Menu

Tuesday, 3 October 2017

/

Hola..halo, lama nggak ngasih resep nih. Semoga sehat semua ya emak-emak kece. Btw, siapa yang suka makan di Hokben? Salah satu resto cepat saji bergaya Jepang padahal yang punya orang Indonesia hehe..*saya aja baru tau*. Iyes, saya juga suka makan disana, karena nasinya pulen, saladnya enak, dan lumayan lah buat ngilangin kangen kepingin ke Jepang. Seenggaknya tau masakan Jepang itu sedikitnya kayak apa. Ada tempura, ada ocha, ada apalah saya lupa menunya apa aja
Nah, konon katanya yang paling banyak dipesan sama konsumen di Hokben itu teriyakinya. Nggak tau bener apa enggak gossip ini wkwk.. lalu saya iseng nih nyari resep teriyaki ala hokben, dan di mix dengan bumbu yang beda. Dan gara-gara keisengan ini saya beneran dapet teriyaki rasa hokben hehe.. cobain aja resep dibawah deh.

Bahan-bahan :
  • Daging ¼ kg
  • Bawang Bombay 2 buah potong kasar
  • Paprika ukuran besar 1 buah potong kasar
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • Minyak untuk menumis
  • Sedikit minyak wijen
  • Merica secukupnya
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Kecap asin secukupnya
  • Bumbu instan teriyaki 3 sendok makan munjung
  • Kecap inggris 1,5 sendok makan
  • Saos tiram sedikit saja
  • Saos tomat 1 sendok makan
  • Jika ingin pedas boleh pakai saos sambal
  • Biji wijen untuk taburan
  • Jahe
  • Gula dan garam secukupnya sesuai selera
  • Air 300ml




Cara membuatnya :
  • Agar daging lembut, rebus daging dengan irisan jahe. Rebus sampai daging empuk, kaldu bekas rebusan daging bisa disimpan dan digunakan untuk membuat sup atau bahan masakan lain

  • Tumis bawang Bombay dan paprika sampai setengah matang, beri merica sedikit, sisihkan

  • Haluskan 6 siung bawang putih, sisihkan
  • Panaskan minyak goreng + 3 tetes minyak wijen pada wajan anti lengket dan tumis bawang putih dan seruas jahe sampai harum, masukkan daging yang telah empuk, aduk sampai bawang meresap, tambahkan air 300ml, diamkan dalam api kecil sampai bumbu meresap sempurna.

  • Tambahkan bumbu teriyaki, kecap inggris, saos tiram, kecap manis, kecap asin, saos tomat, merica, gula dan garam. Biarkan bumbu meresap

  • Masukkan bawang Bombay dan paprika, aduk sampai rata *jangan kelamaan nanti Bombay dan paprikanya jadi nggak krenyes-krenyes lagi*


Taburkan biji wijen untuk garnish. Siap disantap

Untuk 5 orang porsi lauk makan siang dan malam *asal ngambilnya jangan maruk aja ya :D*

Yang jelas kalau rasanya beda, jangan berpatokan dengan resep diatas, soalnya saya kalau masak nggak pernah pakai takaran, semuanya dikira-kira. Jadi bumbu teriyaki harus lebih banyak dari kecap inggris, saus tiram, saos tomat/sambal dan kecap manis. Kecap manis juga jangan kebanyakan, ntar rasanya kemanisan nggak lucu. Pokoknya selamat mencoba ya  Semoga berhasil :D



12 comments

ini lengkap mba Manda aku ga pernah pake minyak wijen sama kecap inggris hehehe rasanya ya pas pasan wkwkwk

Reply

wah enak ya, cuma di rumah gak punya minyak wijen dan kecap inggris, kayaknya hrs beli deh

Reply

Heuuu...ini favorit aku di Hokben. Daging teriyaki. Tapi aku ngga bisa masak..eh, pemalas sebenarnya. Wkwkwk. Tapi kalau lihat resepnya kayaknya ga terlalu susah ya Mbak

Reply

Wahh mudah kayaknya nih bikin teriyaki, hasilnya nggak jauh beda kayak yang biasa di beli di hokben,. Mudah2an some day saya bisa praktek nih

Reply

Nah, besok coba bikin pakai wijen sama kecap inggris ya :D

Reply

Beli..beli...beliiiii

Reply

Yess... nggak susah2 bngt mba asal mau coba hehe

Reply

Iyaaah, bapak2 juga bisa kok praktek hehe

Reply

minyak wijen itu rahasia yg bikin makin enak :D.. ntah kenapa semua makanan yg pake minyak wijen ini rasanya jg jd jauuuh lbh enak dan wangi :D.... Akupun kalo ke hokben pasti mesennya yg teriyaki ini mba ;p... enak memang... apalagi bombay nya tuh, suka aku gadoin hahahaha

Reply

Wihihihi.. gado bawang, hah...hah... :D

Reply

jadi pengen buat nih kayanya enak banget ,,

Reply

cobalah daripada penasaran hihihihi

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...