Menu

Monday, 28 August 2017

/

Jakarta dengan segala hingar bingar perkotaan dan gaya hidup metropolisnya, sangat memikat banyak orang untuk mencari penghidupan. Tidak heran kalau kota yang luasnya sekitar 661,52 kilometer persegi ini diisi oleh 10 juta jiwa lebih. Itu yang terdata, dipastikan masih banyak lagi yang belum memiliki KTP DKI.

Soal metropolitan, Jakarta juaranya. Menurut penelitian, kota yang dulunya disebut sebagai Batavia ini merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, atau urutan kedua di dunia. Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, di sana banyak berdiri kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, sampai perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat ASEAN. Sebagai pusat bisnis, Jakarta merupakan kota dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Saat ini, lebih dari 70 persen uang negara beredar di sana. Hal tersebut ditunjang oleh sektor perdagangan, jasa, properti, keuangan dan industri kreatif. Beberapa pusat dagang di Jakarta seperti Tanah Abang dan Glodok. Nah, melihat fakta di atas, sepertinya mustahil untuk liburan di Jakarta dengan suasana sejuk dan pepohonan rindang. Ternyata Ibu Kota bukan cuma memikat untuk bekerja, tapi juga berlibur.
Tempat liburan di Jakarta biasanya hanya seputar gedung-gedung bertingkat. Seperti mall, bioskop, kedai-kedai kopi, dan restoran mahal. Meski begitu, Anda bisa mencoba menjelajahi tempat lain yang memiliki atmosfer berbeda. Bosankan main di mall melulu?
Jangan pesimis dulu. Ada tempa tseru yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai bersama keluarga, teman atau orang terdekat. Salah satunya adalah taman kota.
Meski disesaki oleh gedung pencakar langit yang tinggi menjulang, ditambah dengan pembangunan jalan yang cukup mengganggu pemandangan. Jakarta menyimpan kesejukan lewat taman kota yang ada di beberapa daerah. Mulai dari selatan, utara, pusat, timur dan barat Jakarta.

Dimana saja taman kota yang bisa Anda kunjungi? Beriku tempat pilihannya!

Taman Fatahilah
 Taman ini sebelumnya bernama Stadhuisplein dan merupakan lapangan di kawasan pusat Kota Tua Jakarta. Di tempat ini berdiri beberapa bangunan tua seperti bekas Balai Kota Jakarta (sekarang Museum Fatahillah), Museum Wayang, Kantor Pos Kota, dan bekas gedung Pengadilan Tinggi Batavia (sekarang Museum Seni Rupa dan Keramik). Tempat ini dinamakan Fatahillah, seorang tokoh yang berhasil merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis. Di sana, Anda bisa menambah ilmu pengetahuan lewat sejarah, sampai berfoto dengan banyak badut-badut, tokoh unik dan lucu.

Taman Suropati
 Taman ini sudah didirikan sejak tahun 1920 dan menjadi salah satu taman tertua di Jakarta. Taman Suropati terletak di kawasan Menteng, tepat di pertemuan Jalan Imam Bonjol, Jalan Teuku Umar dan Jalan Diponegoro.

sumber : infojakarta.net

Kalau kesini, jangan heran hampir semua kalangan yang melakukan aktivitas. Ada yang mengajak jalan hewan peliharaan, bermain musik, jogging, atau sesederhana duduk bersantai menikmati angin dan udara yang sejuk. Anda harus merasakan sejuknya duduk-duduk di bawah pohon-pohon besar yang usianya sudah ratusan tahun. Taman Suropati dilengkapi dengan jogging track, WiFi, permainan anak-anak. Kolam air mancur dan ikan-ikan di bagian tengah taman turut menambah keasrian Taman Suropati.

Taman Mangrove
Terletak di utara Jakarta, taman ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak atau keponakan. Di sini Anda bisa bermain sambil belajar melihat pohon mangrove di tempat aslinya.
Kawasan yang diberi nama Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Angke ada di JalanPantai Indah Utara I, Penjaringan, Jakarta Utara. Bisa di datangi dengan naik mobil pribadi atau angkutan umum. Selain mengamati pohon mangrove, anak-anak bisa melihat-lihat aneka satwa yang berumah di sana, seperti burung bangau, burung merpati, kepiting dan beberapa jenis ikan kecil.

Taman Situ Lembang
Taman ini terletak di jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, tepat di tengah-tengah pemukiman warga.  Di sana ada banyak fasilitas. Seperti tempat pemancingan, toilet, Wi-Fi, bangku taman, taman bermain anak, juga trek jalan berbatu untuk terapi. Taman ini punya cirri khas berupa sebuah danau buatan yang dihiasi air mancur dan bunga-bunga teratai.

sumber : money.id

Dulu Taman Situ Lembang nyaris tidak dilirik orang karena kumuh dan tidak terawat. Setelah ditata ulang taman ini jadi menarik dikunjungi, terutama kalau Anda hobi memancing. Beristirahat di Taman Situ Lembang di tengah teriknya cuaca bisa membuat Anda segar kembali.

Taman Medan Merdeka
Taman ini populer sebagai Monas. Ada banyak sekali Manfaat dari taman ini. Seperti menberikan pendidikan alam, kebon Botani, pengarah, penyejuk, keindahan kota, bio-filter terhadap polusi udara, suara dan cahaya serta mempertinggi fungsi peresapan air. Sebaiknya Anda membawa bekal sendiri karena pedagang asongan dilarang berjualan di taman ini.

Sudah siap menjelajahi taman sejuk di tengah kota sibuk Jakarta? Yuk, cari promo hotel murah di Jakarta mulai sekarang! Pastikan juga Anda temukan hotel murah di Jakarta di Reservasi.com karena banyak kamar menarik yang bisa dipesan dengan harga terbaik!


13 comments

Terima kasih sudah membahas berbagai taman, jarang ada yang menulis mengenai taman di Jakarta. Tambah satu yang terbaru dong Taman Kalijodo ... salam kenal ya Wahjoe

Reply

baru ke taman Fatahillah doang selebihnya baru tahu malah hehehe Jakarta kayak Bandung juga y banyak Taman tinggal macetnya doang semoga berubah :p

Reply

Kalo mall dimana2 juga ada yaa Mandaaa 😁😁

Reply

Jakarta emang identik mall ya. Mimpi saya siy pengennya Jakarta bisa lebih banyak tamannya. Biar gak mall aja

Reply

Ternyata Jakarta banyak taman hijau nya juga ya hehehe. Jadi penasaran nih pengen ke Jakarta.
Btw salam kenal ya mba Amanda, blog yang sangat bagus.

Reply

Jadi penasaran dengan lokasi-lokasi tersebut, terima kasih informasinya

Reply

Oooh iyaaa Kalijodo ya, ga kepikiran hihi

Reply

Hooh moga berubah ya Jakarta setelah dipindah ibukotanya

Reply

Hooh lama2 bosen juga ya liat Mall dimana2

Reply

Terimkasih sudah berkunjung. Iya nih dikira orang banyaknya cuma gedung kali ya :D

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...