Menu

Friday, 17 February 2017

/

Menjaga kesehatan tubuh pada saat ini harus selalu diutamakan, sebab kalau sudah terserang penyakit rasanya aduh mama sayangee.. hancur semua kegiatan yang penting-penting. Salah satu penyakit yang sebetulnya ringan tapi sangat mengganggu adalah panas dalam. Ciri yang paling menonjol ketika terserang panas dalam adalah kesulitan menelan, bibir pecah-pecah dan tenggorokan terasa panas. Bahkan sariawan biasanya muncul secara bersamaan dengan terjadinya panas dalam, yups satu paket komplit. Nggak enak kan? Lalu, apa sih yang menyebabkan panas dalam, padahal kan penyakitnya sepele, apa penyebabnya sepele juga?


Panas dalam bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya :
  • Makanan yang tidak sehat, misalnya goreng-gorengan menggunakan minyak yang sudah berkali-kali dipakai, makan-makanan yang terlalu sangat pedas, makanan berlemak, makanan yang terlalu panas yang bisa menyebabkan tenggorokan iritasi.
  • Minum es pada saat udara sedang terik dan panas *berarti bukannya bikin seger malah tambah bikin sakit dong ya?*
  • Udara yang tidak sehat yang dapat menyebabkan polusi udara. Kondisi udara yang tidak bisa diterima tubuh juga bisa, apakah terlalu panas atau cuaca terlalu dingin
  • Kurang minum air juga bisa menyebabkan terjadinya panas dalam, karena makanan bisa menempel ditenggorokan. Nah mungkin makanannya ada yang digoreng, sisa-sisa gorengannya kemudian nempel deh di tenggorokan
  • Kekurangan asupan vitamin C, dan daya tahan tubuh yang lemah
  • Hormon yang nggak tidak seimbang, misalnya kurang tidur, kelelahan dll
  • Dan banyak hal lainnya yang sebetulnya sepele tapi itulah salah satu penyebab panas dalam yang paling berbahaya


Bagi orang dewasa, panas dalam itu nggak enak banget ya. Makan nggak bisa tertelan, makan nggak nikmat banget, rasanya serba salah, makan sakit, nggak makan laper. Nah itu bagi orangtua, bagaimana bagi anak-anak, pasti anak-anak ini akan sangat tersiksa sekali. Mereka akan rewel sepanjang hari, susah makan dan jadi malas beraktifitas.


Dulu saya nggak tau, bagaimana cara menyembuhkan panas dalam anak dengan cepat. Kalau buat orang dewasa sih gampang, tinggal parut beberapa buah kunyit, kasih santan dikit, kasih gula merah, nah minum deh tuh pakai air hangat, rasanya nggak enak tapi cepat nyembuhin panas dalam. Kalau ramuan tradisional ini dikasih ke anak, apa dia nggak muntah-muntah sangking nggak enaknya. Wkwk.. atau dengan cara lain misalnya minum air kelapa, tapi kan ribet juga nyari kelapa muda deket-deket rumah, susah nyarinya hihi.. atau anak-anak disuruh makan cincau, ya kalo suka, kalo nggak suka gimana, udah dibeliin tapi nggak dimakan. Udahlah pakai cara yang praktis aja, untungnya kemudian saya menemukan cap kaki tiga untuk anak dengan kemasan bergambar kartun Disney. Rasanya pun disesuaikan dengan lidah anak, yaitu rasa stroberi, leci dan jeruk dan juga tidak terlalu manis. Naqib suka dengan semua rasanya selain gambarnya yang lucu- lucu banget.



Lalu kandungan cap kaki tiga anak ini apa saja ya?
  • Gypsum Fibrosum, konon katanya bahan ini digunakan oleh para peracik ramuan pada jaman tiongkok kuno sebagai salah satu ramuan penyembuh
  • Calcitum Obat ini adalah kelompok kalsit dalam mineral kelas karbonat, dihasilkan di granit atau dekat batuan kapur. ditemukan terutama di Provinsi Henan, Anhui, Jiangsu, Zhejiang, Jiangxi, Guangdong, Hubei, dll di China Obat ini digunakan sebagai obat penurun panas, dan juga untuk pengobatan haus yang berlebihan.
  • Air, tau kan air? Masak nggak tau air :p
  • Fruktosa adalah pemanis yang banyak ditemukan di banyak jenis tumbuhan. Dan merupakan gula yang dapat langsung diserap oleh tubuh, yang jelas bukan pemanis buatan yang berbahaya.
  • Perisa ini maksudnya mungkin rasa pada minuman kayak leci, jeruk dan Stroberry
  • Asam sitrat adalah asam organik yang ditemukan pada daun dan buah pada tumbuhan genus citrus. Asam sitrat merupakan pengawet alami untuk bahan makanan, selain untuk penambah rasa asam pada makanan atau minuman
  • Natrium klorida atau garam dapur, berfungsi juga sebagai pengawet pada makanan
  • Jadi cap kaki 3 anak, aman ya? Insya Allah aman karena nggak mengandung pengawet buatan, melainkan pengawet alami dari tumbuhan.





Bagaimana cara penggunaannya?
Untuk pengobatan, minum 3x sehari ½-1 kaleng. Selanjutnya diminum 1 kaleng 1x sehari. Kalau Naqib karena nggak ada gelas takar dirumah ya udah, 1 kaleng itu buat seharian. Minum 1x 1 kaleng juga udah cukup ngebantu kalau Naqib punya panas dala, sariawan atau tenggorokannya nggak enak.



Khasiatnya Alhamdulillah sih cepet kalau rutin minum ini, biasanya Naqib kalau udah kena radang pasti besoknya batuk. Nah selain diminumin obat batuk, untuk proses penyembuhan agar cepat ya minum ini. Sejauh ini nggak sampe seminggu, dari proses sakitnya sampe sembuhnya paling lama banget 4 hari udah mendingan. Nah selanjutnya diminumin air putih banyak-banyak deh. Hari kelima Insya Allah udah pulih, paling sisa batuknya aja. Semenjak tau khasiatya cap kaki tiga anak ini saya nggak ragu lagi buat milih minuman ini untuk pendamping Naqib kalau dia kena panas dalam
14 comments

Kayaknya baru pernah dengar dan tahu, bahwa ada pengawet dari tumbuhan. Cocok banget nih untuk anak-anak kalau pas lagi panas dalam. Dan makan gorengan itu tidak bisa terkendalikan, kalau di tempatku, tiap hari pasti makan gorengan :D

Reply

anak2ku juga suka minum ini mba, rasanya enak2 sih, cocok buat anak2 :)

Reply

anak2ku juga cocok kalau pake kaki tiga ini mbak...seger langsung adem

Reply

iya ni, produk kaki tiga yang ini emang cocok buat anak-anak.

Reply

Cap Kaki Tiga anak ini memang unggul di kemasan juga, jadi anak kayak nggak berasa dikasih obat, haha... Lagipula ini rasa buah kan ya, jadi berasa kayak minuman kalengan lainnya aja. Moga Naqib sehat2 terus ya :)

Reply

Diminum orang gede juga enak, hehe

Reply

Anak2ku suka banget ini. Air putih tapi ada rasanya.

Reply

Samaa.. Aku juga nggak bisa menghentikan gorengan. Tapi semenjak suamiku kena vertigo jd terkontrol deh makannya 😤

Reply

Dan sembuhnya cepat ya.. 😜

Reply

Amiiiin, terimakasih tante 😍

Reply

Aku yo sukq ngambil persediaan anakku 😛

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...