Menu

Thursday, 9 March 2017

/

Yipiiie.. sudah masuk hari ke 3, tantangan 30 hari main bersama morinaga Mi playplan. Sejauh ini sih Naqib menikmati acara bermain kita, dia terkejut-kejut dengan permainan yang baru saya kenalkan, pasalnya setiap main, acara main kita ya gitu-gitu aja, paling mendongeng, mewarnai, atau main lego, jarang banget main yang menggunting-gunting dengan intens setiap hari. Anyway, sudah lihat acara main kita di hari kemarin? Kalau belum bisa dilihat disini

Nah hari ini saya nggak ngajakin main gunting-gunting, karena hari ini kita akan bermain musiiiiiikk.. yeaaay! Dan di pagi yang hujan bin mendung ini saya ajak Naqib main drum.. drum..drum, dan ini masuk dalam kecerdasan Musikal,

Apa itu kecerdasan Musikal?
Kecerdasan musikal adalah kecerdasan yang menekankan kemampuan memahami musik sebagai media untuk mengeskpresikan diri.


Ciri-ciri kecerdasan Musikal :
  • Senang musik dan mendengarkan lagu.
  • Cepat mengingat lagu yang baru didengarnya, baik irama maupun liriknya.
  • Peka terhadap berbagai suara dan nada.
  • Mampu menyanyikan lagu dengan baik.
  • Senang membuat musik dengan anggota tubuhnya dan benda disekitarnya.
  • Mampu menciptakan lagu.
  • dan lain-lain.


Bagaimana cara menstimulasinya?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh Bunda dan Ayah untuk mengembangkan kecerdasan musikal Si Kecil, antara lain dengan cara:
  • Bernyanyi untuk Si Kecil sambil mengerjakan kegiatan sehari hari.
  • Bernyanyi bersama sambil menari.
  • Bermain tebak suara.
  • Membuat alat musik dari benda disekitar.
  • Menirukan berbagai macam bunyi.
  • dan lain-lain.



Lalu apa yang saya lakukan untuk merangsang kecerdasan Musikal ini pada Naqib?
Ya itu tadi saya ngajak dia buat main gendang-gendangan hihihi…
Si Kecil kan biasanya tertarik dengan benda yang mengeluarkan bunyi. Kegiatan ini akan mengajak Ayah Bunda untuk membuat drum dari kumpulan kaleng bekas. Drum ini cocok untuk melatih kemampuan Musikal Si Kecil dan juga membiasakan Si Kecil untuk menggenggam benda kecil lalu memukulkannya ke suatu benda.

Tujuan Pencapaian:
  • Melatih kemampuan memahami irama.
  • Melatih gerakan-gerakan motorik halus dengan menggenggam sumpit dan memukulkannya pada benda.


Alat dan Bahan:
  • Kaleng-kaleng bekas yang telah dibersihkan.
  • Lakban.
  • Sumpit.
  • Kertas warna.
  • Double tape.
  • Gunting.




Cara Membuat: 
  • Hiaslah kaleng-kaleng menggunakan kertas warna.
  • Kumpulkan kaleng menjadi satu dan rekatkan menjadi satu dengan menggunakan lakban.


Cara Bermain:
  • Berikan sumpit pada Si Kecil dan ajarilah Si Kecil bagaimana cara memegang sumpit dengan benar
  • Arahkan Si Kecil untuk memukulkan sumpit pada kaleng-kaleng tersebut.





Evaluasi :
  • Adik/ Kakak punya mainan baru apa?
  • Bagaimana cara mainnya?
  • Apakah Adik/ Kakak merasa sulit untuk memainkannya?


Evaluasi untuk Naqib :
Karena saya nggak ada kaleng bekas dirumah, saya pakai aja galon dirumah yang kebetulan lagi kosong *niat banget yak*, saya putarkan lagu, saya suruh Naqib untuk jadi musik pengiring lagu tersebut. Naqib seneng banget, dia semangat sekali untuk menabuh drumnya. Selengkapnya bisa dilihat pada video heboh dibawah hahah



Dan ini adalah hari ketiga kita bermain, masih ada tantangan di hari esok, semoga Naqib nggak bosen yah :D
16 comments

kreatif mba :) pake sumpit xixixi

Reply

Mantap, Naqib makin cerdas dan kreatif ya

Reply

Naqib mau jadi pemain drum yaa. Hihii. Benar sekali mensiasati dengan qalon malah lebih bagus :)

Reply

Iyess.. Ayo coba dirumah 😁

Reply

Asyiiiiiik 😁😁

Reply

Makasih ummi Aisyah 😄

Reply

Iya kali tante.. Klo tante yg nyanyi juga boleh 😁😁

Reply

Music is always fun to enjoy.. seru banget itu yang main drum hehe

Reply

Mantab.. Belajar sambil seru-seruan dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kita.. Kreatif dan patut ditiru..

Reply

Tfs Mbak, suka banget tulisan kayak gini semoga bisa mengamalkannya nanti aamiin

Reply

Wah seru ya ada tantangan dari Morinaga gini. Semoga Naqib bisa melewati semua tantangannya ya :D

Reply

Huum.. Dia ngebayangin jd drummer kali ya hihi

Reply

Selamat mencoba dirumah ^^

Reply

Amiiiin.. Semoga bermanfaat ya 😇😇

Reply

Yeees.. Makasih tante Nita °^^,

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...