Menu

Wednesday, 7 September 2016

/


Moms, baper nggak sih semisal punya temen yang sama-sama menyusui bayi, ASInya lebih banyak dibanding kita. Baper pasti, padahal kita sudah melakukan banyak cara agar ASI banyak. Memiliki ASI adalah anugrah, banyak ibu yang tidak bisa menyusui bayinya karena ASInya sulit keluar, nah mungkin tips dibawah dapat diikuti jika mommy-mommy ingin memiliki ASI yang melimpah,


  • Ketika hamil, paksakan untuk makan sayur dan buah. Misalnya muntah, makan lagi, muntah makan lagi, jangan patah semangat untuk tidak makan sayur dan buah. Kan demi buah hati tercinta nih Bun. Ketika melahirkan juga teruslah makan-makanan bergizi, hindari kopi, MSG atau mie instan. Wah ketika saya hamil dan melahirkan nyaris 2 tahun saya nggak nyentuh semuanya. Kangen sih tergoda buat makan, tapi ketika inget perkembangan anak, berasa ngeliat makanan yang nggak enak
  • Jangan lupa meminum madu sebagai suplemen alami
  • Jangan pasang KB dulu ya Bun, karena akan mengganggu keseimbangan hormon. Tenang aja nggak bakalan kebobolan jika didiskusikan dengan suami Anda. Para bapak juga sebaiknya ngerti dong, kan mamahnya baru aja melahirkan. Jika ingin berhubungan pakailah sistim kalender atau alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormone, kondom misalnya. Ingat ya, para bapak jangan egois.
  • Sebelum melahirkan rangsang puting anda untuk keluar, puting yang masuk inilah yang menyebabkan bayi Anda susah untuk menyusui. Akibatnya apa kalau dia males menyusui, ya ASInya nggak keluar-keluar kan bun?
  • Jangan lupa banyak minum air putih, usahakan 8-10 gelas perhari agar pasokan mineral di dalam tubuh Bunda meningkat.
  • Pijat-pijat dengan lembut payudara Bunda dengan minyak zaitun pada saat hamil. Mintalah bantuan suami untuk memijatnya *yang baca jangan ngeres plis*, saya pernah baca jika ayah membantu memijat payudara Bunda maka akan tercipta sebuah hormone, nah hormonnya ini yang saya lupa namanya *mungkin ada yang tau* :D dan ini bisa membantu produksi asi melimpah. Karena perasaan cinta yang tercipta ini lah yang membangkitkan hormone tersebut.
  • Cara agar Asi banyak selanjutnya adalah, jangan stress dan berfikir bahwa kalau nggak bisa ngasih ASI adalah ibu paling gagal sedunia.
  • Berikan ASI terus menerus, karena jika terus dihisap oleh bayi, maka akan membantu merangsang keluarnya ASI. Jangan patah semangat untuk terus memberikan ASI walaupun tidak keluar. Anggap saja latihan menyusui untuk dedek bayi 
  • Olahraga ringan, agar darah mengalir lancar sampai ke payudara misalnya dengan berenang, berjalan-jalan santai sore dan pagi hari
  • Ketika ASI tak kunjung keluar jangan langsung berikan SUFOR, hal inilah yang menyebabkan produksi ASI turun karena jarang disusui kan.
  • Berikan ASI secara bergantian dari payudara yang kiri ke kanan, gunanya agar terus merangsang ASI keluar dari 2 saluran ini
  • Jika Asi tak kunjung juga keluar, sebaiknya dikonsultasikan pada dokter ya Bun, jangan pasrah sampai disini aja. Bunda nggak sendirian, saya dulu juga pernah  di masa-masa ini sebagai ibu baru belum bisa menyusui bayi, anak saya nangis mungkin karena kesal makanannya nggak keluar. Tapi saya terus susui dia berbekal seringnya makan buah dan sayur juga seringnya dipijat. Akhirnya ASI saya keluar pada hari ke dua setelah melahirkan, Alhamdulillah karena saya mengikuti tips diatas,


Itulah tips yang dapat saya berikan, mungkin ada yang bisa memberi tips lainnya, cara agar ASI banyak? Sharing disini ya moms..
10 comments

Dan yang terpenting hempaskan fikiran jelek biar selalu hepi dan it's work biar asi-nya kenceng terbukti mba. MInta juga suami biar selalu menghibur klo kita sudah mulai lelah dg rutinitas jd berasa disupport banget. Itu siy mba tambahan dari aqyu xixixi *jd kangen nyusuiin lagi*

Reply

makasih tips-tipsnya Mba :)
bermanfaat banget nih buat saya, soalnya waktu mlahirkan dulu saya termasuk ibu yang gagal memberi asi pada bayiku

Reply

Setuju banget nih sama tips-tipsnyaaa. Yang utama sih jangan stress aja ya mak ibunya, dibawa happy aja proses menyusuinyaaa. Hehee. Makasi tipsnya maaaak :D

Reply

Hormon oksitosin alias hormon kasih sayang. Ini yang bikin ASI lancar keluar :)

Reply

makasih tambahannya mba, sama aku juga kangen nyusuin lagi. Eh tapi ini si abang sulung masih nenen loh T_T ,mksdnya aku kangen disusui bayi bukan bayi gede hahaha...

Reply

Waaaah... jangan patah semangat ya mba T_T

Reply

Iya sama2, terimakasih sudah mampir

Reply

Ooh iyaaa bener, makasih mba sayang

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...