Menu

Sunday, 15 October 2017

/


Sebagai Ibu, hal yang paling saya takutkan terjadi pada anak saya adalah diare. Karena penyakit ini walaupun kelihatanya sepele ternyata sangat berbahaya untuk anak. Riset nasional menunjukkan bahwa 31,4% dari kematian bayi dan 25,2% dari kematian bayi di Indonesia disebabkan oleh diare. Diare tidak hanya disebabkan oleh infeksi bakteri-bakteri jahat, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, terpapar benda-benda yang kotor, alerghi ataupun keracunan makanan. Mengkonsumi antibiotic juga bisa menyebabkan diare. Nah, makannya saya takuuut banget anak saya mencret-mencret.


Temen saya bilang nih, jangan banyakin antiobiotik aja masuk ke tubuh. Tapi tubuh juga butuh probiotik sebagai penyeimbang, Pasti penasaran dong, kenapa tubuh butuh probiotik?
Tau nggak, sistem imun kita 80%nya terletak di saluran cerna, dan saluran cerna ini organ tubuh yang paling bermasalah. Sebab, saluran cerna adalah organ yang paling besar di dalam tubuh kita, bayangkan kalau di bentangkan saluran cerna kita bisa mencapai 300meter persegi atau sebesar lapangan tenis. Nah karena itulah, saluran cerna bisa dibilang area yang paling vital. Dan saluran cerna yang sehat tentunya memiliki kandungan bakteri yang baik yang disebut probiotik, probiotik ini juga mendukung sistem imun di dalam tubuh.

Kenapa juga sih kita harus memenuhi kebutuhan probiotik dalam tubuh?
Probiotik yang diambil dari bahasa Yunani, ‘pro’ yang artinya untuk dan ‘bios’ artinya kehidupan. Secara keseluruhan probiotik mempunyai makna ‘for life’ atau ‘untuk kehidupan’. Probiotik sendiri adalah bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna. Jika probiotik dimasukan dalam jumlah yang cukup ke dalam tubuh dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Kekurangan probiotik juga tidak baik untuk tubuh, karena tubuh akan mengalami banyak penyakit, diantaranya diare, perut kembung, kosntipasi, nyeri perut, tinja berbau busuk, nyeri perut dll


Lalu probiotik yang baik itu seperti apa?
Lactobacillus reuteri proctetis adalah salah satu yang paling banyak diteliti di dunia tentang tingkat keamanan dan manfaatnya. Ada pula syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO adalah :
  • Berasal dari manusia
  • Dapat bertahan hidup di saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan bakteri jahat
  • Menguntungkan bagi kesehatan tubuh
  • Terdokumentasikan penelitian klinis yang baik
  • Telah dibuktikan melalui uji klinik
Dan lactobacillus yang teruji klinis harus berada pada level ‘strain’. Ada banyak minuman yang mengandung lactobacillus tapi saya tidak yakin  bakterinya tervalidasi dengan baik. Ditambah, kalau minuman itu kan pakai zat tambahan misalnya perisa atau gula. Itu sama saja lactobacillusnya sudah tercampur dengan zat lain. Yaaah…Selain itu bakterinya berasal dari fermentasi susu sapi. Padahal bakteri baik berasal dari manusia.

Waktu Naqib usia 1-3 tahun dia sering banget diare, tubuhnya sampai lemas, ganti popok berkali-kali, saya beneran ketakutan. Untungnya Naqib rajin minum dan nggak susah makan, dia masih punya asupan makanan walaupun banyak yang dikeluarkan. Diantara salah satu resep dokter, saya menemukan sebuah obat bernama Interlac. Waktu itu Naqib masih mengkonsumsi yang bentuknya drop alias tetes, ini dikonsumsi selama Naqib mencret-mencret dan harus dikonsumsi sampai habis. Syukur obat ini bekerja dengan baik di tubuh Naqib.

Keseruan blogger gathering di PIM kemarin *cari aku yang mana*

Apa itu Interlac?
Dulu saya pikir Interlac itu obat, setelah saya ikut blogger gathering di Pondok Indah Mall, pada sabtu, 30 September 2017 ternyata Interlac itu suplemen makanan. Interlac adalah probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO dan dikenal di kalangan medis sebagai Live and Trus Probiotic. Bahkan Interlac bisa dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir sampai dewasa. Interlac yang diproduksi PT Interbat ini punya beberapa produk yaitu Oral drops (untuk bayi baru lahir sampai 4 tahun), sachet (0-3 tahun) dan tablet kunyah dengan varian stroberri dan lemon (untuk 4 tahun sampai dewasa)

dr. Intan Diana Sari Head of Medical PT.Interbat menjelaskan apa itu probiotik

Mohamad Nurhadi, Brand Manager Interlac menjelaskan variant Interlac, btw itu jilbab ungu sayaaaah :D
 
abaikan modelnya

Produk-produk Interlac

Daripada bunda penasaran keamanan Interlac seperti apa, saya jabarkan ya keunggulan Interlac apa saja :
  • Sampai akhir 2016, INTERLAC® sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis.
  • INTERLAC® terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk:
·         Bayi prematur
·         Bayi baru lahir
·         Bayi dan Anak-anak
·         Remaja
·         Dewasa
·         Lansia  Ibu hamil
·         Pasien dengan gangguan imun (eg. pasien HIV)
  • Probiotik INTERLAC® juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan. 
  • Berbeda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC® tidak mengandung lactose sehingga aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran, termasuk bayi yang lactose-intolerant. 
  • Profil keamanan dan manfaat INTERLAC® yang sudah terbukti klinis membuat INTERLAC® menjadi probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur. 

Interlac Sendiri punya range usia untuk dikonsumsi, berikut penjabarannya :


Interlac Drop
Komposisi: Tiap 5 tetes mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 108 CFU

Kegunaan:  Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan INTERLAC Oral Drops adalah satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Oral Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa
 Aturan pakai: 5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
 Keterangan: Kocok dengan baik sebelum digunakan  Dianjurkan untuk menggunakan sendok Rasa netral (plain) untuk bayi dan anak-anak 0-3 tahun 1 botol = 125 tetes untuk penggunaan 25 hari
 Rekomendasi HET (termasuk PPN): Rp 302.500 per botol


Interlac Sachet
Komposisi:  Tiap sachet mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 108 CFU
 Kegunaan: Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Sachet tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa
 Aturan pakai: 1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
 Keterangan: Larutkan dalam sedikit air  Dianjurkan untuk menggunakan sendok Rasa netral (plain) untuk bayi & anak 1-5 tahun
 Rekomendasi HET (termasuk PPN): Rp 360.000 per box Rp 12.000 per sachet


Interlac tablet kunyah rasa strawberry dan lemon
Komposisi:  Tiap tablet kunyah mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 ............... 108 CFU
Kegunaan: Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi INTERLAC Chewable Tablets tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa
Aturan pakai: 1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter
Keterangan: Tablet kunyah rasa strawberry dan lemon Cocok untuk anak-anak usia 6-12 tahun
Rekomendasi HET (termasuk PPN): Rp 330.000 per box Rp 11.000 per tablet

Dan saat ini interlac bisa dibeli di Guardian, Halodoc, Go-Med App, Lazada.co.id dan apotik yang tersebar di kota bunda semua. Atau kunjungi media sosial Interlac


 Interlac probiotic – Healty Tummy Happy Baby yeaaay…
9 comments

Buat anakku bisa kali, ya? Dia sering sembelit. :(

Reply

setau saya ASI pun sudah mengandung probiotik yang bagus..para dokter pon menyarankan ASI eksklusif untuk bayi usia 0-6 bulan..jd mnurut saya pertimbangin lg..
mgkn kalo usia bayi lebih dri 1 tahun dan pencernaannya sudah cukup baik bolehlah diberi tambahan pake supplemen probiotik.

Reply

Suplemen Probiotic kaya interlac itu praktis, aman dan efektif banget ya tp buat ngatasin sakit apa aja say selain diare?

Reply

imho pada kasus diare biasanya anak ga mau minum, termasuk ASI, ASI yang masuk jadi sedikit, sementara virus atau bakteri jahat menggerus bakteri baik di usus bayi. Jadi di saat ini lah dibutuhkan tambahan probiotik. Yang disayangkan adalah, bayi yg diare minum asi lebih sedikit dr biasanya, tapi ortu ga ngeh, akhirnya ga ketahuan kalau sudah dehidrasi =( hiks.

Reply

Interlac. Oke mb...makasih infonya. Manfaatnya bnyak, tp harganya lmyn juga ya

Reply

Iya mayan tapi khasiatnya manteb, anakku sembelit kasih aja Interlac langsung pup

Reply

Nah bapak, bagaimana penjelasan ibuk Dian? Semoga ngerti ya...

Reply

Ya pokoknya permasalahan yang terjadi di pencernaan, Insya Allah bisa :)

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...