Menu

Monday, 27 June 2016

/


Sudah lama nggak nulis resep menu berbuka lagi. Iya nih, soalnya adik saya yang bontot mau masuk SMA dan Mami jadi sibuk banget ngurusin sekolahan mana yang mau dituju. Ya seperti yang kita tahu, semakin berganti presiden, masuk sekolah semakin sulit. Kalau dulu kan kita masuk sekolah berdasarkan NEM, jadi mau masuk sekolah mana aja jadi, mau sekolah dipelosok juga nggak masalah, nah sekarang sudah berdasarkan NEM, berdasarkan rayon pulak. Jadilah Mami sibuk ngurus perpindahan sekolah adek saya yang dari kabupaten ke kota agar bisa sekolah di kota *berasa tinggal di desa, hehe*. 

Nah gara-gara itu pulak, Mami saya jadi males berkreasi menu berbuka, dari semenjak saya terakhir apdet menu berbuka di blog ini hari-hari selanjutnya menunya ya muter lagi dari awal, kalau nggak bikin martabak, bikin risoles, atau pudding, takoyaki, cilok gituuu aja muter tiap hari, nggak lupa ada es buah sebagai pelengkap. Makannya saya jadi kehabisan ide buat nulis resep di blog hahah.. :D dan salutnya, ibu saya nggak pernah beli sampai hari ini, pernah waktu itu terpaksa beli menu berbuka itu juga cuma sekali, gegara saya nggak dipesenin mau masak apa, nggak ditinggalin duit pulak, dan Mami sibuknya sampai sore. Oke.. jajan deh akhirnya T_T..
Nah sekarang saya nyuri resep Mami yang lain, kebetulan tadi sore Mami ada bikin sosis solo, saya langsung cus ambil pulpen buat nyatet.

Bahan-bahan :
  • Daging ayam 500gr
  • 5 siung bawang putih
  • 1 bonggol bawang Bombay
  • Merica secukupnya
  • Garam sesuai selera
  • Telur 1 butir
  • 5 sendok Tepung terigu
  • Air putih
  • Kulit lumpia
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng


Cara membuat :
Sebenernya ini resep nggak jauh-jauh beda kayak bikin martabak, cuma bahan-bahannya aja yang beda.
  • Cuci bersih ayam yang sudah dipotong-potong, jangan lupa lumuri dengan jeruk nipis supaya nggak amis setelah itu cuci bersih lagi dan selanjutnya rendam dengan bawang putih giling selama 3 menit. Kata Mami saya rendaman bawang putih untuk mematikan bakteri yang ada di dalam daging
  • Potong dadu dan blender sampai halus
  • Tumis bawang putih dan bombay sampai harum dengan minyak secukupnya, lalu masukkan ayam. Aduk-aduk sampai ayam berubah warna menjadi putih dan air kaldu keluar. Usahakan jangan sampai menggumpal ya *makannya jangan ditinggal-tinggal*, beri garam dan merica secukupnya sesuai selera anda.

  • Siapkan kulit lumpia, masukkan tumisan ayam 1 sendok makan. Gulung menyerupai lumpia, sisihkan.


Siapkan celupan untuk sosis solonya,
  • Campur tepung terigu dan telur serta garam sedikit saja jangan banyak-banyak, kan ayamnya sudah asin tadi, buat adonan menjadi kental pokoknya jangan encer
  • Nah, gulungan sosis solo tadi celupkan ke adonan ini, panaskan minyak dan goreng hingga kecoklatan
  • Angkat dan sisihkan.
  • Sausnya bisa pakai cabai beneran, saus botol atau mayonise




Simpel kan bikinnya, dan saya nggak tau ini bisa update resep lagi apa nggak. Secara ramadhan sudah mau berakhir, sekolah adik saya belum dapet *secara dia masih berebut bangku di sekolah negri* dan ibu saya semakin sibuk mempersiapkan Idul Fitri. Byuuh… moga bisa apdet resep yang lain ya moms,..


Happy cooking ^^
16 comments

Kulit lumpia gitu beli dimana ya mbak ._. kayaknya enak nih buat eksperimen :D

Reply

Terimakasih tipsnya Mba Manda :)
cocok banget buat hidangan berbuka puasa yah :)

Reply

mau dong mau dong dibuatin

:3 kekeke

Reply

alternatif nih buat masak sahur nanti di kosan

Reply

Banyak mas di pasar, seribu dapet 10. Makannya ayok kepasar hehe

Reply

Iya sama-sama buk :)

Reply

Sini main kerumah :P

Reply

Wah kalau buat makan sahur mah nggak kenyang mas... piye ta

Reply

Kulit lumpia itu beda nggak sih demgan kulit pangsit atau kulit martabak?

Reply

Wow pas banget lagi cari menu buka puasa yang lain, biar nggak itu-itu saja :)
Nyontek resepnya ya.

Thanks.

Reply

Aku suka sosis solo mba. Tapi nggak tahu cara masaknya. Hihii
Makasih resepnya ya mba

Reply

kalo di solo namanya sosis kalo dijawa timur lumpia :D
suka banget sama sosis solo ini :3

boleh kapan2 dicoba reepnya nih, bookmark dulu ^^

www.rusydinat.com

Reply

mba Ade kan udah lama jadi ibu rumah tangga lama, masak nanyak sama aku yang masih bauk kencur begini :p hehehe..
ga tau mbaaaaa qiqiqi... kayaknya beda deh

Reply

Yuhuuu sama2 mbak ^^

Reply

Ya, sama2 mbak. Selamat mencoba

Reply

Iy ta, lumpia itu bukannya yg pakek sayur tok ya mbak? sosis solo dia kan ayam tok, lah piye, bingung aku hehee

Reply

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...