Menu

Thursday, 7 January 2016

/
Balita yang dalam tumbuh kembang biasanya masih mencari rasa dalam lidahnya, tidak jarang banyak orangtua pusing memikirkan menu apa yang harus diolah setiap hari agar anaknya mau makan. Nah berikut ini menu-menu yang disuka anak saya Naqib di usianya yang ke 2 tahun. Saya mencoba mengolah berbagai menu agar anak saya mau makan, fiuuh.. catatan ini saya simpan sekaligus agar nanti kalau Naqib punya adik, saya tinggal melongok isi blog ini hehe…


Semur daging

Bahan-bahan

  • ¼ kg daging Sapi segar
  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang merah
  • 5 cm kayu manis
  • 1 sendok makan ketumbar
  • Sedikit merica, gula dan garam *sesuai takaran balita*

Cara membuat :
-      Potong-potong kecil daging, sesuai kemampuan balita mengunyah makanan. Cuci bersih dan sisihkan
-      Blender bawang merah, bawang putih, ketumbar dan merica
-      Panaskan minyak, tumis bumbu blenderan tadi sampai wangi.
-      Masukkan daging tumis-tumis sampai berubah warna. Masukkan air, masak sampai daging empuk.
-      Jangan lupa masukkan kayu manis
- Bisa ditambahin kentang atau sayuran lain kalau mau
Naqib suka banget semur daging. Kalau bisa makan daging tiap hari dijabanin kali ama 
dia :D


Tempe orek
Bahan-bahan :
  • -      1 papan tempe
  • -      Bawang merah 4 siung
  • -      Bawang putih 2 siung
  • -      Gula, garam, merica sesuai ukuran balita
  • -      Kecap manis
  • Daun jeruk
  • Laos dikeprek

Cara membuat :
  • -      Potong Tipis-tipis tempe, lalu goreng setengah matang. Jangan terlalu matang nanti keras yang ada Balita kita nggak bisa makan :D
  • -      Ulek bawang merah, bawang putih, merica, gula dan garam
  • -      Panaskan minyak, tumis bumbu hingga tercium aroma wangi lalu masukkan tempe, kasih sedikit kecap biar gurih
  • -      Tempe bisa diganti dengan tahu

 Sup santan
Kedengarannya aneh mungkin, sup tapi pake santan wkwk.. tapi Naqib suka, katanya rasanya kayak nasi kuning. Mungkin karena pakai santan itu kali ya :D

Bahan-bahan :
-      Sayur-sayuran, bisa wortel, kentang, brokoli, buncis terserah mau dikasih apa balitanya
-      2 siung bawang merah
-      1 siung bawang putih
-      Daun bawang
-      Seledri
-      Mentega secukupnya
-      Gula, garam, mentega
-      Santan kara
-      Biji bunga matahari (ambil 1 ruas aja biar nggak terlalu gurih)

Cara membuat :
-      Tumis irisan bawang merah, bawang putih daun bawang dan seledri sampai tercium wanginya. Bawang merah juga bisa diganti dengan bawang Bombay ya.
-      Jika santan karanya berupa bubuk, larutkan setengah saja dengan air panas 200cc
-      Masukkan sayuran, beri gula-garam dan biji bunga matahari (biji bunga matahari ini sifatnya penyedap aja. Kalau nggak mau pakai juga nggak apa-apa)
-      Sajikan dengan taburan bawang merah goreng



Tumis Kangkung tempe

Bahan-Bahan :
1 buah bawang putih
Gula garam secukupnya
Merica bubuk
Tempe secukupnya
Telur dikocok
Kangkung secukupnya *ya dikira-kira aja butuhnya berapa*
1 sendok teh Saus tiram
Kecap asin

Cara membuat :
Potong kecil-kecil tempe, goreng dan sisihkan
Ulek bawang bawang putih, lalu tumis dengan mentega. Tambahkan air kira-kira 150cc
Masukkan kocokan telur, tunggu setengah menit, beri saus tiram, kecap asin 4 tetes, gula garam dan merica masukkan tempe, terakhir masukkan kangkung, Aduk-aduk hingga matang. Sajikan dengan nasi panas ya boibooo..


Kangkung tumis daging
Sebenarnya ini sama saja dengan resep diatas cuma tempe diganti daging saja.
Bahan-bahannya
Daging potong dadu, kira-kira 5 cm sebanyak 4 buah
Merica, garam dan gula
Kangkung secukupnya (sesuai porsi si kecil)
Telur dikocok kasar
Kecap asin
Saus tiram
1 buah Bawang putih
Air matang 200cc
 Mentega

Cara membuat :
Blender daging dengan 1 buah bawang putih beri air sedikit
Panaskan blueband, tumis daging hingga setengah matang dan bagi 2 untuk malam (karena kan kangkung nggak enak kalau dipanasin, dan lagipula telur juga nggak boleh dipanasin)
Tambahkan air pada daging tadi, masak hingga matang lalu tambahkan kocokan telur, saus tiram, 4 tetes kecap asin, gula, garam, merica secukupnya sesuai takaran balita.
Terakhir cicipin dulu baru tambahin kangkung.
Ayam kecap inggris
Bahan-bahan :
-          Ayam segar (bagian yang mudah dipotong dan banyak dagingnya)
-          Kecap inggris (sesuai selera)
-          Kecap manis
-          Kecap asin
-          Garam
-          Jeruk nipis
Cara membuat :
-          Ayam dipotong kecil-kecil (dadu), diberi jeruk nipis rendam sebentar – cuci- lalu balur dengan bawang putih giling
-          Panaskan Teflon yang sudah diolesi dengan minyak. Susun ayam, masak dengan api kecil sampai tidak ada darahnya. Lalu angkat
-          Panaskan mentega, setelah meleleh susun ayam lagi, masukkan kecap inggris, kecap manis, kecap asin, garam. Lalu beri perasan jeruk nipis secukupnya
Ini masakan kesukaanku,  setelah dicoba ke Naqib, Alhamdulillah Naqib doyan banget. Nah, karena kecap inggris bisa meresap ke ayam. Biar agak berkuah dikit biasanya aku suka lebih-lebihin itu kecap inggrisnya hehe.. enak asem-asem gimana gitu

Soto daging
Karena biasanya aku bikin sekalian buat keluarga, maka ini resep untuk sekalian banyak ya, (bapak-ibu-anak, buat makan siang dan malam)
Bahan-bahan :
-          Daging ¼ potong dadu
-          7 siung bawang merah
-          4 siung bawang putih
-          2 cm jahe cuci bersih dan geprek
-          1 batang sereh geprek
-          2 lembar daun salam (kalau mau dilebihin biar wangi juga nggak apa-apa :D)
-          4 lembar daun jeruk purut (biasanya aku lebihin juga biar asem)
-          Lengkuas sebesar ibu jari geprek
-          Merica bubuk secukupnya
-          Garam, gula secukupnya
-          Tomat ceri
-          1 buah wortel
-          2 buah kentang ukuran sedang
-          Soun
-          1 Batang daun bawang
-           
Cara membuat :
-          Setelah dicuci bersih, rebus daging.
-          Lalu blender bawang merah dan putih, tumis dengan jahe, daun bawang, sereh, daun jeruk, daun salam, lengkuas, sampai wangi
-          Ketika daging sudah agak empuk, masukkan bumbu tumisan tadi. Masukkan wortel, lalu kentang.
-          Tambahkan gula, garam daan merica secukupnya
-          Terakhir masukkan tomat ceri
-          Sajikan dengan soun

-          Kalau Naqib makannya suka ditambah telur puyuh dan pakai rajangan bawang merah goreng. Mantab banget, makannya bisa setengah piring habis. Kalau nggak ditahan bisa nambah terus dia :D


Sambal goreng kentang
·         Kentang terserah mau berapa, cuci dan kupas lalu iris tipis ya
·         Daging sesuaikan dengan bumbu
·         Bawang merah
·         Bawang putih
·         Daun jeruk
·         Daun salam
·         Lengkuas/laos, Kamboja, Vietnam eh…
·         Gula merah
·         Kecap manis
·         Garam
·         Saos tomat

Cara membuatnya :
1.     Iris tipis kentang, rendam ke air garam lalu goreng sampai keriuk-keriuk
2.    Iris tipis daging dan rebus sampai empuk
3.    Blender bawang-bawangan
4.    Panaskan minyak sedikit aja, tumis bawang, tambahkan daun jeruk, salam dan lengkuas. Tumis sampai harum. Tambahkan sedikit saja air kira-kira 2 sendok makan. Masukkan gula merah, kecap manis, garam, saos tomat lalu rasakan, kalo kurang garem ya tambahin garem hehe.. lalu masukkan daging. Aduk-aduk terus sampai harum. Terakhir masukkan kentang, matikan kompor. Aduk-aduk lalu angkat.

5.    Kentang dimasukkan terakhir dan pas kompor mati agar rasanya masih krius-krius


resep lain menyusul, mau tidur :D

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca catatan saya, semoga bermanfaat ya ^^
Mohon komennya jangan pakai link hidup, :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...