Menu

Tuesday, 22 March 2016

/




Hai Mam’s bagaimana kabarnya? Sehat? Kali ini saya mau berbagi tips tentang bagaimana cara memijat bayiyang benar. Tentunya kita yang memiliki buah hati mengerti bahwa memberikan sentuhan secara fisik dapat meningkatkan kedekatan kita dengan anak, tidak hanya itu, memijat bayi adalah bahasa komunikasi kita yang paling gampang untuk dimengerti anak. Pasti penasaran ya mam’s, betulkah memijat bayi dapat mendekatkan diri kita dengan anak?




Nah berikut tips bagaimana cara memijat bayi yang benar :
Tentunya kita harus menyiapkan amunisi. Hehe.. maksudnya perlengkapan untuk memijat. Jangan sampai ketika kita sedang memijat bayi, ada saja alat yang tertinggal. Perlengkapan itu antara lain, piring kecil, lemek atau perlak, lap tangan, handuk, pakaian bersih, popok pengganti, sebaskom air dan tentu saja Johnson Baby Oil yang memiliki harum lembut dan aman untuk kulit sensitif serta nyaman bagi tubuh bayi. Dan tehnik memijat bayi ini harus disesuaikan dengan usia anak ya mam’s. berikut tahapan usia bagaimana cara memijat bayi yang benar :


Untuk usia bayi yang baru lahir,

Memijat bayi hanya perlu dengan usapan-usapan lembut. Dimulai dari mengusap tangan, kaki, telapak tangan, perut dan punggung. Tidak perlu dipijat, Karena tulang bayi masih sangat rentan jika kita memaksanya untuk dipijat dengan tenaga. Jangan lupa untuk mengajaknya berbicara, mendendangkan lagu atau membacakan dongeng. Ini adalah tehnik komunikasi awal kedekatan ibu dan anak setelah ia berkomunikasi di dalam kandungan.

sumber : http://www.johnsonsbaby.co.id/
Bayi usia enam minggu keatas

Pada usia ini, bayi mulai terlihat responsif ya mam’s. Ia bisa terlihat lebih rileks dan siap untuk dipijat. Dan pijatan yang Anda berikan dapat merangsang indranya untuk berkembang lebih baik lagi. Pijatan membentuk huruf I L U atau I Love You sambil mengatakan “Ibu sayang kamu” pada perut bayi diberikan agar bayi merasakan kasih sayang yang mam’s berikan.
Ketika bayi anda mengalami sesak nafas, pijatlah dadanya dengan lembut sambil terus menatap matanya. Bayi pun sering mengalami kelelahan ketika ia menangis. Memijat wajahnya dengan lembut dapat membuatnya kembali rileks. Lalu untuk menguatkan tulang pada leher, bahu dan tangannya, pijatlah bayi anda dengan cara menengkurapannya, pijat sambil mengajaknya berbicara dapat merangsangnya untuk berbicara lebih cepat.


Tehnik memijat bayi 6 minggu ke atas


Bayi enam bulan ke atas

Nah, bayi Anda sudah mulai aktif nih mam’s, pasti bayi anda sangat kelelahan tuh dengan aktifitasnya seharian. Memijat bayi setiap hari dapat membantu badanya kembali rileks dan tidurnya dapat lebih nyenyak. Anda mulai bisa memijatnya dengan sangat ekspresif ya. Anak saya dipijat pada usia ini badanya langsung bongsor loh mam’s, nafsu makannya meningkat dan tidurnya nyenyak.
Dimulai dengan cara menggulingkan tubuhnya melalui kaki sambil mendendangkan sebuah lagu.  Memperlambat tempo berguling sesuai irama lagu dapat membuat bayi Anda merasa girang.
Untuk pijatan pada punggungnya, Anda dapat mendudukan bayi lalu memijat punggungnya dengan lembut, gerakannya sama seperti pijatan ketika kita masuk angin namun ini dilakukan untuk bayi. Pijatan pada posisi duduk ini dapat menguatkan tulang serta otot punggungnya dan dapat membantunya duduk tanpa penyangga. Jika pijatan ini dilakukan sebelum tidur, dapat membuat bayi Anda terlihat lebih rileks dan nyenyak dalam tidurnya. Menyilangkan tangan bayi ke arah dada sebanyak tiga kali dapat membantunya menghilangkan pegal pada tangan akibat kelelahan menyangga tubuhnya ketika merangkak.
Teknik memijat bayi 6 bulan keatas


Jangan lupa juga untuk memilih waktu yang pas untuk sesi pemijatan ini, yaitu ketika bayi tidak merasa ngantuk dan lapar.

Begitulah tips bagaimana cara memijat bayi yang benar. Semoga bisa dipraktekkan ya mam’s dirumah. Cheers… Jangan lupa klik share and comment. :-*


Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...