Menu

Monday, 25 July 2016

/

Gigi berlubang? Pernah ngalamin nggak? Saya sih pernah waktu masih SD ini karena kebanyakan makan yang manis-manis, padahal menurut cerita ibu saya, saya pernah juara lomba gigi sehat waktu umur 5 tahun. Sebenernya bisa menang tuh, hanya saja ada setitik kecil lubang kelihatan yang bakalan menjadi biang mengeroposnya gigi, yang tadinya bisa juara umum jadi gagal deh turun di juara harapan. Ya biarin lah ya, yang penting juara. :D Sebenarnya kita punya banyak cara mencegah gigi berlubang yang dimulai sejak dini agar ketika dewasa kita tidak mendapati masalah gigi berkepanjangan, nanti akan saya bahas diakhir tulisan ya


Lalu, bagaimana proses terbentuknya gigi berlubang
Ketika kita makan makanan yang manis atau menyikat gigi tidak bersih akan menyisakan zat asam di mulut. Jika asam terus-menerus menyerang gigi, kulit luar yang keras dari gigi, yaitu enamel, akan terus kehilangan mineral. Sebuah titik putih yang menandakan kerusakan awal mungkin muncul pada gigi. Kerusakan ini dapat dikembalikan dan enamel dapat pulih sendiri. Tapi jika proses kerusakan gigi tidak dapat dikembalikan, enamel akan terus-menerus melemah karena lebih banyak mineral yang hilang. Gigi berlubang, yang bersifat permanen, akan terbentuk dan harus dibawa ke dokter gigi. Haduuuh kok serem banget ya T_T..

Apa akibatnya jika gigi kita berlubang?
  • Gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut. Karena penumpukan bakteri di lubang gigi, bakteri ini yang bisa membuat mulut kita bau naga, haaah..
  • Gigi akan terasa ngilu dan sakit sewaktu-waktu kalau tidak diperiksakan segera bisa menyebabkan penyakit mulut lainnya.
  • Banyak makanan jadi tersimpan di dalam gigi kita yang berlubang. Hal ini sangat berbahaya sekali jika kita menyikat gigi tidak bersih

Setelah gigi susu kita tanggal, akan muncul gigi baru yang akan bertahan sampai kita tua. Kalau gigi susu misalnya bolong, lalu dicabut kan masih ada gantinya tuh yaitu gigi dewasa, nah kalau gigi dewasa kita tanggal nggak bakalan ada pengganti lagi. Jadi sebisa mungkin kita harus merawatnya dan mencegah giginya berlubang

Untuk para orangtua ketika mendapati gigi anak-anaknya sudah beralih menjadi gigi dewasa lakukan cara ini :
  • Sikat gigi 2x sehari yaitu pagi 30 menit setelah sarapan dan malam sebelum tidur
  • Kurangi makanan yang manis-manis
  • Ketika selesai menyantap makanan manis, anak diajak untuk berkumur terlebih dahulu lalu menggosok gigi. Karena zat manis yang dimakan akan dapat menyebar melalui sikat gigi jika anak tidak kumur-kumur.
  • Periksakan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
  • Usahakan anak diajarkan untuk minum digelas, jadi jika ingin minum susu sebelum tidur, tidak lagi menggunakan dot, karena anak akan minum dan menghabikan susu ketika sedang terjaga, lalu setelahnya ajak anak kumur-kumur, lalu gosok gigi dan segera tidur. Jangan berikan kebiasaan tidur sambil mengedot, karena akan ada sisa susu yang menempel di gigi. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang


Cara mencegah gigi berlubang untuk kita yang telah dewasa :
  • Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride Karena Fluorida mineral mencegah kerusakan gigi bertambah parah, fluoride juga menggantikan mineral yang telah hilang, dan menyetop kemampuan bakteri untuk mengubah gula dan zat tepung menjadi asam korosif.
  • Periksakan gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali
  • Rajin-rajinlah menggosok gigi
  • Kumur-kumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride seperti Listerine. Karena menggosok gigi saja tidak cukup Faktanya adalah menggosok gigi hanya membersihkan 25% area mulutmu. Khasiat berkumur akan melawan bakteri pada seluruh area mulutmu 
  • Apa yang terjadi tiap kali kamu berkumur dengan benar? Penelitian menunjukkan bahwa antimicrobial LISTERINE® mouthwash membunuh bakteri mulut sepenuhnya dalam 10 hingga 30 detik dan kamu akan merasakan bedanya dengan penggunaan rutin.


Jadi, di dalam mulut pun akan timbul banyak penyakit jika kita tidak merawatnya dengan baik. Semoga tips dari saya tentang cara mencegah gigi berlubang mulai dapat dipraktekkan dirumah




14 comments

Dari kecil mamaku sudah membiasakan aku buat rajin gosok gigi mbak, selain itu aku juga rajin di bawa ke dokter gigi buat kontrol gigi. Alhamdulillah, sampai usia 24 tahun seperti sekarang aku belum pernah mengalami sakit gigi dan semoga nggak akn pernah ya. :D Menjaga kesehatan gigi sejak dini itu memang sangat penting ya mbak, tapi hasilnya pasti baik.

Reply

duuuh, anak2 nih paling suka makan yg manis-manis dan giginya emang item2 :(

Reply

listerine cool mint, favoritku mak ... karena rajin kumur2, aku enggak pernah sakit gigi sih, palingan sebulan kemarin gusi bengkak parah, sekalian cek gigi juga, kata dokter giginya gak ada masalah :D

Reply

adikku pemakai setia listerin Mba, setiap selesai menyikat gigi pasti langsung berkumur dengan listerin :)

Reply

Trims infonya mbak, dua anakku paling susah digosok giginya. Abis ini kudu lbh didisplinkan nih :(

Buat org dewasa jg artikelnya manfaat bgt thx yaa

Reply

Wah kalau saya sepertinya sudah terlambat mbak. Gigi belakang sudah berlubang, malah sudah mulai menggerogoti gigi disampingnya. Merawat gigi dengan obat kumur mungkin bisa sedikit mengurangi ya?

Btw, gagal fokus dengan slide buku-buku terbitannya. Banyak banget ....

Reply

Anak aku giginya udah lubang. Hiksss. Soalnya disuruh sikat gigi susah banget, sekarang setelah iginya udah bolong, baru rajin sikat giginya. Hehe. Kalolagi sakit gigi karena gigi berlubang, paling enak kumir-kumur pake listerin ya, rasanya kuman-kumannya langsung mati semuaaa. Hihihii. Makasi infonya Maaaak

Reply

Waktu kecil aku juga nggak pernah sakit gigi, eh udah gede mulai malas merawat gigi, pernah sekali 2x sakit gigi tapi nggak begitu sering sih, karena perawatan dari kecil

Reply

Kalau gigi bisa sampai item2 itu penyebabnya apa ya mba?

Reply

Iya sama, aku juga suka pakai listerine, dan ngebantu banget buat atasi bau mulut :D

Reply

Sama mba, adikku juga paling rajin sikat gigi dan kumur2, sebotol bisa habis sama dia doang tuh kalau sebulan

Reply

klo anakku, klo udah sakit gigi baru dah rajin sikat giginya, -_-' tapi setelah sakit gigi lumayan rajin sih dia sikat giginya hihihi

Reply

Hehehehe.. itu perjuangan dari jaman 2008 mba, makannya bisa sebanyak itu :D

Reply

11:12 sama kyk anak saya tapi dia nggak sampai bolong sih giginya :)

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...