Menu

Tuesday, 2 May 2017

/

Menanamkan modal atau berinvestasi seringkali menjadi sesuatu yang perlu di pikirkan lebih dalam karena takut akan resiko yang mungkin terjadi, misalkan investasi ternyata bodong, investasi bukannya bertambah malah merugi, takut uang di bawa lari dan seribu satu macam kekhawatiran lainnya. 

Salah satu investasi menarik adalah reksa dana yakni sebuah wadah investasi lebih detailnya menurut  Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27) bahwa  Reksa dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal atau investor yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Maka sebenarnya reksa dana mudah tidak perlu khawatir jika menanamkan modal di jenis investasi ini.


Meskipun reksa dana mudah tetapi perlu di ketahui apa sajakah resiko dan keuntungan yang di dapat jika berinvestasi disini. Resiko yang mungkin terjadi adalah;
     Menurunnya NAB atau Nilai Aktiva Bersih, instrumen investasi reksa dana dapat mengalami penurunan, penurunan dapat terjadi dari harga pembelian awal, hal ini dapat terjadi akibat dari kinerja bursa saham yang memburuk, terjadinya kinerja emiten yang memburuk, situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu, dan penyebab lainnya.
     Likuiditas, hal ini terjadi terjadi apabila terjadi rush yakni penarikan dana secara besar-besaran. Pemegang unit penyertaan reksa dana pada salah satu  manajer Investasi tertentu ternyata melakukan penarikan dana dalam jumlah yang besar pada hari dan waktu yang sama. Rush dapat mungkin terjadi apabila situasi politik dan ekonomi semakin memburuk, terjadi penutupan saham hingga kebangkrutan saham dan obligasi serta akibat dilikuidasinya atau dibekukkan perusahaan manajer investasi yang mengelola Reksa dana.
     Pasar, resiko pasar terjadi diakibatkan bearish yaitu terjadinya penurunan harga-harga saham atau instrumen investasi lainnya, bahkan mengalami penurunan harga yang sangat drastis.
     Default, resiko ini dapat terjadi karena pembelian obligasi oleh manager investasi milik emiten yang mengalami kesulitan keuangan. Pembelian ini malah berakibat pada kerugian bukannya keuntungan.


PT BNP Paribas yang profesional memiliki kredibilitas yang baik stabilitas posisi keuangan, transparansi, pengendalian risiko dan kepatuhan yang ketat, maka berinvestasi sangat mudah dengan program aku bisa investasi dengan mempelajari jangan takut resiko dan segera kunjungi website BNP Paribas, sehingga investasi menengah dan jangka panjang ini dapat menjadi bagian dari kemajuan investasi anda.
10 comments

Tfs kak, saya dan suami sedang belajar invest reksa dana nih^^

Reply

mantep nih, yang paling males itu pas isi form awalnya yang untuk penilaian risiko. panjaaaaaaaaaaangnya minta ampun

Reply

Iya, saya juga mba ^^

Reply

Haha, ngisi form panjang nikmati ajah :D

Reply

aku juga ikut reksadana dari tahun 2013, sekarang belum cek lagi berapa pertumbuhannya

Reply

Mulai tertarik sama reksa dana tapi masih nyari2 info tambahan dulu nih biar ga salah ambil keputusan :)

Reply

baru tau tentang raksa

Reply

Selamat belajar :D

Reply

Silahkan belajar hehe

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...