Menu

Friday, 20 October 2017

/


Tidak terasa, pemerintahan Jokowi Jk sudah berada di tahun ke 3, tentunya sudah banyak program-program kerja yang dihasilkan. Walaupun permintaan masyarakat banyak, maunya ini-itu, tapi saya rasa, Presiden dan para staffnya juga manusia. Mereka berusaha mewujudkan semua mimpi-mimpi masyarakat, dan tentunya tidak bisa diwujudkan sekaligus dan tentunya bertahap. Karena pak Presiden bukan ibu peri ya boo..

Siang kemarin, 19 Oktober 2017 bertempat di Gedung Bina Graha, Kantor Staff Presiden (KSP), Jl.Veteran saya diundang untuk menghadiri Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema ”Negara Hadir Mewujudkan Rasa Aman Melalui Perwujudan Stabilitas Politik dan Keamanan, Keadilan Hukum dan Pemajuan Kebudayaan”. Diskusi forum hasil kerja sama antara KSP dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ini turut dihadiri beberapa Mentri antara lain :
Menhan, Ryamizard Ryacudu, Menkumham, Yasonna H Laoly, Menteri PANRB, Asman Abnur, Sekjen Kemenag, H Nur Syam, Mendikbud, Muhadjir Effendy, Mendagri, Tjahjo Kumolo, Kapolri Jendral Tito Karnavian, Kasum TN Laksdya Didit Herdiawan, Wakil Jaksa Agung Bambang Waluyo, Sestama BNPT Mayjen TNI R Gautama Wiranegara dan Kepala BNPB Willem Rampangilei. Diskui siang itu



Dalam diskusi serunya, pak Wiranto mengatakan indeks demokari di beberapa daerah menurun, itu karena pelaksanaan Pilkada di beberapa daerah memprihatinkan. Tapi tingkat pemilih meningkat dari 69,2% di tahun 2016 menjadi 74,5% di tahun 2017. Dan jika dimasukkan ke dalam indeks, demokrasi di Indonesia ini dalam kategori sedang diatas 70%.
Penyelenggaraan Pilkada serentak di tahun 2017 yang berlangsung aman dan lancar membuktikan bahwa kualitas demokrasi semakin membaik.
Bidang koordinasi politik luar negri, Indonesia berhasil melaksanakan dan menyepakati 11 kegiatan ini terbanyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 8 dan di tahun 2018-2019 yang hanya 8 juga.
Di bidang Polhukam Indonesia juga berupaya memerangi terorisme dan radikalisme. Sebab ini adalah ancaman untuk bangsa Indonesia, dan pastinya harus diberantas sebab akan memperlemah pertahanan negara. Upaya yang sedang dijalani pemerintah saat ini adalah membuat posko perbatasan dengan baik, dan ini sedang diupayakan pembangunannya dengan sempurna untuk menghindari ancaman dari luar. Sebab pertahanan Indonesia dibangun dari pinggiran,  kalau tidak akan Indonesia akan lemah. Sering kan kita lihat bangunan kumuh pos-pos penjagaan di tapal batas. Bagaimana kondisinya? Memprihatinkan., sekarang PLBN (Pos Lintas Batas Negara) dibuat sebaaik mungkin, agar bapak-bapak tentara semangatnya berlipat menjaga Indonesia. Sebab ini kerja yang teramat berat, perdagangan narkoba tidak lolos di bandara. Tapi bisa lolos di tapal batas sebab kekuatan yang lemah. PLBN ini dibangun untuk mengembalikan citra Indonesia, bahkan sebab pembangunan PLBN yang baik, bisa menjadi tempat wisata baru untuk bangsa sebelah :D, selain itu tingkat kesejahteraan prajurit pun ditingkatkan melalui pembangunan 7.761 rumah prajurit di tahun 2017.


Perlindungan untuk WNI di luar negri pun meningkat, di 3 tahun pemerintahan Jokowi JK, sebanyak 29 WNI yang disandera telah dibebaskan, 204 WNI yang terancam hukum telah diselamatkan, 4 ABK yang disandera telah dibebaskan, 25.620 kasus di luar negri telah diselesaikan, 1035 perdagangan manusia diselesaikan dan 142.733 TKI telah dipulangkan kembali ke tanah air .
Dalam penanggulangan radikalisme pemerintah menggunakan pendekatan hard approach dan soft approach, inilah sebabnya Indonesia mendapatkan banyak sekali apresiasi Karena telah banyak menanggulangi terorisme. Pendekatan hard approach dilakukan dengan tindakan tegas, atau menindak secara langsung terorisme. Sedangkan pendekatan soft approach dilakukan dengan  banyak program kegiatan dengan tujuan untuk mencegah adanya kembali terorisme, diantaranya :
  • Program pendidikan karakter
  • Penunjukan duta damai
  • Penggalangan tokoh masyarakat
  • Penyusunan standar literasi media islam online
  • Pengamanan perbatasan
  • Operasi kontra radikalisme dan terorisme
Dan ini membanggakan karena kesadaran dan kepedulian masyarakat semakin tinggi dalam menolak dan melawan aksi terror.
Reformasi hukum di Indonesia pun menunjukan dampak positif, dalam menangani kasus HAM di Papua, Indonesia pun memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan kasus disana karena sudah sangat rumit sekali. HAM di Papua sulit ditelusuri karena terkendala dengan pembuktian dan kesaksian. Selain itu Papua adalah daerah yang masih terikat dengan hukum adat, misalnya ditemukan bukti pembunuhan, polisi sangat sulit mengidentifikasi korban, karena hukum adat tidak memperbolehkan adanya otopsi. Jadi faktanya yang terjadi di lapangan, kasus HAM di papua sudah ditanggulangi hanya hukum adat yang menyulitkan.


Sementara Mentri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) menyampaikan beberapa pencapaian pemerintahan 3 tahun Jokowi-JK.
Birokrasi pada pemerintahan harus mengalami reformasi. Di beberapa pemerintahan tahun kemarin, anggaran negara diberikan tetapi banyak program yang tidak jelas terlaksana. Di pemerintahan Jokowi-JK, kementrian harus menyusun rencana kerja secara transparan dulu lalu anggaran akan diberikan. Ini diharapkan akan terjadi penghematan besar-besaran anggaran negara.
Selain itu pelayanan publik diharapkan bisa dilakukan di satu pintu untuk mengurangi celah korupsi. Pemerintah saat ini tengah membangun Mall pelayanan publik. Di dalam mall ini masyarakat bisa mengurus semua dokumentasi pribadi, seperti SIM, KTP, Pajak, Bank, dll saat ini Mall pelayanan publik sudah ada di Jakarta, Banyuwangi dan Surabaya. Nantinya akan menyusul di kota-kota lain di Indonesia.
Pengadaan CPNS di tahun 2017 pun dilakukan secara transparan, objektif, bebas biaya dan KKN. Di Pemerintahan Jokowi-JK CPNS yang ditargetkan bertujuan untuk mengembangkan wilayah perbatasan, terpencil terluar. Diharapkan Indonesia maju dari daerah dulu.


KemHan ikut pula menyampaikan pencapaian 3 tahun kerja Jokowi-JK
TNI adalah nadi bangsa Indonesia, TNI pulalah yang membantu kestabilan dan keamanan bangsa, untuk itu TNI mulai disejahterakan. Selain itu pemerintah berupaya membangun TNI yang profesional, hal ini ditunjukkan dengan adanya anggaran untuk TNI yang terus meningkat.  Anggaran ini ditujukan untuk pembangunan rumah prajurit *yang telah saya sebutkan diatas*, pengamanan perbatasan, lalu merenovasi pos keamanan perbatasan di Kalimantan, NTT dan Papua. Dalam pencapaian  industri pertahanan dalam negri Menhan menjelaskan, Indonesia telah melakukan kerjasama dengan Korea dalam pembuatan Tekhnologi kapal selam dan ini telah selesai, dan saat ini tengah mengalami pengujian di laut. Sementara kapal selam ketiga sedang dalam pembuatan di Jepang. Diharapkan ini akan membantu kinerja TNI angkatan laut kedepan.
Untuk masyarakat, pemerintah akan melakukan pelatihan ‘Bela Negara’ saat ini sudah 74,3 juta orang telah menjadi kader bela negara. Bahkan perploncoan pada kampus-kampus dan sekolah-sekolah dihapuskan menjadi pelathian Bela negara ini. Diharapkan anak-anak bangsa akan tumbuh semangat patriotism dalam membela tanah air


Kira-kira seperti itulah diskusi kemarin yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah kecintaan rekan-rekan sekalian terhadap Indonesia. Merdeka..!!


8 comments

Bangga dan seneng banget ama hasil kerja pak jokowi- Jk ini. Hasilnya terasa dan kliatan kok.. Selalu berdoa pak jokowi sehat, dan ttp amanah menjalankan tugasnya.. :)

Reply

saya masih bingung apa esensi bela negara itu. merasa cinta negeri ini dengan cara militer kan. atau mencintai karena merasa bagian dari warga negara. membingungkan

Reply

Ah yang hadir jajaran petinggi negaara semua ya mbak. Saya jd lebih tahu sekarang. Semoga Indonesia makin aman dan jaya

Reply

Amin... semoga blio sehat selalu :)

Reply

Ya karena Indonesia sedang dalam 'bahaya' kasat mata hehe.. untuk mengangkal terorisme dan radikalisme, jd itu tu semacam memberikan pemahaman pada anak2 remaja untuk turut andil membela negara

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...