Menu

Saturday, 6 May 2017

/

Bagaimanapun hidup adalah pilihan. Kita pun nggak bisa protes jika Allah sudah menakdirkan akan seperti apa hidup kita, salah satu takdir yang kejam harus dijalani adalah ‘MERANTAU’, Merantau punya makna berpindah dari daerah yang biasa kita tinggali, ke tempat asing yang belum pernah ditinggali sebelumnya. Di tanah rantau, pahitnya nih tidak ada keluarga terdekat selain tetangga atau kerabat, yang ada hanyalah orang baru yang akhirnya kita anggap keluarga karena kita menjalin kekerabatan baik dengan mereka.
Waktu tinggal di Ambon sendiri pas pertama kali datang, saya tuh nggak kenal siapa-siapa, nggak punya siapa-siapa, sampai saya dipertemukan bude Lies tetangga dekat rumah yang akhirnya menganggap saya sebagai anak. Bude Lies juga perantau tapi beliau kemudian nikah dengan orang lokal yang membuatnya malah menetap di Ambon dan membawa serta kedua orangtuanya untuk membuka usaha disini. Lama berselang datanglah sesama perantau, mereka rekan kerja suami yang sama-sama mencari nafkah di Ambon, mereka juga kemudian membawa istri-istri mereka, dan kemudian kami seperti menjadi bagian dari keluarga, karena ngerti susah, senang, bareng hehe.. karena sering ngumpul dan curhat bareng.
Nah kalian pasti tau banget kan kalau Ambon itu adalah kota musik, dan banyak banget musisi lokal menghasilkan karya-karya emasnya dalam bermusik. Dari sekian banyak kota di Indonesia yang saya lihat, musisi lokal Ambon kayaknya paling banyak menghasilkan karya lagu pop, hip-hop, dangdut, regge, bersaing sama musisi lokal Jawa. Ini serius, pokoknya kalau saya naik angkot, saya selalu nemu lagu-lagu baru. Dan lagu-lagunya keren-keren banget.

Tapi jangan kaget kalau lagu-lagu mereka banyak yang bertema cinta dan persahabatan bukan seperti yang kalian nilai bagaimana orang Ambon itu karena mereka berbadan hitam dan bertubuh besar. Bedaaaa jauh antara badan dan lagu. Diantara sekian banyak lagu itu pula musisi lokal mereka banyak menghasilkan lagu yang mengungkapkan rasa cinta mereka pada tanah Maluku, membuat anak-anak Ambon yang merantau bakalan susah move on dan pengen balik cepat-cepat ke tanah lahir mereka. Saya aja nih yang bukan anak Maluku tapi lama tinggal di Maluku itu baper banget denger lagu-lagu mereka, berasa saya kudu pulang kampung buat nengok kembali Maluku. Nah loh, pasti penasaran dong lagu-lagu baper itu apa aja dan kayak gimana

Game Pulang Sysilia, Tomy, ft Kelvin ( 1 Darah )
Indah negriku
Maluku tercinta
1000 pulau membentang
Beta seng bisa lupa
Biar jauh
Hati rindu mo pulang
Game bale liat, Maluku manise
Dalam sabuah lirik, lagu ini menekankan, kalau Maluku itu nggak bisa dilupain sama sekali karena pulau-pulaunya bikin kangen             
  


MALUKU GAME - Basudara [ Rap Mollucan Labrak ] Lagu Ambon 2016 J-Beat
Beta seng mungkin mo lupa Beta pung tana tumpa darah
Biar sampai kapan lai Maluku selalu di hati
Biar hidup di tanah orang tapi katong baku sayang
Dalam liriknya, mereka menekankan tanah lahir mereka melahirkan orang-orang yang selalu saling menyayangi, bikin mereka nggak bisa lupa tanah asalnya



Yang lagunya rada hiphop juga ada :D
MALUKU GAME PULANG - GA'ME
Hey.. Jang lupa gandonge
Tanah putus pusa
Tanah perjanjian par katong samua
Biar katong su jau
Tapele gunung deng tanjong
Tau tempa putus pusa? Artinya tempat puput tali pusar mereka. Disini juga dijelaskan bahwa kontur daerah mereka yaitu gunung dan tanjung bikin mereka nggak bisa lupa,


Lagu di bawah ini nggak tau siapa yang nyanyinyin tapi sumpah lagu ini bikin baper T_T
Hari-hari rindu e..
Malam-malam mimpi e..
Ingat-ingat Maluku manise..
Beta ingin pulang e
Kumpul basudara e
Makan sagu deng cakalang..
Sio gandonge..
Maluku Manise..
Maluku Manise..
Bayangin aja, Maluku sangking ngangeninnya sampe kebawa-bawa mimpi :D 


Maluku Game Pulang
Katong samua basudara
Satu bangsa satu nama, Maluku..
Tanah tumpa darah     
Jang lai ada kata marah, ale rasa beta rasa
Mari katong sama-sama biking manis Maluku
Lagu ini simpel tapi bikin anak-anak Maluku pengen bersatu dan bikin Maluku jauh lebih baik



Dan masih banyak lagi lagu-lagu dari Ambon yang bikin baper dan bikin anak-anak Maluku yang ngerantau pingin balik pulang, coba aja search di Youtube ‘Maluku Game Pulang’ tuiiing langsung keluar ratusan lagu, semuanya mengingatkan anak-anak rantau tentang tanah asal mereka. Kalau dilihat-lihat sih liriknya sama aja ya, muter disitu-situ juga tapi begitulah musisi Maluku, mereka piawai bikin lagu dan akhirnya walaupun liriknya sejenis lagunya beda-beda. Lalu bagaimana, anana Maluku, ose rindu mo bale kaseng?


18 comments

jadi inget bapakku dulu sengaja beli kaset lagu2 ambon apa maluku y lupa tp lagu2nya daerah gitu kata bapak lagu kek gini enak dibdg lagu2 yg uda ada dizaman itu.

Reply

bapersaya. Blom pernah menginjak indonesia Timur, dan Maluku adalah salah satu destinasi terbaiknya

Reply

Banyak jg ya lagu2 maluku

Reply

Mba, aku yg bukan orang maluku aja, merinding dgr lagu2nya. Berasa bangga kalo maluku bagian dari indonesia.. Kita punya pulau seindah itu :) .. Dan ini bikin aku jd pengeeen bgt thn depan beneran bisa ke maluku, Insya Allah

Reply

kirain manda yg nyanyiin lagunya :D

Wah, banyak pengalaman hidup di banyak kota nih manda (y)

Reply

Dari kecil aku akrab dengan lagu irama Ambon, meskipun tak hafal syairnya, heheh. Bikin kita pengin goyang, lagunya riang

Reply

Nyong Ambon banyak yg jadi penyanyi terkenal, suaranya bagus baguuuuss...

Reply

Saya taunya laginya Glenn aja. Glenn orang Maluku kan ya, haha...

Reply

suaranya bagus-bagus kalau orang Maluku, ya ^_^

Reply

Ambon ya ibukota Maluku mba qiqiqi... piye toh, emang dah lagu-lagu Maluku tu enak2 banget

Reply

mudah-mudahan besok y mba bisa ke Timur

Reply

kayaknya paling produktif dibuat mbak :D

Reply

Tahun depan juga aku pengen balik lagi ke Maluku hehe,, barengan aja yuk hehe

Reply

gyaaah... suara saya nggak seindah ituh :D

Reply

Hahaha... betul ee :D

Reply

Iya, banyak yg bagus :)

Reply

eaaa.. tapi glen kagak bikin lagu Ambon mbak :D

Reply

Iya mba aku seneng dengernya ^^

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...