahkan anak itu tugasnya orang tua. toh aku nggak minta resepsi. Cukup akad, ngundang orang-orang, ngobrol2, sambil makan2 di rumah. aku harap tamu yang datang itu bisa ngobrol sama aku dan pasanganku, begitu~~~

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...