Menu

Thursday, 15 February 2018

/

Kopi luwak adalah kopi yang paling mahal di dunia. Hal ini tampaknya dimanfaatkan oleh banyak produsen nakal dengan cara memalsukannya. Ini jelas merugikan konsumen, kan? Apalagi Anda adalah pecinta kopi luwak sejati yang rela mengeluarkan dana besar hanya untuk menikmati secangkir kopi luwak saja.

Memang, saat ini Anda bisa menemukan kopi luwak di pasaran dengan harga yang murah. Apalagi ada juga yang menjual dalam bentuk sachet-an. Tapi, apakah itu benar-benar asli? Untuk lebih jelasnya, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara membedakan mana kopi luwak yang asli dan mana kopi luwak yang palsu. Seperti di bawah ini.

1. Bedakan dari Aromanya
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah kopi luwak yang Anda nikmati adalah kopi luwak yang asli atau bukan adalah dengan membedakan dari aroma aslinya. Koi luwak yang asli memiliki perbedaan yang sangat kentara pada aroma. Kopi luwak yang asli biasanya memiliki aroma yang jauh lebih kuat saat diseduh.
Bau kopi luwak yang asli seperti bau pandan yang wangi dan bisa menyebar dalam jangkauan yang cukup luas. Ini dipengaruhi dari musang yang mengonsumsi kopi itu. Sedangkan untuk kopi biasa, baunya malah terkesan apek dan jangkauannya sangat terbatas.

2. Bedakan dari Rasanya
Setelah mengetahui perbedaan kopi luwak yang asli dan palsu dari aromanya, sekarang coba dari rasanya. Kopi luwak yang asli memiliki rasa yang sangat kuat. Rasa itu dapat bertahan hingga lebih dari 30 menit di tenggorokan setelah di minum. Berbeda dengan kopi biasa yang bertahan hanya sebentar.
Kopi biasa biasanya hanya nikmat diminum dalam keadaan panas atau hangat saja. Sedangkan kopi luwak, tetap nikmat diminum baik itu dalam keadaan panas, hangat bahkan saat sudah sedingin suhu ruangan.

3. Bedakan dari Sesaat Setelah Meminumnya
Orang yang meminum kopi luwak palsu biasanya tak lama setelahnya akan lebih mudah untuk buang air. Apakah itu buang air besar atau buang air besar. Tak jelas alasannya kenapa, tapi ini benar-benar terjadi. Sedangkan pada kopi luwak asli tidak. Malah, kopi luwak yang asli juga aman diminum bagi penderita berbagai masalah kesehatan sekalipun.
Cara yang paling mudah mengenali kopi luwak asli dan palsu. Ketika Anda mengeluarkan urine setelah meminum kopi luwak palsu. Pada urine Anda terdapat aroma pekat kopi yang berbahaya. Pasalnya, dalam kopi luwak palsu tersebut memiliki pengawet yang cukup besar


4. Bedakan dari Seduhannya
Cara membedakan kopi luwak yang asli dan kopi luwak aspal seperti yang sering Anda temukan di pasaran atau bahkan di toko dekat rumah Anda adalah dengan melihat hasil seduhannya. Kopi luwak yang asli saat diseduh akan mengeluarkan krim putih pada bagian permukaan seperti diberi esspreso.
Krim putih ini timbul secara alami akibat dari sisa kulit ari si kopi. Krim putih ini akan tetap muncul meskipun tidak ada penambahan apapun padanya. Sedangkan pada kopi luwak aspal, krim putih ini tidak akan muncul.

5. Bedakan dari Biji Kopinya
Cara yang satu ini mungkin agak susah. Namun, bagi Anda yang mengunjungi perkebunannya langsung bisa dicoba. Cara membedakan kopi luwak asli dan aspal dari biji kopinya adalah lihat dari warnanya yang seragam. Selain itu, kopi luwak yang asli biji kopinya juga utuh.

Itulah beberapa cara membedakan kopi luwak yang asli dan kopi luwak palsu yang bisa Anda lakukan sendiri. Kopi luwak memang nikmat dan mahal. Inilah yang membuat para produsen berbuat curang dengan memalsukannya. Ya, Anda bisa melihat contohnya sendiri dari banyaknya produk kopi di pasaran dengan bentuk kemasan, kan?

all photos by : pixabay

12 comments

Jadi pengen jalan-jalan ke kebun kopi, belajar membedakannya secara langsung. Soalnya lagi menjamur orang yang jual kopi luwak.

Reply

Kopi luwak favoritku banget tuh. Kalau yang palsu sih, biasanya ketahuan dari aroma dan warnanya.

Reply

Masih belum bisa ngebandingin mana yang asli dan mana yang palsu, soalnya bukan pecinta kopi banget.

Reply

Baru tau, saking kuat rasanya bisa bertahan sampe 30 menit ya

Reply

waduh, kayaknya cuma suamiku yang bakal bisa ngebedainnya nih. Aku bukan pecinta kopi, jadi kurang paham soal aroma dan rasa kopi

Reply

aku jd penasaran pgn rasain kopi luwak asli itu seperti apa.. ada yg bilang rasanya ada semburat coklat.. tapi nthalah...aku kan jg bukan ahli kopi.. buatku kopi asal ga pahit banget ya enak :D..

Reply

Iyah, jadi kepingin tau kan yang asli sama yang nggak hehe

Reply

Samaaaaa, aku juga masih belajar Lin

Reply

Nah, ini pun aku juga baru tau

Reply

kopi dimana2 pahit ya mbak, tapi pasti kualitas rasanya beda2 :D

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...